0
Home  ›  Android

Cara Memperkuat Sinyal GPS pada Ponsel Android

Cara Memperkuat Sinyal GPS pada Ponsel Android, kali ini saya akan membahas tentang cara memperkuat sinyal GPS pada ponsel Android. GPS saat ini semakin sering digunakan oleh pengguna smartphone. GPS ini adalah sensor yang dipergunakan atau dimanfaatkan untuk beberapa game dan aplikasi yang berbasis geo location.
Contoh aplikasi atau game yang memanfaatkan fitur GPS ini ialah Google Maps dan Pokemon GO yang booming di 2k16. Tidak hanya fitur GPS saja, ada hal yang tidak kalah penting pula adalah seberapa kuat sinyal GPS pada android anda itu mendukung aplikasi dan game yang memerlukan navigasi GPS tersebut.

Pada kenyataanya, kekuatan sinyal GPS tidak sebanding dengan kebutuhan pengguna smartphone saat ini. Artinya, sinyal GPS masih cukup sulit dijangkau atau ditangkap oleh masing-masing ponsel smartphone android. Dengan kata lain, sinyal GPS saat ini masih belum bisa diandalkan sebagaimana mestinya.


Namun demikian, ternyata ada saja cara ampuh untuk meningkatkan sinyal GPS pada perangkat Android. Anda mau tau apa saja caranya?

Silahkan simak tips mudah dan ampuh memperkuat sinyal GPS pada ponsel Android.

1. Selalu aktifkan sinyal GPS
Karena memastikan sinyal GPS selalu aktif merupakan salah satu cara memperkuat sinyal GPS pada smartphone anda. Hanya saja, jika Anda berada pada situasi yang cukup darurat dengan membutuhkan daya baterai hingga pada waktu yang cukup lama dan juga tidak sedang membutuhkan GPS, hendaknya  sinyal GPS anda tersebut dimatikan terlebih dulu. Hal demikian perlu dilakukan karena dengan mengaktifkan GPS akan membuat baterai pada smartphone anda cepat habis.
Walaupun sinyal GPS ini selalu aktif, terkadang GPS sendiri sering kali tidak mampu menampilkan lokasi kita yang sebenarnya. Dan untuk itu perlu anda ikuti juga dengan melakukan cara yang kedua.

2. Mengatur sinyal GPS berada pada modus High Accuracy
Jika anda ingin mendapatkan sinyal GPS terbaik dan dengan akurasi lokasi yang tepat, maka pastikan menyetel aplikasi ke sinyal High Accuracy. Selain itu, pastikan juga baterai smartphone Anda berada dalam kondisi terbaik atau sudah penuh 100%.
Hal itu cukup penting untuk dilakukan mengingat penggunaan GPS berada pada kondisi High Accuracy cukup menggerus kapasitas baterai.

Untuk mengatur  GPS dengan modus ini silahkan anda masuk ke menu Setting > Location > memastikan layanan lokasi aktif, pilih mode High Accuracy.

3. Refresh data GPS Anda
Seperti telah disebutkan pada cara nomor paling atas yaitu nomer satu, terkadang GPS salah menanggapi lokasi kita secara langsung. Sebagai solusinya, anda perlu merefresh fitur GPS tersebut.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuka toolbox smartphone, lalu tap menu GPS (icon GPS) setelah itu aktifkan kembali.

4. Tetap menggunakan penerima GPS eksternal
Karena perangkat GPS pada masing-masing smartphone memang sudah disediakan dengan sebaik mungkin untuk penggunannya. Namun demikian, pada batas waktu tertentu atau pada saat-saat tertentu terkadang fitur GPS ini sering kali menuai masalah dalam penggunaanya.

Untuk itu, jika ternyata segala upaya telah anda lakukan namun tidak dapat memperbaiki kondisi GPS di smartphone Anda, silahkan anda menggunakan GPS eksternal. Untuk mendapatkan perangkat tersebut maka Anda perlu menyisakan beberapa uang anda untuk membelinya terlebih dahulu.

Perangkat yang dimaksud biasanya akan terhubung melalui Bloetooth dan dapat diisi daya dengan charger atau cas, layaknya smarptohone yang Anda gunakan tersebut.

5. Temukan apabila ada masalah di hardware atau software GPS pada smartphone
Jika Anda tidak mempunyai keahlian untuk memperbaiki hardware atau dalaman pada smartphone, maka Anda perlu berkonsultasi dengan ahlinya yaitu  membawanya ke tukang service smartphone . Hal ini perlu dilakukan, mengingat permasalahan terkait GPS tidak melulu pada softwarenya saja, tetapi juga pada bisa terjadi pada hardware, yang berhubungan langsung dengan perangkat lain di smartphone Anda.

Untuk memperluat sinyal GPS, pastikan semuanya berjalan lancar. Baik itu hardware dan 
software GPS di smartphone.

Cara lainnya yang terbilang mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui atau mengatasi masalah GPS adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang dapat Anda unduh dari Google Play Store.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS