0
Home  ›  Blogging

Cara Daftar Blog dan Verifikasi Google Webmaster Tools ( Terbaru )

Cara Daftar Blog dan Verifikasi Google Webmaster Tools ( Terbaru ) , Apakah anda sedang berusaha membuat website atau blog anda muncul di halaman pertama mesin pencari Google? Daripada anda membeli traffic ataupun memasang AdWords yang cukup menguras kantong anda, lebih baik anda memaksimalkan dahulu search engine optimization ( SEO ) website atau blog. Namun sebelumnya, anda wajib mendaftarkan website atau blog milik anda ke Google Webmaster Tools. Dengan Google Webmaster Tools atau yang kini dikenal sebagai Search Console, website dan blog anda akan lebih “dicintai dan disayangi” Google dan lebih cepat terindeks.


Google Webmaster tools atau Search Console merupakan satu set tools yang diberikan google kepada pada pemilik website untuk mengetahui seperti apa website mereka dilihat oleh mesin pencarian. Search Console ini berisi laporan dan data-data yang dapat membantu anda untuk memahami bagaimana setiap halaman website muncul pada hasil pencarian dan jumlah klik pada halaman tersebut.


Data pada Search Console ini bermanfaat bagi anda untuk memperbaiki artikel yang sudah ada pada website atau blog anda, memilih tema artikel baru dan menentukan strategi konten untuk website atau blog anda.  Selain itu, Google Search Console juga memungkinkan anda untuk memasukkan sitemap website atau blog anda sehingga Google lebih mudah mengenali setiap halaman pada website anda dan memudahkan Google untuk menampilkannya pada hasil pencarian Google. Search Console juga akan memberikan sebuah notifikasi terhadap permasalahan atau problem yang ada pada wbsite dan blog anda yang menghambat kinerja Google dalam mengindeks website anda.

Adapun langkah-langkah mendaftarkan website pada Google Webmaster Tools atau Search Console adalah sebagai berikut:

Langkah pertama: Akses URL Google Webmaster Tools atau Search Console lalu log in dengan akun Google anda.

Langkah Kedua: Klik Add Site pada bagian pojok kanan. Masukkan url website anda beserta informasi yang dibutuhkan Google tersebut.


Langkah Ketiga: Lakukan Verifikasi Website atau Blog anda.
Google perlu memastikan bahwa website atau blog yang anda daftarkan adalah benar-benar milik anda sendiri. Google menyediakan 2 metode, yaitu metode utama dan metode alternatif.

Metode utama ini dapat digunakan untuk memverifikasi website yang anda punyai. Google sudah menyediakan urutan langkahnya, dan anda tinggal mengikuti langkah tersebut.

Jika anda masih kebingungan, coba ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Unduh atau Download file html untuk verifikasi Google Search Console.

2. Unggah atau Upload file tersebut pada root direktori website anda. Bisa gunakan FTP uploader atau upload melalui cPanel.


3. Konfirmasi file tersebut telah sukses diupload dengan mengeklik link yang disediakan. Jika berhasil akan muncul tampilan akan seperti di bawah ini.


4. Klik Verifikasi yang berwarna merah. Agar tetap diverifikasi Google, pastikan file html tersebut tetap berada di direktori web dan jangan pernah dihapus.
Jika verifikasi sudah sukses, akan keluar ucapan selamat dari Search Console. Klik Lanjutkan untuk mengatur lebih detail dan akurat.


Selanjutnya, untuk metode alternatif digunakan untuk mengunggah script verifikasi pada sebuah blog baik WordPress maupun pada Blogger.

1. Pada tab metode alternatif, anda akan mendapatkan meta tag Google site verification.

2. Lalu copy meta tag secara lengkap. Kemudian lakukan langkah berikutnya dibawah ini:

Untuk WordPress: Masuk bagian Settings -> Insert Headers and Footers kemudian paste meta tag pada field header. Lalu klik Save.

Untuk Blogger: Masuk ke bagian Dashboard blogger, pilih Template. Klik Edit HTML pada template kemudian paste meta tag pada baris tepat di bagian bawah tag <head>. Klik Simpan Template.


3. Kembali ke Google Search Console, Klik Verifikasi.
Sekarang website dan blog anda sudah terverifikasi Google Search Console. Pada dashboard Google Search Console, anda dapat melihat dara-data yang bisa anda manfaatkan untuk memperbaiki SEO website anda seperti tampilan penelusuran, lalu lintas atau traffic, Google Indeks dan Perayapan.


Pada saat pertama kali masuk ke Search Console, anda sendiri akan mendapatkan pesan yang berisi langkah-langkah untuk meningkatkan keberadaan penelusuran atau dengan kata lain untuk meningkatkan SEO website anda. Ikuti langkah tersebut satu per satu untuk memudahkan Google mengenali website atau blog anda.

Selain dengan cara di atas, anda bisa menggunakan tools Google lain untuk meningkatkan SEO website atau blog anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih!
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share