0
Home  ›  iPhone

Cara Cepat Restart iPhone Tanpa Menggunakan Akses Power Button

Cara Cepat Restart iPhone Tanpa Menggunakan Akses Power Button, Restart atau bisa dibilang mematikan dan kembali menyalakan perangkat iOS terkadang diperlukan pada beberapa kesempatan. Seperti menemukan bug system tidak terhubung ke App Store atau hal yang lainnya. Namun hal ini bisa menjadi sulit jika tombol Power Button anda rusak atau tidak dapat digunakan. Kali ini saya akan membahas beberapa cara untuk melakukan Restart tanpa menggunakan tombol Power Button.


Tutorial ini saya buat di perangkat dengan iOS 10 sebagai update dari tutorial ini edisi beberapa tahun lalu. Mungkin beberapa akses Settings akan sedikit berbeda jika anda masih menggunakan iOS 9 misalnya.

1. RESTART LEWAT MODE TEKS TEBAL


Ada bagian di aplikasi Settings yang memerlukan Restart untuk menampilkan perubahan yang sudah anda atur. Salah satunya adalah mode teks tebal atau bold text. Dengan cara ini, proses Restart akan berlangsung secara otomatis dan anda tidak perlu bantuan kabel data dan USB Power Adapter untuk menyalakan perangkat.

Caranya : Masukk Settings – General – Accessibility.
Aktifkan atau matikan Bold Text, setelah itu akan tampil peringantan bahwa perangkat iOS akan mengalami Restart. Tekan Continue. Selesai, proses Restart akan berlangsung dan anda tinggal menunggu perangkat iOS kembali menyala.

2. MENGGUNAKAN APLIKASI TAMBAHAN DARI KOMPUTER


Cara kedua ini adalah cara yang jarang diketahui banyak orangn untuk restart iPhone tanpa Power Button yaitu menggunakan aplikasi tambahan via komputer. Salah satunya adalah ReiBoot for Mac. Sebetulnya fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk masuk ke Recovery Mode atau keluar dari Recovery Mode. Tetapi juga bisa digunakan untuk pengganti restart.


Cara menggunakan Reiboot for Mac sangatlah cepat dan mudah. Anda tinggal unduh aplikasi ini dan instal di komputer Mac. Setelah itu hubungkan komputer Mac ke iPhone atau iPad dengan kabel data. Di layar tampilan ReiBoot, silahkan tekan tombol Enter Recovery Mode hingga peringatan bahwa perangkat iPhone dalam mode Recovery Mode, tampil lewat iTunes. Lanjutkan dengan menurutp iTunes, aktifkan ReiBoot dan pilih Exit Recovery Mode.

3. GUNAKAN ASSISTIVE TOUCH


Caranya : Masuk ke Settings – General -Accessibility – Assitive Touch – ON. Setelah itu tombol Assitive Touch akan menampilkan dengan bentuk bulat putih. Tekan untuk menampilkan daftar shortcut yang bisa.

Tekan dan tahan tampilan Lock Screen di dalam menu Asssitive Touch.

Setelah muncul informasi Slide to Power Off, tempelkan jari anda di bagian tersebut dan ikuti arah swipe yang diperlukan.

Untuk kembali menghidupkan, hubungkan perangkat iOS dengan Lightning Cable dan USB Power Adapter atau port USB di komputer Mac.


Dari 3 cara di atas, tentunya cara paling mudah adalah menggunakan Bold Text, disusul dengan Assitive Touch lalu menggunakan aplikasi tambahan. Gunakan tips di atas sebagai pertolongan sementara hingga anda punya waktu untuk memperbaiki Power Button yang bermasalah. Jangan menunda masalah yang terjadi hingga terlalu lama, bisa saja jasa reparasi yang menyediakan part Power Button sudah tidak menjualnya jika anda terlalu lama menunda proses perbaikan.

Apakah anda berencana untuk mencoba ketiga cara di atas? Atau mungkin punya tips lain untuk melakukan restart iPhone tanpa akses Power Butoon? Bagikan di kolom komentar ya!
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS