0
Home  ›  Kesehatan

Cara Mengatasi Sesak Nafas Dalam Waktu 2 Menit: Terbukti

Cara Mengatasi Sesak Nafas Dalam Waktu 2 Menit: Terbukti, Gejala sesak nafas merupakan gangguan yang menyerang saluran pada pernafasan, ditandai dengan terhambatnya pernafasan seseorang yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Sesak nafas umumnya berupa gejala yang berasal dari penyakit lainnya yang bersifat kronis. Orang yang mengalami sesak nafas tersebut umumnya harus menghindari rasa cemas yang berlebih untuk meminimalisir gejala itu terjadi. Ada beberapa cara untuk mengobati sesak nafas serta meringankan gejala sesak nafas terjadi. Sesak nafas sendiri dapat terbagi menjadi beberapa macam jenis, seperti contohnya gejala sesak nafas akut dan sesak nafas kronis.



Sebelum saya membahas mengenai cara untuk mengatasi sesak nafas, ada beberapa penyebab terjadinya sesak nafas yang perlu Anda ketahui. Penyebab penyakit sesak nafas dikarenakan faktor lingkungan yang tidak cocok dengan penderita seperti udara yang terlalu dingin dan lembab, faktor keturunan, emosi yang labil serta terjadinya masalah pada bagian susunan tulang, kekurangan cairan yang menyebabkan lendir dalam paru-paru menjadi mengental.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami
Ketika seseorang menderita sesak nafas, hal yang utama adalah harus segera mengatasinya karena jika dibiarkan semakin parah bisa mengakibatkan kematian karena kurangnya asupan oksigen menuju otak. Untuk itu, ada beberapa cara mengatasi sesak nafas secara alami berikut ini:

Konsumsi makanan yang mengandung minyak atsiri


Cara mengatasi sesak nafas yang pertama yaitu dengan menggunakan minyak atsiri. Minyak atsiri bisa memberikan gejala panas sehingga dapat juga untuk meredakan sesak nafas. Beberapa bahan makanan yang mengandung minyak atsiri adalah bawang merah, bawang putih, cengkeh, kayu manis, dan jahe.

Teknik pernafasan perut


Ketika Anda mengalami sesak nafas, Anda bisa menggunakan metode pernafasan perut sebagai cara mengatasi sesak nafas dengan cepat, cara adalah:

  • Baringkan tubuh Anda lalu letakkan bantal tepat pada bagian bawah kepala Anda, lalu tekukan bagian lutut Anda sembari menenangkan perut Anda.
  • Lalu tekan pada bagian perut dengan menggunakan satu bagian tangan dengan cara perlahan serta tekanan yang agak keras sehingga dapat memberikan tekanan. Kemudian tangan yang satunya lagi letakkan pada bagian dada.
  • Kemudian, mulai bernafas dari hidung secara perlahan memakai otot-otot di bagian perut. Angkat tangan Anda yang diletakkan pada bagian atas perut tadi ketika menarik nafas, lalu letakkan kembali ketika Anda hendak membuang nafas. Sembari tetap mempertahankan posisi tangan yang satunya lagi pada bagian atas dada.
  • Setelah itu bernafaslah menggunakan mulut
  • Bernafas terus secara perlahan dari hidung agar mencegah udara yang tertelan. Tahan nafas kembali, sembari menghitung.
  • Kemudian silahkan anda sedang bersiul dengan memajukan bagian bibir, kemudian buang nafas perlahan sembari menghitung lagi.

Berada di lingkungan yang bersih dan hijau
Cara lain untuk mengatasi sesak nafas adalah dengan berada di lingkungan yang bebas dari debu dan udara yang bersih. Apabila anda sedang dilokasi yang berdebu, maka segeralah menjauh dari lokasi tersebut karena akan memperparah penyakit sesak nafas yang Anda derita. Cobalah untuk menghirup udara segar dan lebih bagus pada daerah yang bernuansa hijau misalnya di kebun atau jika sulit cukup di taman rumah yang Anda miliki. Coba untuk relaks dan tenang dalam mengatasi sesak nafas yang Anda derita. Dengan seperti itu, cara mengatasi sesak nafas yang dilakukan dengan menghirup udara segar dan di daerah yang bernuansa hijau bisa lebih berhasil dan sesak nafas yang Anda derita bisa teratasi.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share