0
Home  ›  Kesehatan

Cara Merawat Gigi Berbehel Supaya Tetap Sehat Sepanjang Masa

Gigi berfungsi untuk mengunyah  sebuah makanan  selain itu gigi juga diperlukan untuk memberikan kesan senyuman, semakin sehat serta semakin cantik gigi kita tentu saja kita semakin percaya diri.

Seiring dengan berkembangnya waktu dan teknologi, sekarang sudah tersedia pemasangan behel atau biasa disebut dengan kawat gigi yang berguna untuk menjaga gigi dari tonggos. Gigi behel juga sangat berguna untuk meratakan gigi supaya terlihat lebih rapi.


Maka dari itu tidak heran lagi kalau sekarang bukan hanya wanita saja yang banyak menggunakan gigi behel, para kaum lelaki pun tertarik untuk memasangnya. Sebenarnya orang yang menggunakan gigi behel perlu extra dua kali dalam merawat giginya tersebut, selain menjaga warna gigi agar tetap putih dan bersih, kita juga harus menjaga kawat behel dari sisa-sisa makanan yang menyangkut didalamnya. Itu sebabnya perawatan gigi berbehel dua kali lipat dari perawatan orang yang tidak memasang kawat gigi ini.

Namun setiap hal yang berguna tentu harus dirawat serta dijaga, terutama kawat gigi yang kita gunakan. Karena percuma saja bila kita menggunakan behel tapi gigi kita kuning. Bukannya menambah daya tarik pada penampilan tapi malah memperburuk keadaan. Untuk itu mungkin ada beberapa diantara kita yang menggunakan kawat gigi namun perawatan giginya tidak terjaga. Berikut adalah tips untuk gigi berbehel, silahkan disimak.

Cara Merawat Gigi Berbehel Supaya Tetap Sehat Sepanjang Masa

1. Bagi Pengguna Baru
Biasanya orang yang baru menggunakan kawat gigi akan menimbulkan rasa sakit selama berhari-hari pada area giginya. Hal ini dikarenakan gigi belum dapat langsung beradaptasi dengan behel yang digunakan tersebut. Untuk menghilangkan rasa nyeri nya kita bisa membuat minuman dengan 1 gelas air yang sudah ditambahi 2 sendok garam untuk di buat berkumur-kumur.

2. Hindari Menguyah Es Batu


Tentu saja mengunyah es batu secara langsung akan merusak kawat pada gigi karena sifatnya yang keras selain itu minuman dingin juga akan berdampak buruk bagi pengguna kawat gigi terutama pada gigi sensitif.

3. Menggunakan Sikat Gigi Khusus


Menggunakan sikat gigi khusus sangat direkomendasikan bagi anda yang menggunakan behel atau kawat gigi. Gunakan lah sikat gigi yang berbulu halus dan lembut karena lebih efektif membersihkan gigi berbehel.

4. Hindari Minuman Soda


Hampir semua orang pernah minum minuman yang bersoda, Minuman yang bersoda mungkin tidak pengaruh bagi beberapa orang yang tidak menggunakan behel atau kawat gigi, namun beda halnya orang yang menggunakan behel karena minuman bersoda dapat menimbulkan karang gigi atau plak di area kawat gigi.

5. Hindari Makanan Keras
Makanan yang bertekstur keras bisa sangat berpengaruh pada kawat gigi karena membuat gigi akan terasa nyeri saat mengunyah bahkan bisa membuat behel terlepas. Apabila memakan makanan yang bertekstur keras sebaiknya dipotong kecil-kecil dahulu sebelum dikonsumsi.

6. Hindari Mengkonsumsi Jagung Utuh
Biasanya orang yang menggunakan kawat gigi sudah mengetahui hal ini, karena mengkonsumsi jagung secara utuh dapat merusak kawat gigi.

7. Hindari Menguyah Karet


Sebaiknya orang yang sudah memakai behel atau kawat gigi, tidak boleh menguyah permen karet. Hal ini dikarenakan permen karet memiliki tekstur lengket dan lembut yang akan melekat pada gigi kawat.

8. Hindari  Mengkonsumsi Caramel


Caramel adalah olahan yang terbuat dari gula yang bersifat lengket dan memiliki rasa yang manis. Jangan mengkonsumsi caramel bagi orang yang memakai kawat gigi karena caramel yang kita makan akan melekat pada kawat gigi dan sangat sulit untuk dibersihkan. Ini akan membuat gigi lebih cepat berlubang karena karamel melakukan kontak langsung dengan gigi dalam waktu berjam-jam apabila tidak dibersihkan secepatnya.

9. Periksa Gigi ke Dokter
Sangat disarankan untuk melakukan chek-up gigi minimal 3 bulan sekali untuk mengetahui kesehatan serta perkembangan gigi kita terutama orang yang menggunakan kawat gigi.

Demikianlah cara merawat gigi behel agar tetap sehat, sebenarnya cara merawat gigi berbehel sangatlah mudah asal kita tahu pantangan nya dan rajin untuk membersihkan gigi secara rutin setiap hari dan jangan lupa untuk periksa gigi ke dokter minimal 3 bulan sekali. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS