0
Home  ›  Android

Terbaru! Cara Memperbaiki “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti”

Terbaru! Cara Memperbaiki “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti”, Keunggulan Smartphone berbasi Android adalah mampu mengolah data dengan sangat mudah serta juga sangat cepat. Interface yang simple dan keren membuat pengguna nyaman dalam mengoperasikan semua fitur yang ada pada perangkat Android.


Semua aktifitas harian dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone Android mulai dari chatting, mendengarkan musik, menyimpan foto, menonton video, telepon, internet-an, dokumen, dan yang lainnya. Namun sayangnya, ada saja pengguna yang mengeluh karena mengalami masalah pada beberapa aplikasi bawaan seperti kamera, galeri, kontak, penyimpanan, dan yang lainnya. Sering kali juga Sistem Android memunculkan pesan error bertuliskan ““Unfortunately Apps Has Stopped” atau “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”. Dan baru – baru ini juga muncul masalah baru bertuliskan “Unfortunately android.process.media Has Stopped” atau “Sayangnya Proses android.process.media Telah Berhenti”.

Masalah – masalah seperti itu terkadang memang susah untuk bisa diatasi, tapi terkadang juga mudah untuk bisa diatasi. Masalah yang saya bahas kali ini berhubungan dengan media penyimpanan, dan hal ini bisa terjadi pada semua merek smartphone android mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Xiomi, Asus Zenfone, HTC, LG, Motorola, Sony Experia, Smartfreen Andromax, Advan, dan yang lainnya.

Beberapa member ( anggota ) yang ada di Forum Android ternyata pesan pop up tersebut bisa muncul akibat dari kesalahan dalam menyimpan file tertentu atau kesalahan dalam memindah file dari satu folder ke folder yang lain. Dan tidak hanya itu saja, kesalahan dalam mengunduh juga bisa menjadi penyebab proses media terhenti. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak caranya dibawah ini.

Step 4 : Factory Reset Smartphone Android
Yang bisa anda lakukan yakni dengan mengembalikan smartphone Android ke Pengaturan Pabrik. Sebelum anda melakukan cara ini, pastikan anda sudah membackup semua data di Android anda ke dalam sebuah Laptop ataupun komputer. Cara reset Android cukup mudah, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
  • Pertama buka Menu Pengaturan
  • Kemudian pilih buat Cadangan & Setel Ulang
  • Setelah itu Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik
  • Pilih “Reset Ulang Telepon”.
Apabila dengan melakukan factory reset tidak berhasil maka terpaksa anda harus melakukan flashing ulang pada Android anda. Melakukan cara ini memang cukup sulit, karena anda harus mengunduh sistem Android yang ukurannya relatif besar. Jika anda merasa bingung, lebih baik bawa ke Service Center yang terdekat di kota anda masing-masing.

Step 3 : Matikan Smartphone Android
Langkah yang ketiga yakni dengan mematikan smartphone android, mencabut baterai kemudian SIM Card serta SD Card. Kemudian diamkan hingga beberapa menit supaya tidak ada daya yang masuk ke smartphone Android. Lalu nyalakan kembali android anda dan lakukan cara berikutnya yakni dengan mengaktifkan kembali Aplikasi yang telah di “Disable” sebelumnya.
  • Enable Google Sync.
  • Enable Media Storage.
  • Enable Download Manager.
Step 2 : Hapus Data 3 Aplikasi Penting Google
Setelah berhasil mengikuti step pertama, anda harus lanjut ke step kedua. Andaharus menghapus data Aplikasi Google Services Framework, Google Play Store, Media Storage, Dan Download Manager. Supaya semua aplikasi Google dapat kembali pada pengaturan default dan bersih dari file cache, temporary, history, dan basis data. Untuk menghapus data aplikasi sangatlah mudah, ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
  1. Pertama buka menu Pengaturan
  2. Aplikasi kemudian tap Unduhan
  3. Cari aplikasi Google Play Store, kemudian tap “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Download Manager, kemudian tap “Hapus Data” dan tap “Disable”.
  • Lakukan hal yang sama pada Google Services Framework, kemudian tap “Hapus Data”.
  • Lakukan hal yang sama pada Media Storage, kemudian tap “Hapus Data” dan tap “Disable”.
Step 1 : Hentikan Sinkronisasi Dengan Akun Google

Cara pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan menghentikan sinkronisasi antara android anda dengan akun Google. Cara ini anda lakukan supaya android lebih bebas dari Google dan tidak sepenuhnya terkoneksi dengan akun Google. Cara memutuskan sinkronisasi terbilang cukup mudah, simak langkah – langkahnya dibawah ini.
  • Pertama buka Menu Pengaturan
  • Akun kemudian Google
  • Setelah itu Tap “Remove All The Ticks”.
Itulah tutorial lengkap tentang bagaimana Cara Mengatasi Sayangnya Proses Android.Process.Media Telah Berhenti Di Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS