0
Home  ›  Android

Terbaru! Cara Menghemat Pemakaian Data di Jaringan 4G LTE Android

Terbaru! Cara Menghemat Pemakaian Data di Jaringan 4G LTE Android, Jaringan 4G LTE memang terkenal dengan kecepatan yang super cepat. Membuka apapun terasa cepat tanpa harus menunggu lama seperti jaringan 3G. Saat streaming video Online di Youtube terasa lancar tanpa buffer. Lebihnya lagi, Streaming film online di HOOQ terasa mantap serta maksimal. Bahkan dengan tontonan Full HD tetap mantap tanpa ada gangguan buffer sedikitpun.



Pengguna memang merasa sangat puas saat menikmati kecepatan browsing dari jaringan 4G LTE, namun disini lain Kuota 4G ternyata cepat habis hanya dalam beberapa waktu saat. Sudah banyak pengguna yang membeli kuota 4G dengan periode waktu 1 Bulan, namun ternyata hanya dalam waktu 1-2 minggu saja kuota tersebut telah habis. Hal ini memang benar–benar dialami oleh para pengguna smartphone serta tablet Android. Kuota 4G LTE memang sangat cepat habis dibandingankan 3G, maka dari itu pengguna harus pintar dalam mengatur kuota yang digunakan.

Terbaru! Cara Menghemat Pemakaian Data di Jaringan 4G LTE Android

1.  Nonaktifkan Update Otomatis dari Google Play Store


Cara pertama yang bisa anda coba yakni mematikan update aplikasi otomatis dari Google Play Store. Cara ini benar-benar sangat di anjurkan dalam menghemat pemakaian data seluler 4G. Atau jika masih ingin update aplikasi, anda bisa melakukan update aplikasi android menggunakan layanan WiFi yang gratisan. Dan untuk menon-aktifkan update aplikasi dari Google Play Store, silahkan anda simak tutorialnya dibawah ini.
  • Buka aplikasi Google Play Sore
  • Pilih Setelan
  • Lalu Update Aplikasi Secara Otomatis
  • Kemudian Pilih “Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis”.
2. Gunakan Browser Paling Ringan
Tips menghemat data 4G yang kedua yaitu bisa anda lakukan yakni gunakan aplikasi Browser paling ringan dan paling hemat data. Sebenarnya 1001 browser ringan yang dapat anda gunakan. Lebih lengkapnya, silahkan anda bisa mencari langsung dari situs resmi yaitu Google Play Store. Ada banyak browser yang memiliki fitur “Hemat Data”. Artinya, browser tersebut mampu membuka halaman atau laman lebih cepat dan lebih hemat.

3. Gunakan Fitur Hemat Data Pada Aplikasi


Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk menggunakan fitur hemat data pada beberapa aplikasi Android. Salah satu aplikasi browser yang memiliki fitur hemat data 4G adalah Google Chrome. Dengan menggunakan fitur Data Saver ini, anda mampu menghemat data internet saat browsing lebih dari 50%. Fungsi dari Data Saver sendiri yaitu mampu mengkompress halaman dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga data yang dibutuhkan juga akan lebih hemat. Tidak hanya pada Google Chrome saja, aplikasi Instagram juga memiliki fitur semacam ini. Dan untuk mengaktifkan fitur data saver, silahkan anda simak tutorialnya dibawah ini.
  • Buka Aplikasi Google Chrome
  • Pilih Setelan
  • Lalu Penghemat Data
  • Aktifkan “Data Saver” dengan menggeser icon yang ada.

4. Nonaktifkan Sinkronisasi Data


Yang bisa anda coba lakukan adalah menonaktifkan sinkronisasi data. Sinkronisasi data yang dimaksud disini biasanya berhubungan dengan akun email, messenger dan sosial media. Semua akun tersebut pasti membutuhkan data internet untuk dapat melakukan sinkronisasi. Dan untuk menon-aktifkan data sinkronisasi, silahkan anda simak tutorialnya dibawah ini.
  • Buka Menu Pengaturan/Setelan
  • Kemudian Akun dan Sinkronisasi
  • Lalu Matikan “Sinkronisasi Data Otomatis”.
5. Batasi Penggunaan Data Harian


Tips yang sangat menarik dan benar–benar mampu menghemat data internet harian/bulanan anda. Membatasi dalam penggunaan data pada jaringan 4G adalah solusi paling ampuh dalam mengatur penggunaan data. Seperti misalnya, anda ingin hari ini hanya boleh menggunakan data sekitar 20 MB maka anda harus membatasi penggunaan data 4G sesuai dengan kuota yang anda tetapkan. Tidak semua perangkat Android sudah memiliki fitur seperti ini, tapi jika smartphone anda memiliki fitur semacam ini, anda bisa mencobanya. Sebagai contohnya, anda bisa melihat fitur hemat pemakaian data internet dibawah ini.
  • Buka Setelan, pilih SIM Ganda dan Jaringan Seluler
  • Kemudian Batas Data Harian dan Pengingat
  • Lalu  Aktifkan “Batas Data Harian”.
  • Kemudian pilih batas maksimal data yang anda butuhkan pada bagian “Ukuran Data Harian”.
6. Minimkan Penggunaan Sosial Messenger
Selanjutnya untuk tips keenam yang bisa anda coba yakni mengurangi penggunaan sosial dan messenger. Ada banyak aplikasi Sosial Messenger seperti Instagram, WhatsApp, BBM, LINE, WeChat, Path, IMO, Facebook Messenger,  Telegram, Twitter, dan lainnya. Alangkah baiknya anda kurangi penggunaan sosial media. Mengapa? Karena sosial media sangat boros terdapat data seluler 4G, gunakan sosial media pada waktu penting atau pada momen menarik saja.


7. Gunakan Aplikasi Opera Max
Tips berikutnya, anda bisa mengunduh Aplikasi Opera Max. Mengapa harus Opera Max? Karena Opera Max memiliki fitur data saver yang lebih baik dan lebih optimal ketimbang aplikasi browser lainnya. Hampir sama seperti Google Chrome, fitur ini mampu menghemat data seluler kisaran 40 sampai 50% loh. Dan untuk mendapatkan aplikasi Opera Max, anda bisa dapatkan langsung dari Google Play Store.

8. Matikan Penggunaan Data Pada Beberapa Aplikasi


Selanjutnya untuk tips yang delapan, anda bisa mencoba mematikan data seluler pada beberapa aplikasi yang jarang atau tidak pernah anda gunakan. Dengan menon-aktifkan penggunaan data pada beberapa aplikasi, setidaknya aplikasi yang anda non-aktifkan tersebut tidak menyedot data 4G yang ada. Pada umumnya, fitur ini sudah pasti ada di semua perangkat Android. Sebagai contohnya, anda bisa lihat tutorialnya menonaktifkan penggunaan data pada aplikasi berikut ini.
  • Buka Setelan, pilih SIM Ganda dan Jaringan Seluler
  • Selanjutnya, anda NonAktifkan beberapa aplikasi yang ingin anda non-aktifkan dengan cara menggeser warna hijau menjadi warna abu–abu yang artinya data telah di NonAktifkan.

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS