0
Home  ›  IOS

Cara Ampuh Mencegah Mac dari Serangan Virus Malware

Cara Ampuh Mencegah Mac dari Serangan Virus Malware, Komputer apabila tekena virus atau malware jahat itu hal biasa, khususnya kepada mereka pengguna Windows. Namun bukan berarti komputer Mac serta juga MacBook yang menggunakan OS X atau macOS terbaru juga tidak bisa kena virus. Semua sistem operasi pasti bisa terinfeksi virus.

Agar tidak terkena virus serta malware, perlu dilakukan beragam langkah cara pencegahan. Ya, mencegah jelas lebih baik dari pada mengobati. Daripada repot-repot memperbaiki, lebih baik bersusah-payah mencegah sebelum semua terjadi, bener bukan?

Secara umum, Mac OS X atau macOS memang lebih jarang terkena virus. Hal ini sebenarnya karena pembuat virus untuk Mac lebih sedikit. Mereka lebih suka membuat virus untuk Windows.


Namun bukan berarti saja pengguna Mac serta MacBook merasa sombong karena jarang terkena yang namanya virus. Selagi belum ada virus, lebih baik anda bisa berhati-hati sembari mencoba beberapa Cara Ampuh Mencegah Mac dari Serangan Virus Malware.

Update Semua Software dan Aplikasi Pihak Ketiga
Selain software dan aplikasi bawaan Apple atau dari App Store, anda tentu saja install software dari pihak ketiga. Tentu saja anda bisa update aplikasi dan software tersebut, namun caranya mungkin berbeda di setiap aplikasi.

Beberapa aplikasi memungkinkan anda untuk melakukan update ke versi terbaru ketika versi baru sudah siap untuk diunduh dan sudah disebarkan. Sangat disarankan juga untuk selalu update semua software yang ada di dalam Mac anda, termasuk software pihak ketiga.

Update Sistem Operasi dan Software di Mac dan MacBook
Apple selalu memberikan update atau pembaruan beragam software, mulai dari aplikasi bawaan, patch security, hingga update seluruh sistem operasi Mac. Sangat disarankan untuk terus menggunakan sistem operasi Mac yang terbaru.

Anda bisa langsung buka App Store dan langsung buka tab Updates untuk bisa melihat semua aplikasi dan software yang butuh update. Sangat disarankan untuk selalu update semua software yang ada di dalam Mac dan MacBook anda.

Download File dari Sumber Terpercaya
Sudah bukan hal yang asing lagi kalau saat ini beredar banyak sekali situs download yang tidak resmi. Mulai dari file lagu, film, hingga software dan aplikasi. Semua yang ada di sana bisa anda download secara gratis.

Bahkan file media seperti musik dan lagu saja bisa mengandung program jahat. Tentu saja file tersebut jika anda download dari situs yang tidak resmi dan tidak jelas keamanannya. Oleh karena itu, lebih baik dapatkan segala sesuatu dari sumbernya langsung.

Hati-hati Browsing Internet
Siapa bilang Mac kebal terhadap serangan dari dunia maya. Jangan pernah  mencoba untuk mengunjungi situs web yang tidak terpercaya. Bahkan terkadang browser kita cukup cerdas untuk menentukan apakah halaman situs web tersebut cukup aman atau tidak.

Jika muncul peringatan situs web tidak aman, lebih baik jangan ambil risiko. Langsung saja ditinggalkan situs web tersebut. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati, benar kan?

Jangan Instal Plugin Tidak Jelas
Pengguna beberapa browser memungkinkan untuk bisa install plugin atau adds-on sebagai sebuah tambahan fitur. Ya, anda bisa meningkatkan kemampuan serta kegunaan dari sebuah browser lebih dari sebelumnya.

Sama seperti software, sebuah plugin juga harus anda download dari sumber yang terpercaya. Jika anda menemukan plugin dari sumber yang tidak bisa dipercaya, lebih baik tinggalkan.

Install Software Original dan Terpercaya
Anda mau install aplikasi atau software? Sangat disarankan untuk selalu menggunakan software yang asli dan original. Jangan pernah menggunakan software bajakan karena sangat mungkin program tersebut sudah disusupi kode berbahaya lainnya.

Bahkan untuk software yang memang gratis sekalipun, anda harus tetap mendapatkannya dari sumbernya langsung. Jangan pernah download dan install software dari sumber yang tidak bisa dipercara. Intinya sih, selalu gunakan software asli dan dapatkan dari sumbernya langsung yang jelas lebih terpercaya.

Atur Keamanan Aplikasi di Pengaturan Mac
Install aplikasi Mac memang bisa dari mana saja. Bisa dari App Store atau juga bisa dari sumber lain dari Internet. Nah, masalahnya adalah tidak semua berasal dari developer yang terpercaya.

Anda bisa atur ke Setting – Security&Privacy lalu klik tab General dari dalam preferensi pengaturan di Mac. Atur aplikasi yang diizinkan hanya dari Mac App Store dan juga pengembang terpercaya saja.

Tinggalkan Flash
Apple memang pernah menganggap Flash rentang terhadap serangan virus serta malware jahat lainnya. Selain itu, secara teknologi juga Flash tertinggal sehingga sudah semakin ditinggalkan oleh para pembuat konten multimedia.

Saat ini sudah tidak masalah lagi jika kita benar-benar meninggalkan Flash. Jadi jika browser anda punya opsi untuk mematikan Flash, langsung saja anda matikan serta anda bisa browsing dengan tenang.

Update Informasi dan Pengetahuan Anda
Virus baru muncul setiap hari, sehingga anda juga tetap harus up-to-date dengan beragam informasi mengenai beragam virus. MacPoin akan terus memberikan update informasi mengenai beragam virus dan malware yang menyerang Mac.

Install Anti Virus Mac
Cara paling mudah untuk mencegah virus dan malware menyerang Mac serta MacBook kita adalah dengan install software Antivirus. Program ini akan mencegah semua virus dan malware jahat menginfeksi sistem operasi kita.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS