Inilah Perbedaan Hub dan Switch Pada Jaringan Komputer

Inilah Perbedaan Hub dan Switch Pada Jaringan Komputer, Dalam perangkat jaringan komputer ada sebuah istilah yang dikenal dengan hub serta switch. Secara bentuk, kedua perangkat ini hampir saja terlihat sama, namun memiliki kinerja fungsi yang berbeda-beda. Beberapa orang awam mengenal keduanya ini sama saja karena dilihat dari sisi bentuknya. Sama halnya ketika pertama kali saya dulu belum mengenal apa itu hub serta apa itu swicth, saya kira kedua alat ini sama. Namun, setelah bertanya pada ahli komputer jaringan atau coba baca di situs-situs, ternyata hub dan switch ini berbeda. Sebelum mengenal lebih jauh 2 komponen jaringan ini, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa hub itu? dan apa switch itu?

Hub merupakan perangkat jaringan yang mengirimkan paket data ke semua port yang terhubung ke hub hingga paket data tersebut sampai pada tujuan. Sedangkan Switch merupakan perangkat jaringan yang mendistribusikan paket data langsung sampai tujuan antar komputer dalam jaringan serta memiliki fungsi untuk mengenali topologi jaringan pada banyak layer osi.


Menurut fungsinya hub dan switch ini sama-sama mengirimkan sebuah paket data dalam suatu jaringan komputer. Namun, dalam skala besar dan membutuhkan kecepatan yang handal, switch lebih unggu daripada hub. Berawal dari sini, ada beberapa hal perbedaan antara hub dan switch yang perlu kita ketahui. Mari ikuti ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer
Apa sih perbedaan hub serta switch? Mari kita simak beberapa penjelasan di bawah ini yang sudah saya rangkum dari berbagai literatur yang ada.

1. Harga Switch dan Hub
Dari segi ekonomi, harga hub lebih murah dibandingkan dengan harga switch dikarenakan kelebihan fungsi dan keamanan yang ditawarkan switch.

2. Kecepatan Transfer Data
Switch memiliki kecepatan transfer data lebih baik dibandingkan dengan hub. Sehingga sekarang ini banyak yang membuat jaringan menggunakan switch. Switch ini mampu untuk melakukan prioritas transmisi data dari mac address yang sedang dituju, sehingga mampu mentransmisikan paket data lebih cepat daripada hub yang hanya menyebarkan paket data keseluruh komputer yang terhubung jaringannya.

3. Segi Keamanan
Dari segi keamanan, hub memiliki tingkat keamanan lebih rendah daripada switch. Switch juga memakai sistem seleksi terhadap komputer yang terhubung dengannya berupa MAC address, hal ini memungkinkan jika ada MAC address yang dapat menimbulkan masalah pada jaringan dapat di blok saja.

4. Sistem Transmisi
Switch dapat mentransmisikan paket data sesuai request dari komputer yang sedang membutuhkan paket data tersebut, sedangkan hub mentransmisikan paket data yang masuk ke seluruh komputer yang terhubung dengan jaringannya.

5. Letak pada Lapisan OSI Layer 
Hub bekerja pada lapisan OSI layer pertama yang dinamakan dengan Physical Layer, sedangkan switch melakukan kerjaannya pada lapisan OSI layer kedua yakni Data Link.

6. Beban Kinerja pada Jaringan
Dilihat dari sistem kerja nya, sedangkan hub memiliki beban kerja yang tidak rumit atau bisa dibilang simple, sedangkan switch memiliki beban kerja yang lebih kompleks.

7. Setting Jaringan (Manageable)
Hub tidak bisa melakukan setting perangkat yang terhubung ke jaringan, sedangkan switch bisa di-setting melakukan blokir terhadap komputer/mac address yang dirasa mengganggu transmisi data. Switch sendiri apabila dipakai pada jaringan yang kecil seperti dirumah, tidak perlu melakukan setting yang ribet, hanya perlu colok kabel LAN langsung ke switch. Untuk jaringan yang lebih besar seperti di warnet atau di kantor memerlukan managed switch yang biasanya di setting dengan membuat virtual LAN atau VLAN untuk setting kecepatan port, host, filter mac address dll.
Komentar