0
Home  ›  Android

Terbaru! Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android

Terbaru! Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android, Aplikasi atau software merupakan bagian yang terpenting yang ada pada smartphone atupun tablet android. Ada 2 jenis aplikasi yang ada di Android yaitu aplikasi bawaan serta aplikasi tambahan. Aplikasi Bawaan merupakan aplikasi yang langsung ada pada smartphone Android itu sendiri seperti Musik Player, Galeri, dan lainnya. Sedangkan aplikasi tambahan yaitu aplikasi yang kita tambahkan sendiri sesuai dengan keinginan kita, seperti aplikasi seperti Instagram, Twitter, Path, BBM, WhatsApp, FB Messenger,  dan lain sebagainya.

Kenapa Aplikasi Android Saya Tidak Bisa Dibuka? Pertanyaan seperti ini sering kali ditanyakan oleh pengguna android yang sering kali mengeluhkan aplikasinya tidak bisa dibuka sama sekali. Terkadang muncul pesan seperti Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti, Unfortunately, App Has Stopped, Unfortunately Force Close, Not Enough Memory, atau Not Responding. Pesan semacam itu pertanda bahwa aplikasi tersebut mengalami error sehingga tidak bisa dibuka dan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Penyababnya bisa bermacam – macam mulai dari Cache file yang tidak pernah dihapus, memori Android sedang penuh, atau terjadinya bugs pada aplikasi itu sendiri, serta lainnya. Sebagai penguna android yang gaptek atau tidak tau dengan teknologi tentunya kamu pasti bingung dalam mengatasi masalah tersebut. Tapi tenang saja, karena kali ini saya akan memberikan solusi mudah yang mungkin saja bisa mengatasi permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Setiap pengguna android pasti memiliki masalah seperti ini, baik itu aplikasi bawaan atau dari aplikasi tambahan. Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa opsi yang bisa kamu lakukan mulai dari menghapus cache android, hapus data aplikasi, mengganti dengan versi lain, dan menghentikan aplikasi secara paksa.

Cara 1 : Paksa Berhenti dan Hapus Data



Fitur Clear Data dan Force Stop ada pada semu versi OS Android. Dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi akan menjadikan aplikasi kembali pada posisi default. Dan semua data sementara pada aplikasi tersebut akan hilang seperi basis data, bookmark, cache memori, history, dan lainnya. Tenang saja, cara ini tidak menghapus aplikasi, namun hanya menghapus data aplikasi saja. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan
  2. Setelan Tambahan
  3. Manajemen Aplikasi 
  4. Semua, Cari “Nama Aplikasi”
  5. Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
Cara 2 : Menghapus Cache Memori



Cara kedua yang paling gampang yakni dengan menghapus cache memori. Apa itu cache memori? Cache memori adalah salah satu file sementara yang apabila tidak di lakukan penghapusan secara berkala, maka lama – kelamaan akan terus menumpuk pada memori android itu sendiri. Cara menghapus cache memori di android yakni dengan memanfaatkan aplikasi Clean Master. Aplikasi tersebut dapat menghapus cache dan file sementara lainnya hanya dengan satu klik saja. Untuk cara manualnya, kamu bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
  1. Buka menu Pengaturan
  2. Setelan Tambahan 
  3. Manajemen Aplikasi   
  4. Cari “Nama Aplikasi” 
  5. Kemudian tap “Hapus Cache”.
Cara 3 : Reboot Smartphone
Matikan smartphone android, kemudian lepas baterai, SIM card, Memori Eksternal (SD Card). Diamkan kurang lebih selama 30 detik. Selanjutnya pasang serta nyalakan kembali smartphone android kamu. Coba buka kembali aplikasi yang sebelumnya tidak bisa dibuka. Semoga dengan cara ini, smartphone dan tablet Android kamu bisa kembali normal, dan bisa digunakan untuk beraktifitas sehari – hari.

Cara 4 : Ganti Dengan Versi Lain



Jika kamu pernah menginstall aplikasi secara manual denga menggunakan file .Apk serta ternyata tidak bisa dibuka, itu artinya aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan OS Android yang kamu miliki. Sebaiknya hapus aplikasi tersebut, dan ganti dengan aplikasi versi dibawahnya. Untuk menghapus aplikasi android, kamu bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
  1. Buka menu Pengaturan
  2. Setelan Tambahan
  3. Manajemen Aplikasi  Kemudian Cari “Nama Aplikasi” 
  4. Kemudian tap “Hapus Instalasi”.
Itulah beberapa ulasan lengkap Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Di Buka, semoga bisa membantu serta bermanfaat. Jika ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan, silahkan kamu tulis melalui kolom komentar.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS