6 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya Browser Telah Berhenti”

"Mengenai pesan error yang muncul seperti diatas, ada beberapa penyebab yang perlu anda perhatian diantanya Memori RAM Yang Penuh, file sampah yang menumpuk, history yang tidak pernah dihapus, serta error pada aplikasi browser itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara cepat yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah membersihkan file sampah dan history. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti metode dan langkah – langkahnya berikut ini."

6 Langkah Cepat Mengatasi “Sayangnya Browser Telah Berhenti”, Pengguna Android pasti sering menggunakan Internet untuk Browsing, Streaming, terutama sosial media & chatting. Dan untuk melakukan hal tersebut, pengguna membutuhkan aplikasi Browser untuk membuka halaman yang diinginkannya diantaranya seperti Google Chrome, UC Browser, Opera Mini, Samsung Browser, Mozila Forefox, Google Penelusuran, dan Aplikasi Browser Android lainnya.

Namun sayangnya, ada beberapa pengguna Android yang mengalami masalah pada Aplikasi Browser. Masalah tersebut yang paling sering yakni muncul pesan error, Masalah semacam itu sering muncul pada beberapa aplikasi peramban seperti Samsung Browser, Google Chrome, Opera Mini, dan beberapa browser Android lainnya.



Mengenai pesan error yang muncul seperti diatas, ada beberapa penyebab yang perlu anda perhatian diantanya Memori RAM Yang Penuh, file sampah yang menumpuk, history yang tidak pernah dihapus, serta error pada aplikasi browser itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara cepat yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah membersihkan file sampah dan history. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti metode dan langkah – langkahnya berikut ini.

1. Hapus History Pencarian Web
Membersihkan history pencarian web atau data penjelajah yang kamu lakukan saat membuka suatu web pada aplikasi Browser. Saat kamu browsing atau menggunakan sosial media hal tersebut akan meninggalkan history dan cache. Dan apabila history tidak pernah kamu hapus dari berminggu – minggu atau bahkan berbulan – bulan maka akan membuat ponsel serasa berat karena memori Internet yang penuh oleh sampah. Untuk menghapusnya, tentu kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan carilah opsi Riwayat dan hapus semua data riwayat tersebut.

2. Bersihkan File Sampah Android
Ada banyak aplikasi Cleaner yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan file sampah dengan mudah dan cepat. Beberapa diantanya seperti Clean Master, CCleaner, CM Booster, 1 Tap Cleaner, CM Security, dan lainnya. Untuk membersihkan file sampah secara manual.

3. Update Aplikasi Browser
Memperbarui aplikasi ke versi paling baru atau paling atas. Dengan update aplikasi maka semua bugs dan kerusakan akan hilang. Terlebih lagi, kamu juga akan mendapatkan fitur dan tampilan terbaru dari aplikasi tersebut. Jika misalnya kamu ingin update aplikasi UC Browser maka kamu tinggal masuk pada Google Play Store dan carilah aplikasi UC Browser. Dan dari situlah kamu bisa update aplikasi UC Browser ke versi terbaru.


4. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi Browser
Menghentikan aplikasi secara paksa dan menghapus data aplikasi browser yang error sesuai dengan aplikasi yang kamu gunakan. Menghapus data aplikasi akan membersihkan data aplikasi seperti basis data, data login, setelan, bookmark, history, dan cache secara permanen. Jika kamu melakukan cara ini maka dijamin pesan error akan hilang dan tidak akan muncul kembali.

5. Matikan Android, Cabut Baterai, SIM Card, dan SD Card
Mematikan smartphone android yang kamu miliki. Kemudian dilanjutkan dengan mencabut baterai, SIM Card, dan SD Card. Diamkan Android selama beberapa saat, dan barulah anda pasang dan nyalakan kembali Android kamu. Cara ini akan membuat Android istirahat sebentar.

6. Install Ulang Aplikasi Browser
Apabila dengan update tidak bisa mengatasi aplikasi yang error maka cobalah untuk menghapus aplikasi tersebut dan menggantinya dengan yang baru. Setelah kamu menghapus aplikasi, pastikan kamu membersihkan file cache/ sampah dan reboot smartphone android kamu.


Cobalah untuk melakukan perawat pada sistem android kamu dengan cara menginstall antivirus dan pembersih sampah seperti AVG, CM Security, Avira, Clean Master, CCleaner, 1 Tap Cleaner, CM Booster, dan lainnya supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Aplikasi semacam itu mampu membantu kamu mengamankan dan memberihkan file sampah dengan mudah dan cepat.
Komentar