Sembilan Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang di Android Hanya 2 Menit

"Untuk itu sebelum kita membahas cara mengatasi sinyal hp android atau smartphone yang sering naik turun bahkan hilangnya sinyak (koneksi internet) alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kenapa hp android yang kita miliki mengalami masalah tersebut. berikut ini masalah yang sering kali bermunculan, seperti : Jangkauan Sinyal Daerah itu Tidak Ada Terjadi Perubahan Pada Menu Pengaturan Jangkauan Sinyal Putus-Putus Ada Masalah pada Software Pengaruh Cuaca Ekstream"

Sembilan Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang di Android Hanya 2 Menit, Sinyal yang hilang atau lemah sangatlah menyebalkan. Bukan hanya telepon dan SMS aja yang menjadi terhambat, melainkan dengan koneksi internet yang lambat serta putus-putus, atau tidak ada akses internet (no internet access).

Apabila sinyal tiba tiba hilang di smartphone milikmu, maka seluruh aktivitas akan terhenti seperti chatting, video call, update timeline media sosial, dan aktivitas internet lainnya akan berhenti. Website tidak bisa dibuka.Browsing, download, dan upload pun akan terganggu.

Sebenarnya masalah turun naikanya sinyal koneksi internet atau koneksi internet yang hilang banyak sekali penyebabnya.

Untuk itu sebelum kita membahas cara mengatasi sinyal hp android atau smartphone yang sering naik turun bahkan hilangnya sinyak (koneksi internet) alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kenapa hp android yang kita miliki mengalami masalah tersebut. berikut ini masalah yang sering kali bermunculan, seperti :

Jangkauan Sinyal Daerah itu Tidak Ada
Terjadi Perubahan Pada Menu Pengaturan
Jangkauan Sinyal Putus-Putus
Ada Masalah pada Software
Pengaruh Cuaca Ekstream


Nah setelah mengetahui masalahnya sekarang lanjut di Sembilan Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang di Android Hanya 2 Menit, simak ulasan selengkapnya berikut ini?

1. Restart HP


Cara pertama yakni cara yang paling mudah untuk dilakukan yakni dengan melakukan restart ,HP akan memulai semua proses dari awal dan secara otomatis akan mencari jaringan baru. Restarting HP juga bisa mengatasi berbagai masalah yang muncul di smartphone kita loh.

2. Aktifkan Mode Penerbangan



Cara agar sinyal HP kuat lagi yakni dengan mengaktifkan mode penerbangan. Jika Mode ini hidup maka semua sinyal akan hilang, kemuadian non-aktifkan lagi mode penerbangan untuk membuat sinyal kembali terdeteksi dengan sempurna.

3. Berpindah Lokasi

Segara mungkin untuk berpindah ke lokasi atau sebuah wilayah lain yang sangat mendukung sinyal baik itu 2G, 3GB dan 4GB setidaknya cukup kuat untuk dapat melakukan aktivitas-aktivitas internet atau mengirim SMS dan bertelepon.

Apabila ditempat kamu berpindah tadi belum mendapatkan sinyal maka pindahlah sebentar ke tempat lain dengan sinyal yang lebih tinggi. Biasanya, tempat dimana yang belum ada menara, seperti contohnya di perkampungan atau pedesaan, sangat sulit untuk mendapat sinyal yang kuat.

4. Operator atau ISP Mungkin Sedang Dalam Perbaikan Sinyal

Jika biasanya sinyal normal dan lancar-lancar saja, namun tiba-tiba hilang tanpa diketahui dengan jelas penyebabnya, kemungkinan besar operator atau ISP sedang melakukan perbaikan pada sinyalnya.

Tidak ada solusi lain selain kamu bersabar untuk menunggu sinyal muncul. Namun jika sinyal operator yang kamu pakai tersebut memang sering hilang, akan lebih baik menggunakan kartu SIM dengan operator yang berbeda, atau layanan internet dari ISP yang berbeda, yang jauh lebih baik.


Operator atau ISP yang menyajikan layanan dengan harga mahal, sangatlah sebanding dengan kualitasnya yang sangat baik.

5. Ganti Kartu SIM HP

Silahkan coba untuk mengganti kartu SIM smartphone kamu ke operator lain untuk sementara waktu dengan kartu SIM yang lain untuk dapat memastikan apakah kerusakan itu disebabkan oleh kartu SIM itu atau tidak. Kalau memang kerusakan disebabkan oleh kartu sim, otomatis kamu ganti kartu SIM.

6. Mengganti Mode Jaringan

Untuk mengganti mode jaringan di smartphone kamu supaya mendapatkan sinyal 2G, EDGE, 3G, HSDPA, dan 4G LTE secara otomatis maka silahkan kamu pilih Pengaturan => Jaringan Seluler => Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis”, cara ini sangat efektif untuk mengatasi sinyal HP yang lemah.

7. Cari Jaringan Secara Manual



Untuk memilih jaringan secara manual caranya mudah kamu cukup masuk ke menu pengaturan jaringan. Caranya masuk ke Pengaturan lalu Network & Connections lalu Mobile Network lalu pilih Operator lalu Select Automatically. Smartphone akan mencoba terkoneksi pada jaringan yang sudah terdeteksi.

8. Kamu Mungkin Salah Setting APN

Smartphone maupun operator seluler  sudah dibekali dengan sensitivitas pada penangkap sinyal. Sinyal mungkin harus menyesuaikan tipe jaringan serta APN yang sedang kamu gunakan pada saat itu.

Apabila kamu membeli paket internet 4G tapi smartphone kamu tidak mendukung 4G, maka kamu harus membeli paket 3G atau paket internet lain dengan tipe jaringan yang mendukung smartphone kamu. Apabila jaringan 4G masih belum di tempatmu atau di sekitarmu, ganti paket dengan tipe jaringan 3G.

Kalau yang dibeli yakni paket 3G namun setting-an jaringan di-set ke 2G, maka ubah dulu setting-annya. Kalau ternyata APN yang diminta operator salah kamu masukkan, perbaiki APN-nya.


Kebanyakan pengguna smartphone tidak terlalu memerhatikan pengaturan pada jaringan yang di gunakan. Sinyal tiba-tiba hilang yakni disebabkan oleh settings jaringan yang salah, APN belum dimasukkan, atau tipe jaringan tak sesuai.

Cara mengubah settingan jaringan dari kartu SIM sangatlah mudah. Buka Settings lalu SIM cards & mobile network lalu (nama provider).

9.Sinyal Radio yang Buruk

Sinyal yang tibatiba hilang bisa saja disebabkan karena smartphone kita tidak memancarkan sinyal radio yang benar. untuk mengatasinya kamu harus memasukan kode seperti di gambar di dial pad. Kemudian akan muncul tampilan menu, serta pilih Phone Information.


Kemudian klik Run Ping Test dan scroll ke bawah dan pilih, LTE/GSM auto (PRL). Kemudian tap pada tombol Turn Off Radio. Ketika semua proses sudah selesai, langsung saja restart smartphone kamu serta lihat perubahannya. Cek bagaimana kondisi jaringan dari operator yang kamu gunakan.



Silahkan kamu terapkan langkah-langkah di atas secara berurut dan harapan saya semoga dari ke Sembilan Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang di Android Hanya 2 Menit bisa membantu kamu. Apabila artikel ini bermanfaat bagi kamu mohon share ke teman, kerabat, atau keluarga kamu sebagai bentuk kepedulian terhadap penulis dan mereka yang mengalami masalah yang sama seperti kamu. Sekian dan Terimakasih.
Komentar