0
Home  ›  Kesehatan

Cara Jitu Menghilangkan Uban Secara Alami dan Cepat

Cara menghilangkan uban pada rambut – sama halnya dengan menghilangkan jerawat atau komedo, menghilangkan uban sendiri bisa dilakukan dengan cara-cara  yang cukup mudah. Salah satunya yaitu anda bisa menggunakan cara alami. Di samping murah, cara ini juga dinilai aman karena tidak melibatkan zat kimia. Soal efektivitas, asal diterapkan dengan baik, cara ini akan memberikan hasil dalam hitungan hari.

Uban pada rambut merupakan salah satu masalah pigmentasi rambut yang disebabkan karena melanin tidak mampu diproduksi secara maksimal. Biasanya uban akan muncul saat seseorang memasuki usia 40 tahun, baik itu pria ataupun wanita memiliki resiko sama.


Uban dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya adalah:

Faktor genetik
Seseorang yang berasal dari keluarga yang rambutnya beruban akan mengalami resiko 2x lipat menderita masalah rambut sama. Apalagi jika orang tua anda mengalami ubanan ketika masa mudanya dahulu.

Merokok
Adanya nikotin didalam darah yang cenderung dapat menghambat aliran Zat dan Gizi didalam tubuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut.

Stress
Apabila anda mengalami Stress yang berlebihan anda dapat mengurangi kadar vitamin B12 didalam tubuh Dan apabila vitamin B12 ini terus-menerus terkuras, dapat menyebabkan uban timbul lebih cepat. Tetapi ini hanya bersifat sementara saja, Dan apabila tubuh sudah tidak stress lagi maka akan kembali normal dan uban pun tidak akan muncul kembali.

Zat Pengawet dan Zat Kimia
Pemakaian seperti shampoo, cat rambut, dan minyak rambut yang sembarangan juga dapat mempengaruhi timbulnya uban rambut. Karena zat-zat tersebut akan meresap kedalam kulit kepala dan dapat mempengaruhi produksi pigmen pada rambut. Maka  anda harus berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan zat-zat kimia pada rambut anda.

Cara Jitu Menghilangkan Uban Secara Alami dan Cepat

1. Lemon dan minyak kelapa
Pada buah lemon mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Sementara itu minyak kelapa memiliki kandungan hampir semua senyawa mineral alami. Dan kombinasi kedua bahan alami tersebut bisa menjadi obat uban yang cukup efektif. Bahkan dengan menggunakan lemon dan minyak kelapa rutin, akan menjadikan rambut anda akan jauh lebih hitam lebat dan tentunya tahan lama.

Cara mengatasi rambut beruban dengan lemon dan minyak kelapa:
  • Pertama-tama campurkan terlebih dahulu antara perasan buah lemon dengan minyak kelapa (takaran bisa disesuaikan dengan panjang rambut anda masing-masing)
  • Setelah anda selesai keramas, oles dan pijatkan campuran tersebut secara merata keseluruh bagian kulit kepala anda.
  • Dan agar lebih meresap dan bekerja optimal, diamkan kurang lebih 30 menit
  • Selanjutnya bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
2. Teh basi
Anda boleh percaya atau tidak, teh basi ternyata cukup efektif dan ampuh untuk menghilangkan uban rambut. Menurut penelitian, teh mengandung senyawa antioksidan cukup tinggi yang bisa meningkatkan produksi pigmen hitam pada rambut. Bahkan dengan anda meminum teh secara rutin, dapat membuat rambut anda akan lebih berkilau secara alami.

Cara menghilangkan uban dengan teh basi:
  • Pertama-tama seduh teh secukupnya dengan menggunakan air panas
  • Setelah itu diamkan seduhan tersebut kurang lebih 1 malam
  • Dan ketika pagi harinya gunakan seduhan tersebut untuk memijat di area sekitar kulit kepala secara merata
  • Kemudian diamkan selama 30 menitan, lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
3. Minyak kemiri
Cara menghilangkan uban ini mungkin sudah umum dan banyak digunakan oleh banyak kalangan. Di samping efektif, cara ini juga dinilai aman karena jauh efek samping. Selain itu, minyak kemiri juga mengandung mineral essens yang berguna untuk meningkatkan pigmen di rambut.

Oh ya, perawatan seperti ini cukup terbilang mudah karena tak perlu metode dan penerapan yang sulit. Cukup anda oleskan ke rambut, nutrisi dan kandungan yang terdapat di minyak kemiri tersebut akan otomatis meresap dan menyehatkan rambut dengan cepat.
Nah, untuk Anda yang ingin menerapkan cara menghilangkan uban ini, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • Jika Anda tak ingin repot-repot, silahkan anda bisa beli minyak kemiri di toko obat atau ditoko kosmetik terdekat.
  • Oleskan minyak kemiri pada sekitar area rambut yang ditumbuhi uban (Pastikan saat pengolesan harus dilakukan secara merata).
  • Sembari mengoleskan, pijat lembut rambut dan kepala Anda. Pastikan Anda dibuat nyaman atas itu.
  • Setelah dipijit selama 2 – 5 menit, diamkan rambut Anda hingga 30 menit.
  • Sesudah itu bilas dan bersihkan rambut Anda dengan air bersih.
4. Biji pepaya
Para ahli berpendapat bahwa biji pepaya mengandung semacam pigmen yang mirip melanin. Dan selain itu ternyata juga dapat membuat rambut anda hitam legam, kandungan mineral alami dalam biji pepaya juga baik untuk digunakan menghilangkan uban rambut.

Cara menghilangkan uban dengan biji pepaya:
  • Pertama-tama siapkan biji pepaya secukupnya saja. Dan usahakan yang masih segar (baru diambil)
  • Kemudian sangrai semua biji pepaya tersebut sampai kering, kemudian biarkan dingin
  • Lalu haluskan semua biji pepaya dengan menumbuk. Lalu campur dengan minyak kelapa sampai membentuk adonan mirip shampo
  • Setelah itu oleskan secara merata keseluruh bagian rambut dan jangan lupa pijat perlahan
  • Biarkan sambil ditutup dengan handuk basah hangat atau shower cap selama kurang lebih 30 menitan
  • Bilas bersih semua halusan biji pepaya dengan keramas seperti biasanya.
Cara menghilangkan uban lainnya adalah dengan menggunakan teh yang pekat dan tambahkan satu sendok garam kedalam teh tersebut. Setelah itu oleskan sampai rata ke rambut sambil memijat kulit kepala. Biarkan satu jam, lalu bilas saja dengan air dingin dan jangan keramas, sebab khasiatnya akan hilang.

Selain itu juga anda harus memperhatikan asupan makanan sehari-hari, dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium, zat besi dan vitamin B lengkap, vitamin A yang terdapat pada sayuran hijau dan zat mineral. Demikian cara jitu menghilangkan uban, semoga dapat bermanfaat.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS