5 Ciri Blog Yang Disukai Oleh Banyak Visitor/Pengunjung

5 Ciri Blog Yang Disukai Oleh Banyak Visitor/Pengunjung, Sebagai blogger tentu saja kita mengharapkan blog yang yang kita miliki bisa disukai, disenangi dan dibaca oleh banyak orang. Mengapa? Tentu saja ketika blog kita disukai, disenangi dan dibaca oleh banyak orang maka apa yang kita akan rencanakan pada blog kita seperti popularitas atau monetisasi blog akan semakin berpeluang segara terwujud. Tapi bagaimana kita bisa mengetahui bahwa blog kita disukai atau tidak oleh netizen? Berikut adalah tanda-tanda atau ciri bahwa blog yang kita miliki disukai oleh banyak orang.



1. Return Visitor
Ciri atau tanda pertama bahwa blog Anda disukai banyak orang adalah adanya return visitor. Dan pasti anda akan bertanya-tanya  apa itu return visitor? Return visitor adalah visitor atau pengunjung blog yang melakukan kunjungan kembal atau mendatangi kembali blog yang anda miliki. Ini artinya setelah seseorang yang datang untuk pertama kali, dia kemudian tertarik untuk datang untuk kedua kalinya dan seterusnya.
Lalu bagaimana kita bisa mengetahui visitor datang lebih dari satu kali atau return visitor? Nah caranya anda cukup menginstall Google Analytics pada blog Anda. dari Google Analytics ini kemudian Anda perlu melihat indikasi return visitor ini di bagian audience overview tersebut.

2. Bounce Rate dan Avg. Session Duration
Berikutnya, ciri dan tanda bahwa blog Anda disukai, disenangi dan dibaca banyak orang yang kedua adalah adanya bounce rate dan avg. session duration. Apa itu yang disebut dengan bounce rate dan avg. session duration?
Bounce rate adalah persentase banyaknya visitor yang hanya mengunjungi 1 halaman atau pages dari situs Anda dan setelah itu pergi meninggalkan blog Anda.

Sedangkan Avg. session duration merupakan lamanya waktu yang dihabiskan oleh visitor dalam 1 sesi kunjungan yaitu dimana umumnya 1 sesi dihitung per 30 menit.
Nah dari sini diperoleh kesimpulan bahwa semakin rendah bounce rate suatu blog maka semakin baik pula nilai blog Anda, dan begitu juga sebaliknya, Sedangkan untuk avg. Session duration sendiri adalah berlaku ketentuan bahwa semakin lama waktu dari avg. session duration blog Anda maka artinya blog Anda sudah bernilai baik, nah karena itu pertanda bahwa blog banyak disukai visitor atau pengunjung yang banyak menghabiskan waktu untuk mengulik isi blog tersebut.

3. Komentar
Selanjutnya, ciri dan tanda bahwa sebuah blog disukai, disenangi dan dibaca banyak orang yang ketiga yaitu banyak komentar yang muncul. Ya, komentar memang akan selalu menjadi ukuran atau standar bahwa visitor atau pengunjung yang telah membaca dengan tuntas dan merespon isi blog tersebut. Nah dari sini berlaku ketentuan bahwa semakin banyak orang yang berkomentar di blog Anda tersebut maka itu artinya semakin dapat mencerminkan bahwa blog tersebut disukai, disenangi dan dibaca oleh banyak orang.

Tapi khusus untuk komponen yang satu ini Anda perlu memperhatikan baik-baik bahwa komentar yang dihitung sebagai pertanda disukainya suatu blog adalah komentar yang benar-benar sebuah komentar atas isi artikel blog tersebut, bukanlah komentar yang berupa promosi atau komentar spam lainnya atau juga komentar bisa berupa link blog yang hanya ingin sekedar meninggalkan backlink untuk blognya sendiri.

4. Share atau Back link
Hal yang satu ini juga mencerminkan bahwa blog Anda disukai, disenangi dan dibaca oleh banyak orang adalah adanya back link blog Anda yang dilakukan orang lain yang mungkin tidak Anda kenali. Dan tidak hanya sekedar back link semata, adanya sharing artikel atau tulisan yang Anda tulis oleh visitor atau pengunjung Anda juga menunjukkan bahwa blog Anda disukai, disenangi dan dibaca orang. Satu hal lagi jika ada visitor atau pengunjung yang kemudian merekomendasikan blog Anda maka itu juga sebuah tanda bahwa blog Anda disukai, disenangi dan dibaca oleh banyak netizen.

5. Subscriber atau Followers
Yang terakhir, ciri dan tanda bahwa blog disukai, disenangi dan dibaca oleh banyak orang adalah adanya jumlah subscriber atau followers yang banyak. Apa itu subscriber? Subscriber adalah orang-orang yang sudah mendaftarkan email mereka masing-masing untuk berlangganan dan mengikuti blog Anda tersebut. Subscriber ini bisa dibilang semacam follower atau pengikut dalam media sosial, namun di blog atau youtube istilahnya adalah subscriber. Subscriber juga bisa diibaratkan sebagai pelanggan artikel-artikel blog Anda.

Nah maka dari itu subscriber ini adalah hal yang penting untuk siapapun yang ingin blognya populer dan dapat menghasilkan uang. Maka dari itu cobalah membuat konten-konten yang orisinil dan bermanfaat bagi banyak orang agar kemudian banyak visitor atau pengunjung yang mendaftarkan emailnya sebagai tanda ia menjadi subscriber.

Itulah 5 Ciri Blog Yang Disukai Oleh Banyak Visitor/Pengunjung yang bisa anda terapkan di blog anda masing-masing dan kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih
Komentar