3 Cara Menjepret Foto di Lock Screen iOS 10 Dengan Cepat

3 Cara Menjepret Foto di Lock Screen iOS 10 Dengan Cepat, Penggemar fotografi, pasti kenal dengan istilah “mengejar momen” atau “momen yang tidak akan terulang kembali” dalam setiap kejadian. Nah jika anda suka mengambil gambar dengan perangkat iPhone, ada 3 cara cepat untuk mengakses mode menjepret kamera di iOS 10. Apa saja cara yang dapat anda lakukan? Berikut ini daftarnya silahkan di simak baik-baik.

1. SWIPE DI LOCK SCREEN IOS 10


Apple menghapus Slide to Unlock di iOS 10 dengan maksud yang cukup jelas. Yaitu menghadirkan akses mode Widget dan menjepret foto dengan lebih mudah yaitu swipe ke kanan untuk Widget dan Notification Center dan kiri untuk akses app Camera atau mode menjepret foto dengan cepat.

Ya, anda tinggal menekan Home Button atau Power Butoon di mode layar terkunci, setelah itu swipe dari kanan ke kiri untuk mendapatkan mode menjepret kamera. Pilih mode video, foto, Slo-Mo atau beberapa hal lannya dari tampilan yang sudah tersedia. Setelah itu tekan icon kotak di bagian kanan bawah untuk melihat semua daftar atau hasil foto yang sudah anda jepret.

Untuk melihat semua foto di Camera Roll, anda harus membuka Passcode Lock terlebih dahulu ya. Sebagai catatan, anda juga bisa mematikan fitur akses cepat ini dari mode Restrictions. Yaitu dengan melalui Settings – General – Restrictons – Camera OFF.

2. MINTA BANTUAN SIRI


Yah, anda bisa meminta Siri untuk membuka aplikasi Camera dari Lock Screen atau ditengah penggunaan Homescreen. tersebut dan tinggal ucapkan Hey Siri Open Camera atau kalimat-kalimat sejenisnya, maka Camera akan terbuka dan siap digunakan. Contoh kegiatan ini adalah saat anda sedang repot atau sibuk memasang iPhone di tripod, docking atau sejenisnya dan anda membutuh akses cepat ke Camera saat itu juga.

3. LEWAT WIDGET


Beberapa aplikasi fotografi di App Store sudah mendukung Widget di iOS 10 ini. Fiturnya juga beragam, namun salah satu yang bisa anda gunakan adalah tombol untuk akses cepat di kamera. Sebagai contohnya saya menggunakan Lightroom for iOS, ada Widget untuk shortuct ke kamera depan atau kamera belakang yang bisa langsung anda pilih lewat swipe dari kiri ke kanan dari Locscreen atau swipe dari atas ke bawah untuk Home Screen.

Perlu anda ketahui, jika anda menggunakan mode Widget ini dari Lock Screen, Lightroom akan meminta ijn akses Passcode Lock terlebih dahulu. Jadi sebetulnya bisa dibilang tidak terlalu cepat – dibandingkan dengan cara pertama tadi. Tetapi jika dibandingkan dengan langkah membuka Passcode Lock, mencari aplikasi Lightroom di Homescreen dan memilih mode foto, dan tentunya cara ini bisa dibilang lebih hemat beberapa langkah.

TIPS TAMBAHAN, PRESERVE SETTINGS
Jika anda sudah menggunakan iOS 10.2 di perangkat iPhone anda, Apple punya Preserve Settings yang dapat membantu anda menetapkan mode menjepret agar selalu sama. Misalkan anda sedang dalam perjalanan mendaki gunung dan ingin mengambil banyak gambar Panorama, silahkan gunakan pengaturan ini.

Caranya adalah masuk ke Settings – Photo & Camera – Preserve Settings – Camera Mode. Nah sekarang silahkan masuk ke app Camera, pilih mode Pano dan keluar. Akses Camera dari Lock Screen, maka mode Pano (terakhir digunakan) akan menjadi mode default yang langsung siap untuk anda gunakan.
Komentar