7 Cara Cepat Berhenti Merokok yang Sudah Terbukti Berhasil

Andai seorang perokok tahu bahwa sebatang rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, banyak diantaranya bersifat racun dan menyebabkan kanker. Menghisap rokok setiap hari sama saja seperti menumpuk racun dalam tubuh yang nantinya akan berdampak buruk bagi kesehatan anda mendatang. Mulai sekarang cobalah untuk berhenti merokok dan rasakan manfaatnya pada tubuh!

Cara berhenti merokok bagi seorang pecandu rokok terkadang adalah sesuatu hal yang sangat mustahil. Pasalnya, banyak para perokok yang bilang bahwa merokok adalah suatu kebiasaan bahkan adalah suatu kebutuhan sehari-hari. Ibarat orang makan nasi, maka merokok pun juga sama halnya dengan menyantap nasi yang dimakan setiap harinya. Dan lebih parahnya lagi adalah ketika seseorang yang sudah menjadi pecandu rokok hingga orang tersebut mengatakan bahwa jika dia disuruh memilih antara makan nasi atau rokok, orang tersebut justru lebih memilih rokok daripada nasi. Ini berarti rokok sudah mengakar dan menancap menjadi candu di dalam tubuh seseorang


Begitu banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan setelah berhenti mengisap tembakau gulung mematikan ini. Adapun manfaat berhenti merokok antara lain:

Performa hubungan intim jauh lebih baik
Berhenti merokok dapat membuat peredaran darah jauh menjadi lebih lancar. Apabila sirkulasi darah anda lancar maka secara otomatis akan berpengaruh terhadap sensitivitas anda dalam berhubungan. Baik pria ataupun wanita akan mendapatkan dampak yang sama.

Terhindar dari stres
Mungkin anda berfikir merokok dapat mengatasi stres karena ia mengandung nikotin. Namun jangan salah paham, sebenarnya itu hanya gejala putus obat dari nikotin dan merokok bisa menenangkan jiwa.

Perlu anda ketetahui nikotin bukanlah obat pereda stres, sifatnya hanya sementara saja. Justru menurut penelitian tingkat stres orang yang berhenti merokok akan menurun dari pada saat mereka masih merokok.

Terhindar dari penyakit mematikan
Risiko terkena kanker paru-paru, hipertensi, serangan jantung, stroke, kanker lidah, kanker mulut, kanker rahim, semuanya akan menurun setelah anda memutuskan untuk berhenti merokok. Percayalah!

Terlihat lebih muda
Merokok bisa mengurangi asupan oksigen ke kulit, sehingga membuat kulit anda terlihat lebih tua. Akan tetapi ketika berhenti merokok kulit anda akan mendapatkan lebih banyak asupan oksigen, sehingga dapat mencegah penuaan dini dan munculnya keriput.

Manfaat berhenti merokok tidak hanya berdampak pada kesehatan diri anda saja, tetapi juga pada bisa menghemat pengeluaran anda. Bayangkan sehari anda menghabiskan sebungkus rokok dengan harga kurang lebih Rp. 13.000, maka dalam sebulan anda bisa menghemat Rp. 390.000.
Itu baru sebulan, hitung lagi untuk setahun, berarti anda bisa menghemat Rp. 4.680.000. Uang sebesar itu bisa anda gunakan untuk hal yang lebih berguna, tidak hanya sekedar terbakar dan merugikan bagi kesehatan diri sendiri. Betul kan?

1. Fokuslah pada manfaatnya
Sangat banyak sekali manfaat kesehatan ketika anda memutuskan untuk berhenti merokok sekarang juga, beberapa diantaranya sudah saya sebutkan diatas. Tak hanya bagi diri sendiri, tapi manfaat berhenti merokok diatas juga bisa dirasakan oleh keluarga anda.
Misalnya untuk diri sendiri, cobalah berfikir berhenti merokok itu dapat membuat wajah terlihat lebih tampan, cantik, rupawan, awet muda, dan berseri. Dengan anggapan semacam ini, sedikit demi sedikit anda akan mulai menjauhi rokok.

2. Cari kesibukan
Jika anda ingin berhasil untuk berhenti merokok anda bisa memulai dihari pertama dengan cara menyibukkan diri anda dengan aktifitas anda sehari-hari. Jangan sampai terjebak dalam kesendirian sehingga dapat menimbul keinginan anda untuk merokok lagi, cari kegiatan yang lebih intens dan membuat anda lupa untuk merokok seperti berenang, berolahraga, bersepeda, dan lain-lain. Dengan aktifitas yang banyak dan terlalu padatnya waktu akan membuat anda semakin melupakan keinginan anda untuk merokok karena tidak ada waktu untuk melakukan buruk itu.

3. Minum lebih banyak air putih
Dengan mengkonsumsi air putih juga bisa membantu anda untuk berhenti merokok karena tidak akan nikmat rasanya jika merokok dengan ditemani air putih. Jadi perbanyak minum air putih, selain bagus untuk kesehatan tubuh anda air putih juga dapat sangat membantu anda untuk berhenti dari kebiasaan buruk merokok yang bisa merusak kesehatan tubuh anda.

4. Hisaplah Permen
Mungkin hari-hari anda mengalami yang namanya stress karena belum terbiasa untuk tidak merokok. Cara mudah mengatasinya adalah dengan menghisap permen. Beberapa orang yang telah berhasil berhenti merokok melakukan cara ini dan sudah terbukti berhasil. Menghisap permen sebagai bentuk pengalihan pikiran anda terhadap rokok itu sendiri.

5. Tanamkan Rasa Malu
Tanamkan rasa malu pada diri anda sendiri. Caranya cukup mudah, ketika anda ingin merokok carilah tempat yang sepi yang tidak ada seorang pun yang dapat melihat anda merokok. Jika ada orang lain yang lewat di depan anda segera sembunyikan dan matikan rokok anda secepatnya. Ingat! ulangi cara ini setiap kali bertemu orang. Setiap anda merokok anda hanya boleh melakukannya di tempat  sepi dan tidak ada seorang pun. Jika ada orang yang melewati atau melihat anda, segera matikan rokok tersebut dan sembunyikan. Dan lama-kelamaan anda akan terbiasa dan anda akan malu yang pada akhirnya anda akan meninggalkan rokok anda dimana pun anda berada.

6. Kunjungi tempat tanpa asap rokok
Cobalah untuk menghabiskan waktu luang anda berjam-jam sehari dimana merokok tidak diperbolehkan, seperti misalnya perpustakaan atau toko buku. Namun apabila anda ingin ngopi atau nongkrong bareng temen, saya sarankan untuk memilih no-smoking area atau daerah tanpa asap rokok.

7. Berpikirlah positif
Jangan lah anda berpikir berhenti merokok sebagai sebuah pengorbanan. Dan berpikirlah bahwa anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan menjauh rokok atau tidak merokok.

Bagaimana, anda tertarik untuk mencoba? itulah beberapa cara berhenti merokok  yang bisa anda coba. Tetapi semua kembali kepada niat diri sendiri untuk berhenti merokok. Sebelum memulai, baca artikel ini berulang kali agar dapat terbentuk niat yang kuat dalam diri masing-masing. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Komentar