0
Home  ›  Android  ›  PC

Aplikasi Android Terbaik Untuk Transfer File Android Ke PC via WiFi

Aplikasi Android Terbaik Untuk Transfer File Android Ke PC via WiFi, Apakah anda pernah mengalami kesulitan untuk mentransfer atau mengirim file baik musik, foto ataupun yang lainnya dari Android ke PC atau sebaliknya? Misalnya, bluetooth anda sedang bermasalah atau ketika anda lupa membawa kabel USB ke kantor dan tidak ada card reader padahal anda sangat membutuhkan file tersebut yang ada pada smartphone android anda.

Salah satu keunggulan android adalah banyaknya aplikasi yang mampu memberikan alternatif untuk bisa kita gunakan. Sebagai contoh saja dari permasalahan yang terjadi atas, kita bisa menggunakan Wi-Fi sebagai media transfer file yang praktis. Selain itu juga, transfer file melalui WiFi memiliki kelebihan yaitu lebih mudah, lebih cepat dan mengurangi beban kabel data yang dilepas-pasang pada komputer.

Dan terdapat banyak aplikasi pada Google Play yang mendukung transfer file dari android ke PC atau sebaliknya. Berikut ini adalah 5 aplikasi android terbaik untuk mengkoneksikan android dengan PC melalui Wi-Fi beserta langkah-langkahnya. Silahkan di simak baik-baik.

Airdroid


Airdroid adalah aplikasi terbaik untuk memindahkan file antara PC dan Android, Aplikasi Airdroid ini berukuran sekitar 17 MB dan mempunyai rating tertinggi untuk tranfer data nirkabel.

Aplikasi Airdroid memiliki desain yang menarik dan sangat mudah digunakan. Beberapa fitur utama Airdroid adalah transfer file menggunakan WiFi , mengatur ringtone, SMS melalui PC, memainkan musik, menggunakan kamera dan screenshot dari PC , dan masih banyak lagi. Aplikasi Airdroid ini juga memungkinkan anda untuk copy-paste teks dari Android ke PC dan sebaliknya menggunakan fitur Clipboard.

Aplikasi Airdroid telah didownload oleh jutaan orang dan memiliki rating 4,5 di Google Play Store. Untuk cara menggunakannya pun cukup terbilang mudah yaitu bisa dengan menggunakan Portable WiFi Android atau juga bisa dengan sesama WiFi Access Point. Aplikasi Airdroid akan memberikan alamat URL yang bisa anda akses melalui browser pada PC ketika telah terkoneksi pada WiFi.

Xender


Xender adalah aplikasi mentransfer/mengrim data cross-platform melalui WiFi. Cukup dengan mengkoneksikan dua perangkat pada jaringan yang sama, Aplikasi Xender ini dapat digunakan untuk berbagi video, musik, foto, dan lain sebagainya dengan mudah dan cepat.

Aplikasi Xender ini berukuran sekitar 8 MB sudah mempunyai kelebihan yaitu transfer file yang sangat cepat, bahkan jika dibandingkan dengan transfer data melalui bluetooth. Xender juga bisa digunakan untuk transfer data dari Android dan iPad atau iPhone.
Salah satu fitur andalan Aplikasi Xender ini adalah ‘remote desktop‘ yang sangat menarik. Anda bisa membuat dua tampilan yang serupa pada Android dan PC, misalnya saja untuk slideshow foto. Anda bisa menggunakan smartphone untuk me-remote tampilan yang ada pada layar PC atau laptop.

Untuk cara menggunakan Aplikasi Xender juga sangat lah mudah, scan QR Code yang ada pada website Xender dan otomatis PC dan smartphone anda akan terkoneksi. Selain itu juga bisa menggunakan URL seperti halnya Aplikasi Airdroid.

Remote Web Desktop


Remote Web Desktop adalah aplikasi transfer/mengirim data dari Android ke PC dan sebaliknya menggunakan Wi-Fi yang paling ringan, yaitu hanya sebesar 2,72 MB. Aplikasi Remote Web Desktop yang diproduksi oleh SmartDog Studio HK ini juga cukup bagus dengan rating 4,4.

Meskipun terbilang berukuran kecil, Remote Web Desktop mampu melakukan banyak hal diantaranya Media Player untuk memainkan audio dan video, File Explorer, SMS, WiFi Keyboard, WebCam dan juga Screenshot.

Aplikasi Remote Web Desktop  ini sangat lah cocok bagi anda yang tidak ingin ribet untuk transfer atau mengirim data dari Android ke PC. Aplikasi Remote Web Desktop menggunakan metode server yang memberikan URL untuk diakses dari PC, hampir sama dengan Aplikasi AirDroid dan Aplikasi Xender. Remote Web Desktop juga bisa menggunakan WiFi portable Android.

SHAREit


SHAREit diklaim merupakan aplikasi yang memiliki kecepatan transfer atau mengirim data cross-platform tercepat. Aplikasi SHAREit ini bisa digunakan untuk mentransfer semua data tanpa Kabel USB dan tanpa koneksi internet dengan kecepatan mencapai 200x lebih cepat daripada dengan bluetooth.
Aplikasi SHAREit ini berukuran 5,6 Mb cukup ringan dan memiliki user interface yang menarik.

ES File Explorer


Selain memiliki fungsi utama sebagai File Manager, Aplikas ES File Explorer ini ternyata juga memiliki banyak fungsi lainnya, salah satunya adalah File Transfer melalui WiFi. Mungkin banyak yang belum mengetahui fitur ini, namun Aplikasi ES File Explorer telah menjadi salah satu File Manager yang paling banyak digunakan.
Jika aplikasi lain menggunakan protokol HTTP, Aplikasi ES File Explorer memilih berbeda dengan menggunakan protokol FTP.

Untuk cara penggunaannya pun sebenarnya relatif sama. Koneksikan PC dan Android ke jaringan WiFi yang sama kemudian buka Aplikasi ES File Explorer tersebut. Dari dashboard, pilih menu Remote Manager. ES File Explorer akan menampilkan alamat FTP yang bisa anda akses dengan PC anda dan anda pun bisa mendownload semua data yang ada pada smartphone android dengan mudah.

Nah, itu tadi adalah aplikasi terbaik yang bisa anda gunakan untuk transfer file dari Android ke Laptop atau PC menggunakan WiFi. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki masing-masing aplikasi tersebut, anda bisa memilih aplikasi mana yang akan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan fitur yang anda inginkan.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS