Cara Memindahkan Data hp Android ke hp Android Lain

Cara Memindahkan Data hp Android ke hp Android Lain, Setiap orang pasti pernah atau akan mengalami kejadian ini yaitu berganti smartphone Android lama ke ponsel baru . Sederhana memang, istilahnya anda meng-upgrade smartphone Android anda ke smartphone keluaran terbaru. Tidak hanya di negara Indonesia saja, mayoritas pengguna smartphone Android pasti akan memiliki keinginan untuk membeli smartphone yang baru dirilis ketika pertama kali melihat keunggulan/kecanggihan smartphone baru tersebut, meskipun smartphone Android yang digunakan masih dalam keadaan masih normal atau masih bisa digunakan.

Berganti smartphone android bisa menjadi permasalahan tersendiri. Masalah tersebut adalah bisa atau tidaknya anda membawa seluruh data dan aplikasi yang ada pada smartphone yang lama ke smartphone baru? Tidak seperti transfer data antara Android dan iOS yang bisa dilakukan dengan integrasi melalui layanan cloud, Google pun mempunyai banyak cara yang bisa digunakan untuk memindahkan data dan aplikasi dari smartphone android lama ke smartphone android baru.

Nah, dengan menggunakan tools yang tepat seperti tools Google ini, aplikasi pihak-ketiga ataupun cara lainnya, anda bisa dengan mudah memindahkan data dari smartphone lama ke smartphone yang baru. Dengan sedikit kerja, anda bisa mendapatkan backup data yang bisa anda gunakan sewaktu-waktu dengan perangkat baru.


Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda jalankan/tempuh untuk memindahkan data dari smartphone Android lama ke smartphone Android baru.

Jalankan Backup Ponsel
Hal pertama yang wajib anda ingat adalah pastikan anda telah menggunakan akun Google milik anda pada smartphone Android. Buka Settings kemudian cari menu Backup and Reset. Menu ini bisa berbeda lokasinya tergantung dari device yang digunakan.

Pastikan opsi Back up my data and Automatic restore sudah anda aktifkan dan sudah terhubung dengan akun Google. Hal ini digunakan untuk meyakinkan bahwa dalam data aplikasi dan berbagai pengaturan smartphone terkirim ke server Google. Data-data tersebut akan siap digunakan ketika anda login ke smartphone Android yang baru. Cara ini memungkinkan data dan pengaturan yang anda gunakan pada smartphone lama akan berpindah ke smartphone baru, termasuk password Wi-Fi yang sudah tersimpan.


Beberapa vendor smartphone memiliki fitur backup tersendiri. Salah satunya adalah Merk Samsung. Jika anda menggunakan smartphone Samsung, anda bisa juga menggunakan fitur Back up my data dari akun Samsung anda. Dengan  cara ini anda akan membackup sms, log telfon, kontak dan akun email yang sudah anda gunakan untuk Samsung Apps tersebut. Anda juga bisa memilih apa saja yang ingin di backup dan ini adalah kelebihan dari Samsung Backup mengingat Google tidak memberikan opsi backup pada log telfon dan sms.

Transfer SMS, MMS dan Pesan WhatsApp
Memindahkan SMS dan MMS biasanya tidak banyak dilakukan setiap orang. Selain karena penggunaan SMS dan MMS yang sudah menurun dan sudah tergantikan dengan WhatsApp, BBM,Line maupun aplikasi chatting lainnya.

Untuk membackup pesan WhatsApp, anda bisa menggunakan fitur backup yang disediakan WhatsApp dengan Google Drive. Hal ini tentu sudah jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan cara yang lain.


Aplikasi Lain Untuk Memindahkan Data Dengan Mudah

Seperti yang sudah saya sampaikan di awal, beberapa vendor  dari smartphone memang menawarkan aplikasi tertentu untuk memindahkan data dari smartphone Android lama ke smartphone Android baru. Samsung dan Motorola adalah dua vendor smartphone yang menawarkan aplikasi khusus tersebut untuk memindahkan data dari smartphone Android lama ke Smartphone Android baru.
Komentar