0
Home  ›  Android

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru dengan Cepat

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru dengan Cepat, kalau anda sudah lama menggunakan smartphone android, pasti anda sudah tahu kalau setiap tahun Google melakukan upgrade OS android ke versi terbaru untuk memberikan fitur baru dan perbaikan kinerja. Dari mulai OS ginggerbread, ice cream sandwich, jelly bean, kitkat, lollipop dan yang paling terbaru adalah marsmellow. Semuanya memberikan perbaikan kinerja yang lebih bagus dan lebih cepat ini yang membuat android sangat berkembang pesat melebihi produk apple yaitu Iphone.

Apple memaksa pengguna Iphone untuk membeli handset keluaran terbaru agar bisa menikmati sistem oprasi terbaru dari Apple tapi tidak dengan android. Android versi lama sekalipun bisa di upgrade ke OS terbaru. Dengan begitu, anda bisa menikmati android lama dengan sistem operasi atau OS terbaru.

Lalu Bagaimana Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru?
Upgrade android itu sekilas terlihat mudah. Tinggal download filenya lalu pasang padahal caranya tidak seperti itu. Tidak semua smartphone android akan mendapatkan update versi OS. Jadi, ini akan menjadi masalah besar bagi pemilik android versi lama. Coba baca Alasan mengapa android tidak mendapatkan update.

Normalnya, cara upgrade OS android ke versi terbaru itu sangat mudah. Karena setiap android memiliki OTA (over the air) pembaruan.

Anda tinggal masuk ke menu Setting → About phone → Pilih Pembaruan Sistem → Dan klik Periksa Pembaruan.


Nah, jika pembaruan tersedia maka anda akan disuruh mendownload file pembaruan dan memasang file tersebut untuk mulai upgrade android. Tetapi , jika tidak ada pembaruan berarti produsen ponsel android yang sobat beli tidak memberikan upgrade sistem android tersebut atau mungkin saja ada pembaruan tetapi tidak terdeteksi di OTA.

Jika masalahnya seperti itu, anda bisa upgrade android dengan cara masuk ke situs resminya langsung dan mencari pembaruan versi disana. Dulu milik saya juga seperti itu saat pertama beli, OS android masih kitkat. dan sekarang sudah saya upgrade OS nya ke lollipop. Waktu itu, pembaruan memang tidak tersedia di OTA. Tapi setelah saya masuk ke situs resminya, saya menemukan pembaruan OS android versi terbaru disana.
Untuk itu, jika anda tidak menemukan pembaruan di sistem, anda bisa masuk langsung ke situs resminya.

Semisal anda pengguna zenfone 4 dengan sistem oprasi kitkat, anda bisa masuk ke www.asus.com untuk mendapatkan upgrade android ke lollipop atau untuk pengguna smartphone lain juga bisa kunjungi situs resmi dari smartphone masing-masing untuk bisa upgrade OS android ke versi terbaru.

Tapi bagaimana jika pembaruan masih tidak tersedia setelah melakukan kedua cara upgrade android tersebut? 

Tenang. Jika anda sangat ingin sekali upgrade OS android ke versi terbaru, anda bisa pakai kustom ROM untuk android anda.

Kustom ROM adalah cara yang bagus untuk upgrade OS Android ke versi terbaru. Kustom ROM itu sama seperti update sistem biasa tapi update sistem ini tidak resmi dari Google melainkan dari orang- orang yang suka oprek android. Mereka selalu berkreasi dan membantu untuk menciptakan kustom ROM bagi pengguna android yang tidak mendapatkan update sistem resmi dari google.

Dan anda bisa menemukan custom rom untuk android anda di : Forum XDA Developers Atau anda cari di Google dengan kata kunci "Kustom Rom (Merk android yang anda gunakan)"

Anda  tinggal cari kustom ROM yang cocok untuk android anda. Jadi jangan hawatir, meskipun android anda sudah tua atau jadul, anda tetap bisa mencicipi android versi terbaru yang di rilis saat ini. Gunakan cara upgrade android yang terakhir ini sebagai solusi 

Jika android anda tidak mendapatkan update sistem resmi dari google.

Semoga berhasil dan Selamat menikmati android dengan OS versi terbaru.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS