0
Home  ›  Android

Cara Meningkatkan Kapasitas Baterai Yang Mulai Ngedrop di Android

Cara Meningkatkan Kapasitas Baterai Yang Mulai Ngedrop di Android, Smartphone android kini  benar-benar merajai pasar dunia saat ini. Orang-orang kini banyak yang memilih menggunakan smartphone yang berbasis android. Selain mempunyai banyak fitur menarik dan lengkap, android juga dianggap lebih murah dibanding merk dan operasi sistem lain.

Namun dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki android, terdapat satu celah kelemahan yang dimilikinya yaitu pada daya tahan baterai android itu sendiri. Daya tahan baterai pada smartphone android memang boleh dikatakan cukup mengecewakan, walaupun hal ini juga terjadi pada hampir semua smartphone yang sudah. Terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di background membuat baterai tersebut lebih cepat habis. Apalagi, saat pemakaian smartphone secara terus-menerus dalam jangka waktu lama pasti juga menyebabkan daya tampung baterai smartphone tidak lagi maksimal dan cenderung lebih cepat habis alias nge-drop.

Meskipun hal tersebut diatasi dengan maraknya penjualan powerbank, namun tetap tidak dapat menyelesaikan masalah karena powerbank pun juga akan mengalami penurunan kapasitas penyimpanan energi. Dan di sisi lain, membawa powerbank dan men-charge smartphone sambil melakukan aktivitas juga menjadi hal yang kurang nyaman bukan?


Untuk itu saya mencoba menulis tentang cara memaksimalkan kembali kapasitas atau daya tampung pada baterai smartphone android yang mulai drop. Ikuti langkah-langkah berikut ini dengan teliti sehingga anda bisa untuk mencobanya.

Meningkatkan Daya Tampung/Kapasitas Baterai yang mulai Drop tanpa Root
1. Matikan smartphone android anda.
2. Nyalakan kembali smartphone android anda, kemudian biarkan tanpa pemakaian sampai dengan baterai benar-benar habis dan mati dengan sendirinya.
3. Kemudian colokkan charger smartphone anda dan tunggu sampai layar menunjukkan baterai terlah terisi penuh 100%. Dan Ingat, charging dilakukan dalam kondisi smartphone mati.
4. Jangan terburu-buru menyalakan smartphone. Tunggu sampai benar-benar terisi 100% lalu lepaskan charger smartphone.
5. Setelah terisi 100% dan charger dilepas, nyalakan smartphone android anda. Saat sudah nyala, terlihat baterai tidak penuh 100%. Tancapkan kembali charger smartphone lalu biarkan  proses charging sampai 100%.
6. Jika baterai sudah penuh, lepaskan charger lalu restart smartphone android anda. Jika setelah restart baterai anda tidak benar-benar 100% atau masih kurang dari 100%, tancapkan kembali charger dan setelah itu biarkan sampai kembali penuh 100% di layar.
7. Setelah penuh 100%, restart kembali smartphone android anda dan ulangi sampai anda melihat baterai smartphone anda dalam keadaan 100% pada saat mulai restart dan kembali hidup (tidak berubah, tetap 100%)
8. Lalu biarkan smartphone anda menyala tanpa penggunaan sampai baterai habis 0% dan smartphone mati.
9. Setelah mati, anda boleh kembali melakukan charging tanpa interupsi sampai penuh.
10. Selesai, anda telah sukses me-reset baterai smartphone android.

Cara Meningkatkan Daya Tampung/Kapasitas Baterai yang mulai Drop atau Reset Baterai dengan Root
1. Pastikan smartphone anda sudah di-root lalu Download aplikasi battery calibration.
2. Tancapkan charger dan lakukan pengisian sampai dengan 100%
3. Tanpa mencabut charger, jalankan aplikasi battery calibration dengan akses root.
4. Kemudian klik tombol calibartion untuk mulai mengkalibrasi baterai smartphone android.
5. Setelah selesai proses kalibrasi, lepaskan charger lalu biarkan baterai habis sampai 0% tanpa pemakaian.
6. Nah, proses reset kapasitas baterai selesai. Baterai smartphone anda akan memiliki daya tahan lebih lama daripada sebelumnya.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS