Penyebab Utama dan Cara Herbal, Tradisional Mengatasi Sakit Pinggang

Penyebab Utama dan Cara Herbal, Tradisional Mengatasi Sakit Pinggang, Sakit pinggang dapat dialami oleh siapa saja, namun kebanyakan dari orang dewasa dan para orang tua umumnya memiliki resiko tinggi terkena  masalah sakit pinggang ini. Hal ini disebabkan karena kondisi  tubuh orang tua dan dewasa struktur tubuh tidak lagi dalam masa pertumbuhan sehingga bersifat tetap dan hanya mengalami perbaikan-perbaikan saja.

Sakit pinggang adalah kondisi yang nyeri bahkan pada tingkat parah akan terasa sangat sakit di wilayah pinggang. Gejala umum pada orang yang menderita sakit pinggang biasanya ditandai dengan ada rasa nyeri atau sakit yang disertai dengan kesemutan pada sekitar pinggang terutama pada bagian tulang belakang.


Terbatasnya pergerakan tulang belakang saat pada posisi duduk atau bersandar serta pada tingkat pembiaran dalam waktu yang lama akan menyebabkan perubahan postur tubuh itu sendiri. Berikut adalah penyebab utama sakit pinggang yang sering terjadi pada seseorang.


6 Penyebab Utama Sakit Pinggang Pada Seseorang

1. Adanya Kondisi Penyempitan Tulang Belakang
Kondisi penyempitan pada tulang belakang adalah kondisi dimana syaraf tulang bagian belakang mendapat tekanan dari tulang belakang itu sendiri akibat posisinya yang tidak normal, akibatnya penekanan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada sekitar wilayah pinggang.

2. Adanya Cedera Pada Sendi
Pada kasus cedera sendi biasanya terjadi pada orang yang sudah dewasa khususnya para orang lanjut usia. Hal disebabkan karena bagian sendi pada bagian tulang belakang tersebut mendapat tekanan dari tulang rawan hingga merubah posisi syaraf tulang belakang. Kondisi seperti ini terjadi akibat mengangkat beban yang terlalu berat dan adanya salah gerak saat menjalani aktifitas.

3. Indikasi Penyakit Ginjal
Adanya indikasi penyakit ginjal pada seseorang juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit pinggang tersebut. Untuk kasus sakit gagal ginjal akut dapat menyebabkan rasa sakit sekitar bagian pinggang akan menjadi semakin parah.

Hal ini disebabkan karena ginjal yang tidak berfungsi lagi akan menyebabkan penyaringan cairan pada tubuh manusia tidak berjalan secara normal, akibatnya kemudian cairan elektrolit pada tubuh tersebut akan menjadi tidak seimbang lagi dari batas normal cairan tubuh itu sendiri.

4. Adanya Kelainan Postur Tubuh Sejak Lahir
Beberapa kelainan-kelainan pada postur tubuh seperti kiposis, skoliosis, dan lordosis akan menyebabkan sakit pinggang yang berlarut-larut dan akan semakin parah apabila dibiarkan saja tanpa adanya penanganan medis. Kondisi bawaan dari sejak lahir ini sebenarnya bisa ditangani sedini mungkin bila telah diketahui sejak awal.

5. Penyakit Osteoporosis
Penyakit osteoporosis adalah suatu penyakit yang menyerang bagian tulang pada seseorang, akibatnya tulang akan rapuh dan lemah sehingga tidak dapat menjalani fungsinya lagi secara normal.

Pada kasus tertentu, penyakit osteoporosis ini lebih banya menyerang pada kaum perempuan terutama yang telah mengalami menopause. Perubahan hormon pada tubuh akibat menoupose ini  dapat melemahkan fungsi kalsium pada tubuh akibatnya memicu sakit pinggang yang berkepanjangan.

Pada sebagian penderita sakit pinggang akibat penyakit osteoporosis ini sebenarnya dapat dicegah sejak awal dengan selalu mengkonsumsi minuman dan makanan yang mengandung zat kalsium sejak masih masa pertumbuhan sampai beranjak dewasa.


6. Obesitas atau Kelebihan Berat Badan
Bagi seseorang yang menderita kelebihan berat badan atau biasa disebut dengan obesitas dapat menyebabkan terjadinya sakit pinggang.  Hal ini terjadi berat badan yang menumpuk tersebut akan memberikan tekanan besar pada semua bagian otot tubuh dan persendian tidak terkecuali pada bagian tulang belakang. Akibatnya timbul rasa nyeri dan sakit pada sekitar wilayah pinggang seseorang.

Cara Mengatasi Dan Mencegah Terjadinya Sakit Pinggang
Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam rangka mengatasi dan mencegah terjadinya sakit pinggang. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya!
  • Rutin memeriksakan kesehatanHal ini perlu dilakukan minimal setidaknya 6 bulan sekali, hal diperuntukkan agar seseorang dapat selalu mengetahui kondisi kesehatannya sehingga bisa sedini mungkin menjaga atau mencegah bahkan mengobati suatu penyakit tidak terkecuali sakit pinggang yang tentunya dapat menyerang dikemudian hari. Hal ini juga dapat berlaku bagi mereka yang telah mengalami sakit pinggang, memeriksakan kepada tim medis adalah cara terbaik yang harus anda lakukan agar mendapatkan penanganan medis untuk mengatasi sakit pinggang yang sudah terlanjur diderita.
  • Rajin berolahragaDalam rangka menjaga kelenturan otot dan sendi pada tubuh kita sehingga otot dan sendi pun bisa melaksanakn fungsinya secara normal.
  • Tidak MerokokMengapa demikian? Karena zat-zat racun pada rokok dapat menyebabkan melemahnya syaraf dan jaringan pada tubuh manusia. Ketika syaraf dan jaringan tubuh tersebut tidak berfungsi dengan baik maka akan berpotensi melemahnya organ-organ tubuh pula terutama tulang belakang yang dapat menyebabkan sakit pinggang.
  • Selalu menjaga aktivitas tubuh secara baikMenjaga setiap gerak atau aktivitas secara baik merupakan salah satu mencegah terjadinya penyakit pinggang pada seseorang. Istirahat secara cukup, menjaga posisi tubuh mulai dari duduk, bersandar, berbaring bahkan saat mengangkat beban yang berat. Contoh dalam hal menjaga aktivitas tubuh secara baik, dengan demikian tentunya dapat mengurangi resiko cidera otot dan sendi terutama pada tulang belakang yang dapat menimbulkan sakit pinggang pada seseorang.
  • Menjaga pola makan dengan gizi seimbangHal ini dimaksudkan agar tubuh tercukupi dalam hal gizi dan zat penting lainnya. Bila hal itu terpenuhi, maka secara normal setiap organ-organ pada tubuh pun berfungsi dengan normal terutama pada tulang.
Komentar