0
Home  ›  Kesehatan

Tips Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis dan Sembab

Tips Cara Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis dan Sembab, Sebenarnya bukan mata yang bengkak namun kantung mata. Kantung mata manusia adalah bagian kulit yang paling sensitif ditambah lagi pada bagian kulit ini sangat tipis dan rentan membengkak.

Sering sekali seseorang mengalami mata bengkak yang terjadi pada area sekitar kantung mata baik itu di akibatkan oleh sengaja maupun tidak sengaja, dan ketika seseorang mengalami mata bengkak tentu saja ini akan membuatnya menjadi tidak nyaman.

Biasanya hal yang paling sering terjadi akibat membengkak nya kantung mata yaitu saat seseorang terjaga dari tidurnya di pagi hari yang diakibatkan oleh menangis semalaman atau bisa juga akibat terlalu lama tidur sehingga di pagi hari matanya akan terlihat membengkak. Tentunya dengan kondisi mata seperti itu pasti akan membuat diri kita menjadi PD atau kurang percaya diri sehingga kita malu untuk keluar rumah.


Penyebab Mata Bengkak Setelah Menangis :
Banyak yang bertanya mengapa sehabis menangis mata menjadi bengkak ? Jawabannya adalah karena pada saat kita menangis akan terjadi peningkatan aliran darah di area wajah sehingga dapat memicu terjadinya pembengkakan di kulit bawah mata. Atau bisa juga dikarenakan cairan mata yang mengandung garam bisa menyebabkan mata menjadi merah dan pembuluh darah tersebut di bawah kulit mata yang tipis akan membesar.

Tips Menghilangkan Mata Bengkak Setelah Menangis :

1. Kompres Mata Dengan Kentang
Kentang mempunyai kandungan asam sifat dan asam fosfat yang dapat bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit. Sehingga secara medis dapat mengatasi mata bengkak.

Caranya: Tumbuk kentang hingga halus kemudian bungkus dengan kain tips lalu direndam seketika bersama air hangat untuk dikompres pada mata.

2. Kompres Mata Dengan Timun
Timun adalah buah yang memang sangat efektif untuk masalah kesehatan terutama pada mata, karena kandungan astringent di dalamnya mampu mengurangi mata bengkak.

Caranya: Belahlah timun berbentuk bulat tipis, kemudian tempel kan pada area mata saat hendak tidur.

3. Kompres Mata Dengan Kantung Teh
Teh merupakan olahan dari daun tanaman yang memiliki kandungan bernama tanin. Dan tanin ini dapat bermanfaat untuk membentuk kepadatan serta kelenturan sehingga mampu mengatasi mata bengkak.

Caranya: Gunakan kantung teh celup bekas dan hangatkan kembali, lalu kompreslah pada mata selama lebih kurang 15 menit
.
4. Kompres Mata Dengan Air Es
Air dingin sangat bermanfaat dan menjadi salah satu cara lama yang sudah banyak dilakukan untuk mengkompres pada bagian-bagian tubuh yang mengalami pembengkakan seperti pada kantung mata tersebut.

Caranya: Pertama basahi kain sapu tangan atau handuk menggunakan air es batu. Lalu kompreskan pada mata selama beberapa menit secara berulang-ulang.

Sebenarnya mata bengkak akibat menangis ini biasanya akan menghilang dalam beberapa hari, namun bagi anda yang tidak sabar ingin menghilangkan nya dalam waktu cukup singkat gunakan lah cara diatas. Demikianlah tips cara menghilangkan mata sembab dan bengkak secara alami dengan cepat. Semoga bermanfaat!

Tips Tambahan:

- Hindari Konsumsi Garam

Saat kantung mata mengalami pembengkakan sebaiknya anda tidak mengkonsumsi garam setidaknya sampai mata anda telah sembuh. Kandungan natrium pada garam dapat meningkatkan ritinsi air yang akan memperparah mata bengkak.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS