Inilah Tips Penting Untuk Keamanan Apple ID Agar Tidak Diblokir

Inilah Tips Penting Untuk Keamanan Apple ID Agar Tidak Diblokir, Anda pengguna beragam produk Apple seperti iPad, Mac, iPhone, dan lain sebagainya? Tentu saja anda sudah punya Apple ID kan? Iya, setiap pengguna produk Apple pasti sangat dianjurkan untuk memiliki Apple ID untuk bisa memaksimalkan penggunaan perangkatnya.

Cara membuat Apple ID juga mudah dan gratis. Anda bisa menggunakan email apapun untuk menjadi akun Apple ID dan bisa anda gunakan di perangkat Apple seperti iPhone, iPad, Mac, dan lain sebagainya.

Hanya saja, masalah keamanan Apple ID ini kadang luput dari perhatian pengguna. Apakah anda tidak peduli dengan masalah keamanan Apple ID di perangkat iPhone anda misalnya. Bagaimana jika Apple ID anda tiba-tiba diblokir karena dianggap tidak aman?


Jangan khawatir, karena anda bisa mengamankan Apple ID agar senantiasa tetap aman dan mencegah agar tidak diblokir.  Berikut ini adalah 8 tips penting seputar keamanan Apple ID agar tidak diblokir dan tetap aman.

Gunakan Pertanyaan Keamanan Yang Hanya Anda yang Tahu
Setelah membuat password Apple ID, anda juga diharuskan untuk membuat pertanyaan keamanan atau biasa disebut dengan security question. Ingat! Pertanyaan ini bersifat rahasia dan hanya anda sendiri yang boleh mengetahuinya.

Kalau tidak salah, akan ada 3 pertanyaan keamanan rahasia yang harus anda isi. Jangan sampai anda lupa dengan pertanyaan serta jawabannya ya. Pertanyaan keamanan ini sangat bermanfaat ketika anda hendak melakukan reset password Apple ID.

Pastikan pertanyaan keamanan dan jawaban tersebut adalah bersifat rahasia dan tidak boleh diketahui oleh orang lain. Tentu saja hal ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti dibobol atau dihack.

Atur Password yang Unik dan Susah Ditebak
Salah satu peraturan dasar yang tidak boleh anda lupakan adalah aturan membuat password yang aman serta kuat. Iya, pastikan anda menggunakan password Apple ID yang unik dan tetap kuat serta sulit ditebak oleh siapapun.

Sebenarnya Apple sudah memberikan beberapa tips keamanan dengan cara memberikan aturan password Apple ID. Ketika anda mendaftar Apple ID, anda tentu disuruh untuk membuat password Apple ID.

Nah, Apple mengharuskan anda untuk menggunakan minimal 8 karakter dan juga terdapat kombinasi huruf kapital ( huruf besar ), serta minimal satu karakter angka. Dan jika password Apple ID tidak memenuhi kriteria dan aturan dasar seperti itu, maka password yang anda buat tadi tidak akan disetujui.

Meskipun harus mematuhi beragam aturan dasar yang ribet dan rumit, anda tetap bisa membuat password yang susah ditebak namun tetap mudah anda ingat. Tentu saja, jangan sampai terlalu mudah juga ya.

Jangan Mengubah Region Apple ID
Anda pasti tahu bahwa setiap region pasti ada aplikasi-aplikasi unik yang hanya tersedia di region tertentu. Misalnya saja aplikasi lokal negara Indonesia seperti contohnya Gojek hanya bisa anda download jika anda menggunakan Apple ID region Indonesia saja.

Masalahnya, beragam aplikasi super canggih dan keren justru hanya ada di region tertentu saja. Contoh paling mudah adalah peluncuran Pokemon GO beberapa saat lalu yang masih belum bisa anda download di region Indonesia.

Anda harus ganti region ke US atau region lain yang sudah tersedia aplikasi yang anda inginkan tersebut. Namun, apakah anda tahu jika mengganti region Apple ID sembarangan tidak aman dan bisa saja menyebabkan Apple ID diblokir oleh pihak Apple?

Anda memang sangat tidak disarankan untuk mengganti region Apple ID. Meskipun demikian, anda bisa membuat akun Apple ID baru dengan region lain seperti Apple ID region US.

Jangan Pinjam Meminjam Apple ID
Pinjam dan meminjam Apple ID sepertinya bukan hal yang baru di kalangan pengguna perangkat Apple seperti iPhone ataupun iPad. Namun apakah anda tahu ada bahaya tersembunyi dari jasa usaha peminjaman Apple ID?

Saat ini banyak sekali pihak yang masih juga mengadakan usaha jasa meminjam Apple ID yang bisa anda gunakan. Anda memang bisa download aplikasi, game, hingga lagu di Apple ID itu karena akun Apple ID tersebut sudah diisi oleh beragam konten App Store hingga iTunes Store.

Saran saya, jangan pernah anda menggunakan jasa pinjam meminjam Apple ID. Jika ada uang, lebih baik gunakan uang tersebut untuk membeli konten App Store atau iTunes Store yang anda inginkan.

Gunakan Recovery Email
Anda harus memiliki email pemulihan ataupun recovery email yang harus anda tautkan ke akun Apple ID anda. Hal ini bisa meningkatkan keamanan Apple ID menjadi lebih baik karena jika sewaktu-waktu anda butuh reset password, anda bisa gunakan recovery email.

Pastikan recovery email ini bisa anda akses. Anda bisa menggunakan email apa saja untuk tujuan pemilihan dan pastikan email tersebut email yang masih aktif dan bukan email fiktif karena biasanya anda akan dikirimi kode recovery ke email tersebut.

Pastikan Jaringan Aman untuk Login Apple ID
Pastikan juga anda memiliki jaringan yang aman untuk login Apple ID. Bisa saja jaringan tersebut bisa memata-matai aktivitas anda, termasuk aktivitas login Apple ID. Bagaimana jika data anda seperti username dan password dicuri?

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan jaringan yang anda yakin aman seperti jaringan di rumah atau di tempat terpercaya. Jika anda menemukan wifi gratis di suatu tempat, lebih baik tunda dulu keinginan anda untuk login ke akun Apple ID.

Jangan Login di Sembarang Komputer atau Laptop
Login Apple ID di sembarang tempat juga bisa membuat Apple ID anda tidak aman dan bisa saja diblokir jika dicurigai ada aktivitas-aktivitas yang tidak wajar. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk login Apple ID di sembarang tempat untuk tetap menjaga keamanan Apple ID.

Anda akan mendapatkan email dan peringatan ketika anda login di komputer PC atau laptop yang sebelumnya belum pernah anda gunakan untuk login Apple ID. Peringatan tersebut tentu saja  adalah peringatan keamanan yang penting untuk anda perhatikan.
Komentar