0
Home  ›  PC

3 Cara Cepat Mengoptimalkan Performa RAM Diwindows

3 Cara Cepat Mengoptimalkan Performa RAM Diwindows, Random Access Memory atau lebih umum disebut dengan RAM mungkin sudah anda kenal sejak awal anda mengenal sebuah PC. RAM merupakan memori utama yang digunakan untuk melakukan penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. Fungsi adanya perangkat ini tidak lain yaitu sebagai alat pendukung bagi prosesor untuk melakukkan segala proses computing. Kecepatan dan kapasitas RAM memiliki hubungan yang erat dengan kinerja pada komputer.


Mungkin sebelumnya anda pernah mengalami ketika RAM sudah lumayan besar, tetapi kinerja dari perangkat komputer atau laptop masih belum memenuhi keinginan. Kalau kejadian seperti itu, mungkin anda perlu melakukan beberapa optimalisasi pada RAM. Saya telah melakukan beberapa langkah yang cukup sederhana yang ternyata mampu meningkatkan proses kinerja RAM pada perangkat anda. Berikut inilah ulasan selengkapnya, Cekidot!

3 Cara Mudah Mengoptimalkan Performa RAM Pada Windows

1. Aplikasi Pihak Ketiga


Pilihan aplikasi ini digunakan tidak lain untuk mempercepat sebuah kinerja RAM. Namun, aplikasi yang harus anda gunakan juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti contohnya pada beberapa antivirus yang sekaligus digunakan untuk tweak, tapi anda instal aplikasi lagi untuk melakukan booster. Saat ini untuk aplikasi pihak ketiga, saya menggunakan sebuah aplikasi bernama CCleaner pada Windows.

2. Gunakan Task Manager


Salah satu cara yang cukup sederhana adalah dengan menggunakan Task Manager yang ada pada sistem operasi di perangkat komputer maupun laptop anda . Lewat Task Manager ini, anda dapat memantau seluruh kegiatan maupun proses yang berjalan pada perangkat komputer maupun pada laptop.

Untuk melakukan akses pada Task Manager, setiap sistem operasi memiliki cara berbeda. Misalnya saja untuk Windows, anda dapat mengakses sebuah Task Manager dengan melakukan klik kanan pada Start Taskbar dan pilih Task Manager. Maka anda akan mendapatkan jendela yang menampilkan keseluruhan proses. Matikan aplikasi yang berjalan yang tidak anda butuhkan.

3. Disable Startup Apps


Langkah ini merupakan langkah Advance setelah anda memantau seluruh proses yang berjalan pada komputer ataupun pada laptop. Aplikasi startup merupakan seluruh program yang otomatis akan dijalankan ketika komputer atau laptop dihidupkan. Semakin banyak program yang dijalankan, tentunya proses juga akan semakin berat atau lambat.


Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah disable aplikasi Startup. Jika anda pengguna Windows 8, anda dapat melakukannya pada tab Startup pada Task Manager, atau melalui msconfig jika anda pengguna Windows 7.caranya masuk RUN melalui keyboard dengan mengetikkan Windows + R, kemudian akan muncul jendela Run. Kemudian, ketikkan msconfig di jendela Run tersebut. Selanjutnya akan muncul jendela msconfig seperti di bawah ini. Uncheck aplikasi yang anda rasa tidak perlu berjalan otomatis setelah komputer atau laptop dihidupkan.

Nah, itu dia bagaimaa cara mengoptimalkan performa RAM pada system operasi Windows. Dengan melakukan cara-cara tersebut, terbukti kinerja PC saya bisa lebih baik. Anda pernah mencoba cara-cara itu juga? Silakan share pengalaman anda mencobanya di kolom komentar di bawah ini ya.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS