0
Home  ›  IOS

8 Aksesoris Khusus MacBook Pro yang Wajib Kamu Miliki

8 Aksesoris Khusus MacBook Pro yang Wajib Kamu Miliki, Perangkat MacBook Pro menjadi salah satu komputer Mac portabel yang paling laris untuk saat ini. Bentuknya serta warna yang solid, spesifikasi mumpuni dan layar lega (15 inci dan 13 inci) adalah beberapa hal menarik jika dibandingkan dengan komputer MacBook 12 inci atau MacBook Air. Ingin menggunakan MacBook Pro anda untuk bekerja dengan lebih maksimal? Simak dengan seksama  8 aksesoris yang dapat anda beli serta menemani komputer MBP bekerja di kantor dan di rumah. Berikut inilah daftarnya:


1. KABEL THUNDERBOLT



Kabel Thunderbolt generasi 1 dan 2 dengan menggunakan port yang sama dengan Mini Display, dan ini bisa digunakan untuk beberapa kegiatan penting. Anda bisa membeli kabel Thunderbolt dari Apple Store dan menggunakannya untuk Target Disk Mode, Target Display Mode atau terhubung ke hard disk eksternal dengan port Thunderbolt. Dengan kecepatan transfer data yang didukung mencapati angka 10Gbps untuk perangkat yang mendukung teknologi Thunderbolt 2 dan separuhnya pada generasi pertama.

Apple menjual Thunderbolt Cable dengan 2 warna yaitu putih dan hitam. Dari segi panjangnya, ada 2 edisi yaitu 0.5 meter dan ada juga 2 meter. Saran saya jika anda ingin membeli kabel ini, pilih yang menggunakan panjang 2 meter agar bisa lebih fleksibel terutama saat ingin menggunakan Target Display Mode.


2. KABEL ADAPTER UNTUK DISPLAY



Sebagai seorang mahasiswa atau sebagai karyawan di kantor, pasti anda akan memiliki kesempatan untuk presentasi di depan teman serta rekan kerja. Untuk menghubungkan MacBook Pro ke LCD Proyektor, anda membutuhkan kabel display adapter yang tepat ya. Misalkan saja untuk pengguna MacBook Pro non Retina Display dan Retina Display, bisa menggunakan Mini Display to VGA Adapter. Opsi lain yang bisa digunakan oleh pengguna MBP Retina Display yaitu kabel HDMI di port tersebut yang ada pada sisi kanan.

3. USB HUB


MacBook Pro non Retina Display serta Retina Display hanya dibekali dengan 2 port USB saja. Jika anda punya banyak aksesoris tambahan dengan port USB, bisa membeli aksesoris USB HUB untuk mencabangkan kabel USB yang dibutuhkan. Mulai dari Flash Drive Mouse, atau mungkin Hard Disk eksternal dan kabel Lightning ke perangkat iPhone anda.

Tips untuk memilih USB HUB yang benar dan aman, pastikan anda membeli dari merek ternama dan sebisa mungkin dengan mode port listrik terpisah jika terdapat lebih dari 8 port USB. Beberapa merek yang menarik dan mendapatkan banyak review positif yaitu Anker, Belkin, serta Juiced System.

4. ADAPTER UNTUK PORT ETHERNET


Pengguna MacBook Pro Retina pastinya sadar bahwa komputernyat tidak memiliki sebuah port LAN alias Ethernet. Hal ini terkadang menjadi kendala terutama untuk anda yang sering bepergian keluar negeri, menghinap di hotel tau yang tidak menyediakan koneksi Wi-Fi, namun masih mengandalkan kabel LAN. Solusi paling mudah saat membeli adapter Thunderbolt to Gigabit Ethernet dari Apple. Aksesoris ini akan mengubah port Thunderbolt yang ada di MacBook Pro Retina Display atau mungkin MacBook Air agar dapat terhubung ke jaringan LAN.

Solusi lain yang lebih murah yaitu menggunakan adapter pihak ketiga dengan koneksi USB to Ethernet. Untuk masalah pengaturan, silahkan masuk ke System Preferences – Network atau anda juga bisa membaca halaman panduan dari merek aksesoris yang anda gunakan.


5. HARD DISK EKSTERNAL


Aksesoris hard disk eksternal rasanya sudah menjadi kebutuhan wajib untuk pengguan di komputer. Fungsinya tentu saja untuk menyimpan sebuah data cadangan alias backup atau mode Time Machine alias mencadangkan data dan sistem dari komputer Mac yang anda gunakan. Dengan menggunakan Time Machine, anda bisa mengembalikan data yang hilang atau mengecek dokumen yang sama dalam versi penyimpanan beberapa waktu lalu.
Media penyimpanan data secara eksternal lainnya yang juga populer yaitu Flash Drive. Anda bisa membeli Flash Drive dengan beberapa pilihan kapasitas penyimpanan dan gunakan sesuai kebutuhan. Saya pribadi mempunyai beberapa Flash Drive yang selalu ada di dalam tas dengan isian yang berbeda-beda. Dua Flash Drive pertama berisi bootable installer OS X El Capitan dan macOS Sierra, sedangkan Flash Drive ketiga berisi data dan dokumen pribadi.

6. EARPHONE UNTUK PENGGEMAR MUSIK


Gunakan Earphone untuk mendengarkan musik ataupun memutar film dari perangkat MacBook Pro anda tanpa mengganggu privasi teman kerja. Anda juga bisa menggunakan EarPods bawaan dari perangkat iPhone atau mungkin beli secara terpisah, sesuai budget dan selera musik yang sering anda gunakan. Kebanyakan Earohone yang beredar di pasaran menggunakan port Jack Audio 3.5 mm yang dapat digunakan secara langsung di komputer Mac atau bisa juga menggunakan Earphone dengan koneksi Bluetooth.

7. DOCKING


Docking adalah aksesoris untuk meletakkan MacBook Pro agar dapat digunakan dalam sudut pandang yang lebih nyaman atau dilengkapi beberapa port tambahan. Merek Docking yang cukup terkenal adalah Henge Dock dengan bentuk vertikal atau horisontal. Produk ini menawarkan kelebihan berupa bentuk dan warna yang senada dengan komputer Mac serta port lebih lengkap.


8. ADAPTER CHARGER


Khusus untuk anda yang sering bepergian keluar negeri, tentunya port adapter di MagSafe harus tampil menyesuaikan ya. Misalkan saja adapter soket listrik dengan bentuk kaki 2 untuk di Indonesia, kaki tiga pipih untuk di Singapura atua mungkin lainnya. Solusi murahnya adalah membeli aksesoris Universal Travel Adapter yang banyak tersedia di toko elektronik atau peralatan rumah tangga.

Namun jika anda ingin tampil lebih menarik, aksesoris PlugBug World bisa jadi solusi yang unik. Bentuknya adalah adapter untuk MagSafe sekaligus sebuah charger USB untuk perangkat gadget seperti iPhone serta iPad. Dengan PlugBug World, anda bisa menghubungkan MagSafe ke colokan listrik sekaligus charger USB.

Masih banyak lagi aksesoris menarik yang bisa anda gunakan bersama MacBook Pro untuk kegiatan bekerja atau membuat tampilannya lebih personal. Seperti contohnya keyboard cover, stiker untuk bagian sekitaran logo Apple di depan atau mungkin cairan pembersih layar dan lap khusus. Dari 8 aksesoris di atas, mana yang menjadi favorit anda dan sering digunakan setiap hari? Atau mungkin anda punya tambahan aksesoris menarik lainnya? Silahkan bagikan di kolom komentar ya!
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS