Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dalam 4 Langkah Mudah

Semua pasti tau apa itu kartu SIM Card, SIM Card termasuk salah satu jenis dari Micro SIM yang berfungsi untuk alat untuk menyimpan dan menjadi alat tambahan untuk dapat berkomunikasi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Tanpa adanya SIM Card ini maka Android tidak akan pernah bisa digunakan untuk berkomukasi, baik itu Telepon, SMS dan Internet.


Di era yang modern sekarang ini perkembangan Smartphone android semakin lama semakin canggih. Nah, kebanyakan smartphone canggih pasti mengadopsi model yang tipis. Dan untuk membuat desain yang tipis membutuhkan beberapa bagian dalam yang dibuat ringkas dan sedikit lebih simple.

Sebagai contohnya anda bisa melihat produk dari SAMSUNG, yang mempersempit bagian SIM Card-nya, sehingga mewajibkan penguna untuk memotong agar pas dan bisa dipasang. Dan inilah yang menjadi permasalahan pengguna smartphone di Indonesia yang memotong SIM Card dengan alat potong yang tidak seharusnya digunakan. Sehingga hal tersebut dapat membuat Android tidak bisa membaca SIM Card yang telah di pasang. Atau mungkin hal tersebut bisa saja terjadi karena potongan yang kurang pas karena jika sedikit saja potongan meleceng maka SIM Card juga tidak akan terdeteksi di android.

Selain dari pada itu, ada beberapa Penyebab Lain Yang dapat Membuat SIM Card Tidak Mau Terbaca. Dan berikut penyebabnya.
  • Kepanasan. Sebuah perangkat teknologi apabila sedang mengalami panas yang berlebihan (Overheat ) maka akan membuat perangkat tersebut cepat rusak atau error, termasuk pada bagian SIM Card. Panas yang berlebihan karena aktifitas gaming atau internet maka bisa membuat SIM Card terbakar atau meleleh, karena kita tahu bahwa SIM Card terbuat dari bahan kuningan dan plastik.
  • Jalur Kuningan Rusak. Seperti yang kita tahu bahwa pada bagian bawah SIM Card terlihat warna kuning yang artinya itu merupakan bagian terpenting dari sebuah SIM Card. Bagian tersebut sangat sensitif, jika ada benda lain yang membuat kuningan SIM Card tergores terlalu dalam dan membuat jalur kuningan terputus maka akan terjadi kerusakan, sehingga SIM Card tersebut tidak akan terbaca lagi oleh Android.
  • Jika anda memang sudah lama memakai sebuah SIM Card lebih dari 5 tahun maka hal ini sangatlah wajar saja jika SIM Card anda sudah tidak terbaca lagi karena SIM Card sudah usang dan sudah tidak layak untuk digunakan lagi. Selain itu, keadaan kuningan SIM Card juga sudah tidak begitu baik, mungkin sudah sedikit berwarna hitam. Untuk itu lah anda sebaiknya ganti SIM Card anda dengan yang baru.
Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca dalam  4 Langkah Mudah
Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, selanjutnya adalah solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa metode yang bisa anda coba untuk Mengatas SIM Card  yang Tidak Terdeteksi Sama Sekali.  Langsung saja simak beberapa langkah berikut ini.

1.  Coba Dengan SIM Card Jenis Lain
Jika SIM Card anda tidak terbaca, coba dengan SIM Card jenis provider lainnya. Jika tidak punya, pinjam teman atau saudara anda. Dan apabila SIM Card orang lain bisa terbaca sedangkan SIM Card anda tidak terbaca kemungkinan besar provider dari SIM Card anda memang terjadi masalah atau error.

2. Tanyakan Kepada Customer Service Operator
Jika beberapa metode diatas tidak mengatasi permasalah, cobalah mengunjungi Customer Service operator terdekat di Kota anda. Tanyakan mengenai SIM Card yang tidak terbaca tersebut. Apabila kartu SIM Card yang sedang anda gunakan memang  benar-benar rusak maka anda akan mendapat ganti yang baru dan nomornya tetap sama seperti nomor sebelumnya.

3. Matikan Smartphone Android anda
Cara yang paling mudah yakni dengan mematikan smartphone android anda. kemudian lepaskan SIM Card, bersihkan dengan bahan yang halus seperti tisu atau semacamnya. Bersihkan juga pada bagain slot SIM Card, mungkin saja ada debu – debu yang menghalangi smartphone untuk membaca SIM Card. Setalah dibersihkan, cobalah untuk memasang dan menyalakan smartphone anda. Jika sinyal masih tidak muncul, cobalah untuk masuk pada mode pesawat selama beberapa menit, kemudian kembalikan ke mode normal.

4.  Factory Reset
Jika semua jenis SIM Card yang anda masukkan tidak terbaca sama sekali. Cobalah untuk melakukan Factory Riset atau mengembalikan Smartphone Android ke pengaturan pabrik. Cara ini memang terlalu beresiko karena nantinya semua konfigurasi Android anda akan hilang. Sebelum anda melakukan cara seperti ini, sebaiknya anda melakukan Backup pada data  yang dianggap penting supaya nantinya data anda tetap aman dan masih bisa di lihat kembali. Dan untuk melakukan reset Android, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Pertama silahkan anda buka Pengaturan
  • Setelan Tambahan
  • Buat Cadangan dan Reset
  • Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”
Komentar