0
Home  ›  Kesehatan

Cara Mengobati Mata Gatal Merah dan Berair Alami 100% Berhasil

Mata manusia bersifat sangat sensitif akan benturan atau pun kontak langsung dengan benda-benda yang halus seperti asap dan debu, sehingga mata pastinya akan sulit sekali untuk di jaga agar tetap sehat.


Tanpa sengaja ada saja benda halus yang masuk ke  dalam mata yang dapat membuat mata kita menjadi gatal sehingga rasa ingin garuk pun tidak dapat di hindari. Rasa gatal tersebut yang disebabkan adanya benda halus yang terkontaminasi dengan mata membuat mata menjadi sangat gatal.

Akibatnya kita sering kali garuk mata dan terjadilah infeksi ringan maupun berat yang dapat mengakibatkan mata menjadi merah serta berair. Bukan karena diakibatkan dengan adanya debu atau asap saja yang masuk ke mata, mata jadi gatal berair serta merah juga bisa di sebabkan oleh bakteri, tidak jarang kita merasakan mata terasa sangat gatal padahal tidak ada kotoran maupun debu yang masuk ke dalam mata.

Tentu saja hal ini sudah dipastikan karena adanya bakteri dalam mata kita, dan seperti biasanya saat mata gatal kita pasti kita akan menggaruk nya maka pada saat garuk inilah kesehatan mata akan bertambah parah, maka hanya akan memperburuk keadaan mata kita. Nah, dari itu sangatlah pantang seseorang mengucek-ngucek matanya, karena dapat menyebabkan iritasi pada mata.

Cara Mengobati Mata Gatal, Merah dan Berair Alami 100% Berhasil

1. Mentimun


Yang pertama adalah buah mentimun, buah ini memiliki sifat anti-virus iritasi yang membantu dalam mengurangi peradangan, bengkak, pembengkakan, serta iritasi yang berkontribusi terhadap mata gatal. Caranya adalah mencuci mentimun sampai benar-benar bersih kemudian iris menjadi irisan tipis. Dingin kan irisan mentimun sekitar 20 menit lalu kemudian menempatkan nya di atas mata Anda selama setidaknya 15 menit saja. Ulang proses ini sampai 5 kali dalam sehari.

2. Susu dingin


Susu juga sangat berkhasiat mengatasi mata merah, gatal dan berair namun disini kita bukan harus meminum susu akan tetapi menjadikan susu sebagai pemakaian luar, bagaimana caranya?

Caranya cukup dingin kan susu cair, kemudian sediakan kapas untuk dibasahi susu, lalu tempel kan kapas yang sudah di basah kan susu di atas kelopak mata. Cara ini lebih baik dilakukan saat hendak tidur.

3. Kompres dingin
Dengan melakukan mengompresi pada mata menggunakan air es atau air dingin dapat membantu meringankan rasa sakit dan membantu penyembuhan lebih cepat. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan merendam kain dalam air es dingin dan memasukkannya ke dalam mata Anda. Lakukan ini beberapa kali sehari.

4. Air dan garam
Jangan meremehkan air dan garam karena bisa juga untuk membantu dalam mengatasi sakit mata, berair dan gatal. Ketika digunakan sebagai bilasan mata, kombinasi yang baik untuk iritasi mata dan meradang dan lendir yang membantu membersihkan lendir di mata.

5. Air mawar
Murni air mawar yaitu salah satu yang paling efektif home remedies untuk mata gatal. Air mawar memiliki efek menenangkan dan pendinginan mata dan membantu membersihkan lendir di mata. Dapat digunakan dalam beberapa cara. Bilas mata dengan air mawar setidaknya 2 kali sehari. Anda juga dapat menggunakan air mawar ini sebagai tetes mata dengan cara menetaskan tiga tetes air mawar ke mata.

6. Teh hijau


Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung anti oksidan dan anti bakteri tinggi, termasuk memberikan bantuan dari gatal mata. Teh hijau membantu menenangkan mata dan memiliki manfaat anti-inflamasi. Rebus dua kantong dalam satu cangkir teh hijau. Biarkan hingga dingin benar-benar. Siram mata dua kali sehari dengan solusi sampai gejala mereda.

7. Daun Sirih
Daun sirih yang memiliki efek anti bakteri dan sangat bagus untuk ketajaman penglihatan mata Anda. Caranya adalah cukup mudah rebus 2 sirih dalam air mendidih 2 cangkir. Diamkan sampai dingin dan penggunaan air rebusan ini sirih untuk bilas mata Anda.

8. Kentang mentah
Anda pernah memakan kentang metah? Kentang yang mentah juga dapat membawa bantuan yang cepat dari mata gatal karena sifat zat mereka. Dengan demikian, mereka membantu mengurangi kemerahan dan peradangan. Potong kentang iris tipis mentah dan dingin kan dalam kulkas selama beberapa menit. Kemudian letakkan irisan kentang yang dingin di atas mata Anda sekitar 15-20 menit. Lakukan ini setiap hari selama dua atau tiga hari, di malam hari sebelum tidur.

9. Gel lidah buaya



Lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan melembabkan, lidah buaya adalah cara lain yang efektif untuk mengatasi mata kering, rasa sakit dan gatal. Anda dapat menggunakan gel lidah t buaya tersebut sebagai suatu pencuci mata.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS