0
Home  ›  PC

Cara Meningkatkan Keamanan Komputer dengan 5 Aplikasi Firewall

Cara Meningkatkan Keamanan Komputer dengan 5 Aplikasi Firewall, Firewall merupakan aplikasi yang sangat penting yang bertugas menjaga keamanan komputer anda dari serangan luar. Firewall akan mencegah akses tidak kenal yang hendak mengakses perangkat komputer anda, khususnya jika akses tersebut mengancam keamanan data pada komputer anda.


Hingga sampai saat ini, terdapat begitu banyak aplikasi Firewall yang ada di internet sehingga membuat banyak di antara kita bingung. Aplikasi Firewall mana yang sebaiknya kita gunakan dan benar-benar efektif melindungi perangkat komputer yang kita gunakan, baik dari segi fitur maupun penggunaannya?

5 Aplikasi Firewall Terbaik Untuk Meningkatkan Keamanan Komputer

Nah, biar anda tidak bingung, kali ini saya akan membahas sejumlah rekomendasi aplikasi Firewall yang bisa anda jadikan pilihan untuk meningkatkan keamanan perangkat komputer kalian. Apa saja sih? Yuk simak dengan baik-baik!



Untuk anda yang sering terkoneksi ke WiFi publik seperti di WiFi Id corner atau di tempat hotspot lainnya, anda bisa memanfaatkan Anti-Netcut 3 ini sebagai Firewall untuk melindungi koneksi komputer anda.

Seperti yang kita ketahui, jaringan publik merupakan sebuah jaringan yang diakses oleh banyak orang sehingga ada kemungkinan kalau di dalam jaringan publik tersebut terdapat pihak-pihak  jahat atau orang iseng yang berniat buruk melakukan ARP spoofing. Nah, Anti-Netcut 3 ini sendiri akan memastikan kalau orang tersebut tidak akan bisa melakukan ARP spoofing maupun memotong koneksi atau memanipulasi koneksi internet anda.

2. Comodo Free Firewall


Comodo Free Firewall merupakan salah satu Firewall favorit yang banyak digunakan oleh para pengguna di seluruh dunia. Khususnya mereka yang memang memahami betapa pentingnya menjaga keamanan komputer.

Comodo Free Firewall ini mempunyai kemampuan menghalau ARP attack, baik itu berupa spoofing dan poisoning. Selain itu, Comodo Firewall ini akan mengamankan segala bentuk koneksi yang anda lakukan ketika sedang online dan melakukan pengawasan pada koneksi yang menuju ke luar maupun yang masuk ke komputer anda serta adanya sistem HIPS yang akan melindungi data penting pada komputer anda agar tidak dimodifikasi oleh program asing yang disisipkan ke dalam komputer anda.

3. Peerblock


Peerblock merupakan aplikasi Firewall yang dibuat khusus untuk melindungi para pengguna yang sering melakukan koneksi peer to peer seperti sharing file melalui Torrent. Peerblock ini memungkinkan penggunanya untuk mengontrol komunikasi komputer satu ke komputer lain melalui internet, melakukan blokir pada server dan situs yang diketahui berbahaya, serta membuat daftar situs berbahaya milik anda sendiri. Pada pengaturan default, Peerblock ini juga bisa anda manfaatkan untuk melakukan blokir iklan dan spyware.

4. Tinywall


Apabila anda tidak begitu menyukai aplikasi Firewall yang berukuran besar karena dianggap membebani RAM, anda bisa mencoba Tinywall. Sesuai namanya, aplikasi Tinywall ini hanya berukuran 1 MB namun menawarkan sejumlah fitur yang  super canggih dan cukup baik.

Mulai dari fitur yang memungkinkan anda mengatur aplikasi apa saja yang bisa menggunakan jaringan internet anda, membatasi akses aplikasi hanya pada jaringan LAN saja, mendukung IPv6, pengaturan password, port dan domain blacklist serta pastinya secara aktif melakukan blokir pada berbagi jenis trojan dan virus.

5. ZoneAlarm Free Firewall


ZoneAlarm Free Firewall merupakan salah satu Firewall terkenal yang sering dibanding-bandingkan dengan Comodo Free Firewall. ZoneAlarm Free Firewall ini mampu menyembunyikan alamat IP anda agar dapat terhindar dari para penyerang sekaligus mencegah serangan yang sifatnya inbound dan outbound.

Selain itu, ZoneAlarm Free Firewall ini memiliki fitur monitoring untuk mengawasi program dengan perilaku mencurigakan serta akan memberikan sebuah peringatan ketika anda mengakses situs berbahaya dan peringatan ketika anda hendak mengunduh program yang dianggap berbahaya. Ditambah dengan fitur backup online, ZoneAlarm Free Firewall ini bisa menjadi salah satu pilihan utama anda.

Itulah tadi 5 aplikasi Firewall terbaik untuk meningkatkan keamanan komputer anda. Silakan pilih yang mana yang menurut anda sangat cocok dengan kebutuhan anda. Menurut pendapat pribadi saya, akan lebih baik jika anda memilih lebih dari satu aplikasi Firewall untuk membuat kombinasi yang lebih baik, misalnya mengombinasikan fitur ZoneAlarm Free Firewall serta fitur anti-ARP spoofing milik Netcut 3. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Terimakasih
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS