0
Home  ›  Android

Hindari 5 Aplikasi yang Terbukti Membuat Boros Baterai Android

Hindari 5 Aplikasi yang Terbukti Membuat Boros Baterai Android, Sebagai pengguna smartphone Android, borosnya baterai sudah menjadi teman kamu sehari-hari. Hal itu terjadi bukannya tanpa alasan, melainkan karena beberapa aplikasi yang memang memakan beban resource yang berlebihan, bahkan ketika kamu tidak sedang menggunakannya.


Karena itu saya sudah membuat sedikitnya daftar 5 aplikasi android yang sudah terbukti memakan beban baterai secara berlebihan sehingga dapat membuat boros baterai Android.


Hindari 5 Aplikasi Yang Terbukti Membuat Boros Baterai Android

1. Facebook
Di urutan pertama adalah facebook. Ini aplikasi yang memakan baterai cukup besar, karena prosesnya yang cukup banyak, seperti contohnya tambah pertemanan, notifikasi pesan, pemberitahuan dan lain-lain. Hanya saja, Facebook masih ada fitur menonaktifkan pemberitahuan, sehingga pemakaian baterai masih bisa dihemat dengan menggunakan fitur ini.

Solusinya, jika smartphone android anda benarbenar mengalami baterai boros, anda bisa meng-uninstall aplikasi Facebook ini, dan menggunakan Facebook di browser sebagai alternatif.

2. BBM (BlackBerry Messenger)
Iya, sudah terbukti bahwa aplikasi BBM membuat baterai boros. Kenapa? Bisa dilihat dari penggunaan ramnya, aplikasi BBM ini sudah memakan RAM yang cukup sangat besar, dan prosesnya yang terus berjalan mulai dari menerima invite, chat, broadcast, serta update status (timeline) yang membuat borosnya baterai di Android.

3. Email Client (GMail, Yahoo! Mail, dll)
Aplikasi email seperti Gmail serta Yahoo Mail memang menjadi salah satu pemakan baterai di Android. Tapi jika fitur sinkronisasi diaktifkan maka aplikasi tersebut akan secara berkala mengecek email yang masuk, dan hal tersebut tentu saja akan memakan sumber daya baterai, karena setiap saat sumber daya digunakan untuk mengecek sebuah email.


Solusinya adalah mematikan fitur auto-sinkronisasi, dengan begini, anda bisa mengecek email secara manual dan tidak akan mendapatkan notifikasi secara real-time.

4. Google Maps (dan segala aplikasi berbentuk Maping dan menggunakan GPS)
Kenapa Google Maps didaulat sebagai aplikasi yang memakan baterai hingga menjadi boros? Pertama. Karena Google Maps tersebut menggunakan fitur GPS, dimana fitur itu paling haus akan sumber daya. Yang kedua. Google Maps melakukan tracking ke setiap daerah yang dirayapi pengguna, maka secara tidak langsung penggunaan untuk melakukan download pada setiap peta yang ingin dilihat.

Tidak hanya Google Maps saja, aplikasi maping seperti Waze dan semacamnya juga merupakan aplikasi yang boros baterai.


5. Game Online atau Game dengan Grafik 3D
Tidak bisa dipungkiri lagi. Game adalah salah satu faktor kenapa baterai Android cepat habis atau boros. Tapi tahukah anda, pemakaian baterai game online atau game yang memiliki grafik 3D lebih besar dibanding game yang tidak online dan tidak 3D.

Tidak usah disebutkan lagi kenapa, tentu dengan menggunakan internet dan grafik 3D, Android akan bekerja lebih keras sehingga baterai bisa lebih cepat habis.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS