0
Home  ›  Android

5 Aplikasi Yang Terbukti Bisa Menghemat Memori Internal Android

5 Aplikasi Yang Terbukti Bisa Menghemat Memori Internal Android, Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi smartphone juga turut berkembang. Kini smartphone sudah yang tidak ada slot external storage juga telah menjadi sebuah tren yang terus merebak di antara masyarakat indonesia. Langkah tersebut memang bukan tanpa alasan. Smartphone-smartphone modern tersebut memang dilengkapi dengan internal storage yang besar sehingga slot eksternal dinilai menjadi kurang perlu lagi.

Akan tetapi, bagaimana jika internal storage yang besar tersebut masih tetap kurang untuk menyimpan hal-hal penting anda, seperti video atau foto pribadi? Maka dari itu, melalui artikel berikut telah saya pilihkan 5 aplikasi yang dapat menghemat memori atau storage Android.

Aplikasi-aplikasi penghemat memori Android tersebut termasuk dalam penghapus gambar duplikat maupun gambar tidak penting, hingga aplikasi yang dapat membersihkan file temporary dan junk yang ada di HP anda.

1. ClearMeOut


Aplikasi pertama yang masuk ke dalam list ini bernama ClearMeOut. Aplikasi ini dirancang oleh Indivisible Industries memang tidak memiliki tampilan yang friendly serta cantik, akan tetapi kemampuannya dalam menghemat kapasitas HP patut untuk diacungi jempol. ClearMeOut dapat anda manfaatkan untuk menghapus isi dari folder tertentu secara berkala. Anda bisa mengatur waktu yang tepat bagi aplikasi ini menghapus isi dari folder yang dikehendaki.

Bukan itu saja, ClearMeOut juga dapat menghapus subfolder yang ada di dalam folder tersebut secara mulus dan terjadwal dengan baik.

2. Gallery Doctor


Aplikasi kedua dalam list kita kali ini adalah Gallery Doctor yang diciptakan oleh tim dari AVG Labs. Aplikasi ini sangat powerful untuk membantu kamu dalam menghapus foto-foto yang tidak layak untuk disimpan. Foto tersebut meliputi foto yang blur, foto duplikat, bahkan foto dengan pencahayaan maupun sudut pengambilan yang jelek.

Gallery Doctor akan secara otomatis mencari semua foto yang ada di storage, dan memilahnya sehingga anda bisa memilih apakah sebuah foto memang layak untuk disimpan ataupun tidak. Bagus sekali kan untuk membantu menghemat storage yang ada di HP anda.

3. Google Photos


Aplikasi ketiga, namun bukan berarti tidak memiliki fitur yang powerful. Aplikasi ini bernama Google Photos dan ia sangat membantu anda jika ingin mem-backup foto-foto yang ada di storage Android ke media penyimpaan berbasis cloud. Seiring bertambahnya waktu, pasti device anda akan semakin dipenuhi oleh foto-foto dan video pribadi. Daripada menumpuk terus menerus, lebih baik anda backup ke media yang lebih lega, sehingga dapat anda akses di kemudian hari dan akan terbebas dari terhapus secara tidak sengaja. Maka dari itu, aplikasi Google Photos ini saya nilai cocok banget sebagai pendamping dari media penyimpanan foto anda.

4. CCleaner


Untuk anda yang sering bergelut di dunia komputer, pasti tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Setelah menjadi salah satu aplikasi pembersih terpopuler di komputer, CCleaner kini merambah dunia Android dengan menyubuhkan aplikasi yang sama powerful-nya dengan versi desktop. Ia dapat anda andalkan untuk membersihkan storage Android dari file-file tidak penting seperti temporary file, cache, thumbnail, hingga file APK yang tidak digunakan.

5. SD Maid


Aplikasi berikutnya adalah SD Maid. Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya yang telah kita bahas, SD Maid memiliki kemampuan yang handal dalam menghapus file-file temporary yang tidak digunakan lagi. namun aplikasi ini punya satu fitur yang menjadi andalannya, adalah Corpse Finder. Corpse Finder bisa anda gunakan untuk mencari dan menghapus file maupun folder yang ditinggalkan oleh aplikasi yang sudah di-uninstall sebelumnya, sehingga storage Android anda bisa lebih lega dan bersih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share