6 Langkah Memperbaiki Hardisk Yang Corrupt dengan Cepat dan Mudah

6 Langkah Memperbaiki Hardisk Yang Corrupt dengan Cepat dan Mudah, Cara memperbaiki harddisk seringkali dibutuhkan saat terjadi tidak terbaca atau bisa disebut dengan corrupt pada harddisk yang ada di komputer. Beberapa masalah komputer yang sering dialami oleh pengguna yaitu harddisk yang tidak terbaca. Padahal harddisk merupakan komponen yang sangat penting dan digunakan untuk menyimpan berbagai data. Karena itu lah disini saya akan membahas tentang 6 langkah dalam memperbaiki harddisk dengan cepat serta mudah serta harus kamu diperhatikan sehingga tidak merusak file dan data yang ada di dalamnya.



Cara pertama yang harus kamu lakukan dalam memperbaiki harddisk supaya bisa menyelamatkan data penting di dalamnya yaitu dengan memasangnya pada komputer lain sebagai external drive. Kamu bisa menggunakan konektor SATA to USB atau IDE to USB sesuai dengan jenis harddisk yang sedang kamu gunakan. Setelah di hubungkan dengan komputer yang masih normal, kemudian kamu ikuti langkah demi langkah di bawah ini :

1. Saat baru dipasangkan pada sebuah komputer sebagai external drive, maka biasanya akan muncul sebuah pertanyaan dari kotak dialog Windows yang menanyakan apakah kamu akan memformat drive tersebut atau tidak. Pastikan kamu memilih No pada kotak dialog yang muncul tersebut.

2. Selanjutnya klik pada Start lalu pilih My Computer. Setelah muncul Windows Explorer maka akan ditampilkan drive yang ada pada komputer kamu, termasuk external drive yang baru saja dipasang. Klik kanan pada drive tersebut lalu pilih Properties. Dalam windows yang muncul pilih pada tab Tools. Namun jika ternyata drive dari harddisk tersebut yang akan diperbaiki tidak muncul, kamu bisa langsung meloncat ke langkah nomor 5.


3. Di dalam bagian tab Tools silahkan kamu klik pada tombol Check Now untuk melakukan pengecekan eror yang ada pada harddisk tersebut. Jika muncul pertanyaan apakah kamu ingin Windows memperbaiki error yang ditemukan, maka centang pilihan tersebut. Selain itu centang juga pada pilihan Scan for and attempt recovery of bad sectors lalu klik Start. Jika kembali muncul peringatan untuk memformat karena harddisk tidak terbaca, pilih saja No

4. Jika dari ketiga langkah diatas masih belum berhasil, maka kamu juga bisa menggunakan Command Prompt. Klik Start > Run lalu ketikkan cmd kemudian tekan enter.

5. Pada jendela Command Prompt yang muncul, ketikkan nama drive yang akan diperbaiki diikuti dengan tanda titik dua. Misalnya drive tersebut adalah F, maka ketikkan F:, lalu tekan enter. Karena harddisk tersebut rusak, maka akan muncul pesan error The System Cannot Find the Drive Specified.

6. Ketikkan chkdsk kemudian tekan Enter. Setelah itu Windows akan mulai melakukan pengecekan secara otomatis, jika ditemukan error dan terdapat pilihan untuk memperbaikinya tekan Y


Dengan mengikuti beberapa langkah dalam cara memperbaiki harddisk maka kemungkinan data kamu masih dapat diselamatkan. Apabila kamu ada yang ingin di sampaikan tinggalkan komentar dibawah ini. Terimakasih dan jangan lupa untuk share artikel ini ya.
Komentar