Tips Membeli Kabel Data Lightning iPhone iPad iPod Touch

Tips Membeli Kabel Data Lightning iPhone iPad iPod Touch, Kabel data untuk perangkat iPhone, terkadang dianggap sebuah hal yang sangat sepele saja namun sebetulnya sangat vital. iya, karena dengan kabel data ini anda bisa melakukan proses charging atau sync perangkat iOS ke komputer via iTunes atau akses lewat software lainnya. Apa yang terjadi jika anda tidak mempunyai kabel data? Tentunya perangakat iPhone dan iPad yang anda gunakan, akan mati dan tidak bisa digunakan karena kehabisan baterai.


Di artikel ini  saya akan berbagi beberapa tips membeli kabel data bagi perangkat iOS. Karena saya sendiri sudah yakin bahwa sudah lebih banyak yang menggunakan Lightning Cable daripada 30 Pin, permbahasan ini saya buat khusus untuk kabel baru tersebut.


Tips Membeli Kabel Data Lightning iPhone iPad iPod Touch

1. AKSESORIS PIHAK KETIGA DENGAN STANDAR MFI
MFi merupakan singkatan dari Made For iPhone alias standar yang diberikan oleh Apple, kepada pabrikan aksesoris pihak ketiga yang membuat perangkat dengan kualitas sesuai kriteria. Pabrikan yang ingin membuat aksesoris dengan standar MFi harus mendaftar di laman yang disediakan oleh Apple. Setelah itu akses terhadap tools, dokumentasi dan logo sertifikat serta standar pengujian yang diperlukan dapat diperoleh.

Dengan membeli aksesoris yang menggunakan standar MFi, berarti anda sudah menggunakan aksesoris yang mengikuti ketentuan dari Apple. Terutama untuk bagian kecepatan transfer data dan juga kestabilan listrik yang digunakan saat charging.

Bagaimana ciri aksesoris yang sudah menggunakan standar MFi? Mudah saja, anda akan menemukan logo MFi di bagian kemasan aksesoris tersebut atau dari website mereka. Selain berupa kabel data, MFi Certificate juga berlaku untuk beberapa aksesoris lainnya. Seperti perangkat audio, HomeKit, aksesoris untuk teknologi Wi-Fi, Game Controller, Apple Watch, AirPlay, dan juga beragam lainnya.

2. JANGAN KOMPROMI, BELI YANG ASLI
Di laman Apple Store, harga produk Lightning to USB Cable (1 meter) adalah $19 – ini belum termasuk pajak pembelian online, misal saja anda membeli di Apple Online Store untuk Amerika Serikat yaitu sebesar 8% . Jika anda berada di negara Indonesia dan membelinya di Apple Authorized yang dapat dicek lokasinya harganya sekitar 300 ribu Rupiah.

Apple juga punya catatan khusus mengenai cara menghindari aksesoris palsu terutama Lightning to USB Cable dan juga USB Power Adapter. Beberapa tanda yang dapat anda cek adalah ketebalan kabel, kualitas bahan dan tentunya transfer data dan tegangan listrik yang stabil. Menggunakan kabel data palsu tentunya bisa berbahaya bagi perangkat iOS. Mulai dari kualitas bahan yang tidak sesua standar hingga paling parah adalah listrik yang tidak stabil saat charging dan mengganggu proses sync ke iTunes.

Saya sering menjumpai beberapa penjual aksesoris Lightning to USB dengan janji manis kualitas original namun harganya jauh di bawah ketentuan harga dari Apple. Jujur saja, sangat sulit untuk mengecek keaslian dan kualitas kabel tersebut, bahkan beberapa alat untuk mengecek kabel data Lightning to USB Cable yang pernah saya coba, kabarnya bisa dipalsukan dengan mudah

3. JANGAN TUNGGU KABEL LAMA RUSAK
Kebanyakan kesalahan pengguna perangkat iOS adalah mengandalkan sebuah kabel Lightning to USB saja untuk segala kondisi di rumah, kantor atau membawa saat bepergian. Hal ini sebetulnya cukup riskan karena jika terjadi kerusakan atau kabel hilang, anda akan kesulitan untuk melakukan charging dalam waktu dekat.

4. GARANSI PRODUK SECARA GLOBAL ATAU PENJUAL
Garansi untuk aksesoris yang anda gunakan juga menjadi hal yang penting. Misalkan anda membeli Lightning to USB Cable dari merek ternama yang menggunakan standar MFi, namun tidak mendapatkan garansi dalam waktu panjang atau mungkin tidak ada layanan purnajual yang diberikan.

Tentunya anda harus memastikan hal tersebut ya. Misalkan bertanya langsung kepada penjual aksesoris tersebut atau mencari info lebih lanjut, apakah ada distributor resmi untuk produk yang anda gunakan dan dapat menerima klaim secara mudah.

5. KUALITAS BAHAN DAN FITUR TAMBAHAN
Masih berhubungan dengan aksesoris standar MFi, kualitas bahan dan fitur tambahan yang diberikan juga bisa anda pertimbangkan. Ini karena aksesoris kabel Lightning to USB dari pihak ketiga punya beragam bentuk atau fitur tambahan yang bisa menarik calon pembeli.

Ambil contoh untuk kualitasnya saja, anda bisa mencari kabel Lightning to USB yang memiliki bahan ekstra kuat, dengan warna terang agar mudah dicari atau mungkin lebih pendek dari standar buatan Apple agar lebih mudah dibawa kemana saja. Sedangkan untuk fitur tambahan, ada beberapa merek kabel Lightning to USB yang menggunakan port USB-C sebagai pengganti USB biasa, baterai tambahan di bagian tengah sebagai pengganti Power Bank atau mungkin beberapa contoh lainnya.
Komentar