Berhasil! 3 Tips Mengatasi Masalah Fingerprint yang Lemot di Smartphone

Berhasil! 3 Tips Mengatasi Masalah Fingerprint yang Lemot di Smartphone, Saat ini hampir semua smartphone modern sudah dilengkapi dengan fitur sensor fingerprint. Selain diklaim lebih aman dibanding password dan PIN, membuka smartphone menggunakan sidik jari jauh lebih praktis. Tempel sebentar, kunci layar pun terbuka.


Sayangnya, sejak dipopulerkan oleh Apple lewat iPhone 5s, teknologi sensor sidik jari di smartphone belum banyak berkembang, hanya sedikit lebih cepat saja. Sejumlah masalah pun masih kerap muncul, terkadang masih kurang responsif, bahkan tidak bisa digunakan.
Jika kamu menjumpai sebuah masalah yang saya jelaskan di atas, berikut inilah beberapa tips untuk mengatasi sensor fingerprint yang lemot di smartphone.

3. Hapus Fungsi Lain Sensor Fingerprint


Selain untuk membuka smartphone, pemindai sidik jari biasanya punya fungsi lain. Sebut saja, untuk mengambil foto, mengangkat telepon, bahkan untuk mengakses beragam shortcut berbasis gerakan atau biasa disebut Fingerprint Gesture.

Nah apabila kamu belum mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa mencoba menghapus semua fungsi lain pemindai sidik jari kecuali untuk membuka kunci layar smartphone. Agar pemindai sidik jari awet dan tetap cepat.


2. Konfigurasi Ulang


Langkah yang kedua untuk cara mengatasi pemindai sidik jari yang lemot adalah mengkonfigurasi ulang sidik jari, biasanya pilihan ini tersedia di menu pengaturan smartphone. Hapus sidik jari yang tersimpan dan tambahkan lagi.

Terutama jika tangan kamu terluka atau mengelupas, langkah ini dapat membantu sensor sidik jari mengenali jari kamu dengan lebih baik. Oh iya, kamu juga menambahkan lebih dari satu sidik jari.

1. Bersihkan Fingerprint Sensor


Para pabrikan ponsel memang meletakkan sensor sidik jari dengan cara yang berbeda. Ada yang menyematkan di depan terintegrasi tombol home, ada juga yang di belakang, bahkan ada pula yang di samping.

Terlepas dari itu semua, pemindai sidik jari pasti mempunyai sebuah kelemahan, saat jari tangan sedang kotor, berminyak, terluka, dan basah, pemindai ini tidak akan bisa bekerja. Jadi, langkah pertama yang kamu lakukan adalah membersihkannya.


Iyaa, kamu bisa menggunakan sebuah kain yang lembut serta bersih untuk membersihkannya secara rutin agar pemindai sidik jari bisa bekerja lebih cepat. Makanya, pastikan tangan kamu sendiri juga bersih.

Nah itulah tips mengatasi masalah sensor sidik jari yang lemot. Namun namanya juga sebuah perangkat elektronik, meski dapat dipakai selama bertahun-tahun, tapi seiring dengan waktu kinerjanya pasti bakal menurun, tak terkecuali dengan sensor sidik jari. Kamu punya tambahan tips? Silahkan berkomentar di kolom bawah.
Komentar