0
Home  ›  Mac

Berhasil! 8 Cara Cepat Mengambil Screenshot di Komputer Mac

Berhasil! 8 Cara Cepat Mengambil Screenshot di Komputer Mac, Screenshot atau membuat rekaman gambar dari aktivitas di layar merupakan salah satu fitur dasar dari penggunaan komputer. Fitur ini biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah bagian yang ingin kamu jelaskan pada pengguna lain atau mungkin tampilan yang tidak bisa kamu simpan dengan cara biasa. Di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa cara membuat screenshot di komputer Mac. Simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!


1. MENGAMBIL SCREENSHOT DI BAGIAN PILIHAN

Fitur ini berfungsi untuk kamu yang ingin membuat gambar screenshot pada bagian tertentu saja, bukan semua permukaan layar. Berikut ini panduannya:

Tekan tombol Shift + Command + 4. Ikon panah atau pointer akan beralih menjadi tanda garis atau crosshair + dengan lingkaran pada bagian dalam.

Tekan dan tahan klik kiri mouse untuk memulai seleksi bagian layar yang akan dibuat menjadi screenshot. Setelah cukup, silakan lepas dan hasil screenshot akan tampil di Desktop.

2. MENGAMBIL SCREENSHOT SELURUH PERMUKAAN LAYAR

Tekan tombol Shift + Command + 3

Nah cari hasil screenshot di Desktop tersebut dengan sebutan nama Screen Shot diikuti tanggal dan waktu. Formatnya adalan dokumen gambar .png.

3. SIMPAN SCREENSHOT DI CLIPBOARD


Jika semua cara di atas akan membuat dokumen screenshot kamu tampil di Desktop, gunakan saja mode screenshot namun tersimpan di Clipboard. Dengan cara seperti ini kamu bisa langsung paste dokumen screenshot ke tempat yang sedang diperlukan seperti aplikasi edit gambar atau mungkin di aplikasi chat. Berikut penjelasannya:

Control + Shift + Command + 3 untuk screenshot seluruh layar dan simpan di clipboard. Menggunakan shortcut cmd + v diaplikasi edit gambar atau bisa juga di aplikasi chat (iMessage misalnya) untuk paste gambar yang kamu simpan di clipboard.


Lakukan control + Shift + Command + 5 untuk kamu screenshot pada bagian yang sudah terpilih di layar yang kamu lakukan serta simpan di clipboard. Gunakan shortcut cmd + v untuk paste.

4.  MENGAMBIL SCREENSHOT SATU JENDELA APLIKASI

Tutorial ini berlaku untuk kamu yang ingin mengambil screenshot dengan seleksi berupa satu jendela aplikasi, tanpa perlu repot menempatkan jendela screenshot seperti pada tutorial sebelumnya. Tidak sekedar lebih otomatis, fitur ini juga akan langsung memberikan efek shadow dari gambar screenshot yang sudah kamu buat. Berikut ini panduannya:

Tekan tombol Shift + Command + 4. Ikon panah (pointer) akan beralih menjadi tanda crosshair. Setelah itu tekan tombol Space untuk mengubahnya menjadi gambar kamera.

Tempatkan ikon kamera ini di jendela aplikasi atau dokumen yang ingin kamu jadikan screenshot.

Tekan klik kiri di trackpad atau bisa juga di mouse untuk mengambil sebuah gambar screenshot serta hasilnya otomatis tampil di Desktop.

5. SCREENSHOT TOUCH BAR

Bagi kamu pengguna MacBook Pro Touch Bar dan sudah menggunakan macOS Sierra 10.12.2, silakan simak panduan berikut untuk mengambil screenshot dari layar Touch Bar:


Tekan shortcut Shift + Command + 6.

Dokumen screenshot dari tampilan Touch Bar dapat kamu temukan di Dekstop.

GUNAKAN APLIKASI PIHAK KETIGA

Tidak puas dengan beberapa cara bawaan dari Apple untuk membuat screenshot? Silakan gunakan aplikasi pihak ketiga berikut ini ya.

6. SCREENSHOT DENGAN TIMER

Kamu juga bisa mengambil screenshot dengan waktu atau timer hitung mundur secara otomatis. Contoh penggunaan fitur ini adalah membuat sebuah tutorial atau tampilan web yang hanya bisa direkam setelah kamu menekan bagian tertentu Berikut ini panduannya:

Buka aplikasi Grab dari Application – Utilities – Grab.

Di menu bar pilih Caputre – Timed Screen atau shortcut Command + Shift + Z.

Tekan tombol Start Timer untuk hitung mundur dari waktu pengambila screenshot.

Hasil gambarnya akan tampil sebagai jendela foto baru dan tidak otomatis tersimpan di Desktop, silakan simpan sesuai kebutuhan.

7. GUNAKAN APLIKASI SCREENSHOT PSD



Sesuai dengan namanya, Screenshot PSD berguna untuk membuat screenshot dari layar komputer Mac dengan hasil dokumen gambar PSD alias Photoshop. Tidak sekedar mengguanakan format PSD, namun gambar screenshot yang kamu dapatkan juga berupa beberapa layer gambar sesuai dengan tampilan yang kamu bukan.

Bahkan saat saya mencoba, Screenshot PSD bisa mendeteksi jendela aplikasi yang saya buka di belakang tampilan utama. Misalkan sebuah tab Safari lain atau bahkan wallpaper yang saya gunakan. Dengan cara seperti ini kamu juga bisa membuat komposisi screenshot dengan lebih mudah cepat atau mungkin bisa mengambil detail kecil yang dibutuhkan tanpa perlu repot. Sebagai catatan tambahan, hasil gambar dari Screenshot PSD berukuran cukup besar dan sebaiknya kamu rapikan dalam sebuah folder ya supaya mudah dihapus saat tidak lagi digunakan.

8. SCREENSHOT DENGAN DROPLR


Droplr merupakan salah satu layanan berbagi dokumen screenshot dengan fitur yang lengkap, cepat serta mudah. Selain screenshot dalam bentuk gambar, kamu juga bisa membuat video screen recording untuk merekam sebagian atau seluruh aktifitas layar sesuai kebutuhan. Droplr juga punya mode unggah dokumen secara otomatis, shortcut lengkap dan mudah diakses serta mode anotasi.


Layanan Droplr dapat kamu coba secara gratis dengan jumlah penggunaan minimal. Jika sudah betah menggunakan layanan Droplr, silakan update ke mode Pro atau Business dengan sistem langganan bulanan
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS