2Menit! Cara Mudah Mengaktifkan & Menggunakan Fitur NFC di Xiaomi

2Menit! Cara Mudah Mengaktifkan & Menggunakan Fitur NFC di Xiaomi, Ketika ingin saling bertukar file, kamu menggunakan apa? Bluetooth atau wifi? Segera tinggalkan hal itu karena cara tersebut sudah ketinggalan jaman. Sekarang ini sudah ada teknologi yang baru biar bisa menggantikan peran Bluetooth serta wifi dalam tugas mengirim serta menerima file. Nama fitur tersebut adalah NFC (Near Field Communication), mungkin beberapa dari kalian masih asing dan baru pertama kali mendengar tentang fitur tersebut.

Kita mulai dengan mengartikan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Near Field Communication. Sebenarnya pengertian dari NFC itu sendiri sangat mudah serta sudah dijelaskan dalam namanya. NFC merupakan sebuah teknologi yang baru dalam hal pertukaran data yang berbasis RFID (Radio Frequency Identification). Karena hal tersebut memungkinkan sebuah smartphone untuk melakukan komunikasi data dengan perangkat lain tanpa harus menggunakan kabel (nirkabel). NFC ini memanfaatkan induksi medan magnet yang terdapat dalam sebuah perangkat elektronik untuk melakukan konektivitas.



Apa fungsi dari NFC serta perbedaan dan keunggulan bila dibandingkan dengan teknologi Bluetooth serta wifi?  Sudah disebutkan sebelumnya bahwa teknologi NFC ini memungkinkan perangkat smartphone untuk melakukan komunikasi data dengan perangkat lain secara nirkabel. Tidak seperti bluetooh dan wifi, teknologi NFC ini tidak perlu melakukan otentikasi serta penyamaan jaringan dalam usaha untuk membuat sebuah konektivitas. Oleh karena itu fitur NFC(Near Field Communication) ini lebih cepat dalam membuat sebuah sambungan daripada teknologi bluetooth dan wifi.

Near Field Communication juga dikatakan akan menjadi fitur yang membawa banyak perubahan pada smartphone, kenapa? Karena teknologi ini bukan hanya berguna untuk bertukar ataupun saling mengirim berkas antar smartphone. NFC juga bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat apa saja yang juga mempunyai fitur NFC ini. Dengan teknologi tersebut kita sendiri bisa memanfaatkannya untuk melakukan pembayaran secara instan dan bahkan bisa menjadi dompet digital yang praktis.


Sebenarnya teknologi Near Field Communication ini tidak hanya terdapat pada smartphone namun juga benda lain seperti kartu kredit, kartu ATM, identitas, dll. Namun saat ini tidak sedikit pula para produsen smartphone yang berlomba-lomba untuk memproduksi smartphone yang sudah mendukung fitur NFC ini. Xiaomi merupakan salah satu produsen yang tidak mau kalah dalam mengikuti perkembangan teknologi NFC. Mereka sudah mengeluarkan beberapa smartphone yang sudah didukung dengan fitur NFC seperti Mi 5s Plus, Mi 5, serta Mi 5s.

Selain memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan teknologi bluetooh dan wifi, teknologi NFC ini juga sangat mudah untuk digunakan. Kita hanya perlu mengaktifkan fiturnya kemudian menempelkan kedua perangkat yang akan disambungkan.

Membuat kita teringat akan sesuatu? Ya mungkin nampak memiliki kemiripan dengan teknologi infrared jaman dulu. Untuk kalian yang masih bingung tentang cara menggunakan NFC, inilah tutorial untuk menyalakan/mengaktifkan fitur NFC di smartphone Xiaomi. Untuk menyalakan fitur NFC yang ada pada Xiaomi sangatlah mudah, silahkan ikuti tutorial berikut ini bagi yang belum tahu cara mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan NFC di Smatphone Xiaomi Untuk Pemula

1. Pertama pastikan terlebih dahulu smartphone xiaomi kamu yang sudah support NFC, kemudian buka menu dan pilih pada setting atau pengaturan.

2. Kemudian geser ke bawah dan pilih pada opsi more, kemudian scroll lagi ke bawah hingga kamu menemukan fitur NFC. Silahkan aktifkan fitur tersebut untuk bisa menggunakannya.

3. Biasanya fitur Android Beam juga akan langsung aktif, namun jika tidak silahkan aktifkan secara manual.


Cara Menggunakan Fitur NFC yang Ada Pada Smartphone Xiaomi

1. Setelah kamu mengaktifkan fitur NFC tersebut, kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal. Silahkan ikuti tutorial berikut ini bagi yang tahu cara menggunakan teknologi NFC pada HP Xiaomi.

2. Pastikan kedua perangkat kamu sudah mendukung teknologi NFC ini, setelah itu aktifkan fiturnya.

3. Kemudian dekatkan kedua perangkat tersebut dan tunggu hingga keduanya tersambung, biasanya akan ditandai dengan sebuah getaran.

4. Setelah itu tersambung silahkan pilih file yang ingin dikirim, saat proses pengiriman terjadi jauhkan kedua perangkat tersebut.

5. Silahkan tunggu hingga proses pengiriman selesai.

Demikian Cara Mudah mengaktifkan dan menyalakan fitur NFC pada smartphone Xiaomi. Dengan tutorial diatas kamu bisa mengirim berbagai file menggunakan teknologi NFC dengan sangat mudah.  Tinggalkan komentar jika ada yang tidak mengerti dengan panduan menggunakan fitur NFC Xiaomi diatas.
Komentar