0
Home  ›  Android

Wajib Tahu! 6 Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Quad Core

Wajib Tahu! 6 Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki Quad Core, Quad Core merupakan salah satu prosesor intel yang memiliki kecepatan serta kualitas yang bagus. Quad core juga memiliki berapa fitur yaitu hyperthreading, multithread, kemampuan penampilan grafis 2D/3D/Video yang sangat halus dan baik.Quad core memiliki jumlah core atau inti 4 unit yang berada di dalam chip prosesor, dan sangat bermanfaat untuk melakukan processing read / write, mengeksekusi, instruksi dan interupsi operation, dan lain sebagainya. Masing-masing core berguna secara multitasking, dan bisa menjalankan banyak proses secara bersama – sama.


Dikarenakan prosesor Quad Core ini sudah memiliki banyak core, secara teori dapat menangani task lebih cepat jika dibandingkan dengan single core prosesor maupun dual core prosesor. Peningkatan performa prosesor quad core ini sangat tergantung pada penggunaan aplikasi dan implementasinya. Dalam sebuah android yang dilengkapi dengan prosessor quad core tentu kecepatan kerjanya sangat tinggi karena pasti kapasitas RAM serta memori internal penyimpanan data juga telah dinaikkan atau ditambahkan  agar sebanding dengan prosesor quad core.


Teknologi prosesor quad core memang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan prosesore dual core terutama dalam kelancaran serta kecepatan respon yang diberikannya. Saat ini Quad Core sudah banyak yang menggunakan untuk bermacam macam kebutuhan industri komputing berbasis desktop atau mobile. Prosesor berbasis Quad Core bisa ada dalam piranti komputing berbasis desktop maupun mobile, tetapi tetap saja ada perbedaan antara prosesor laptop dan pc yang haru kita  tahu, dan juga perbedaan dari prosesor box dengan tray. 


Nah kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh prosesor quad core ini. Lalu apa kelebihan dan kekurangannya yang dimilikinya ya ? Nah untuk mengetahuinya mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

#1. Kelebihan dari Quad Core

6. Orientasi yang bagus pada pengolahan Grafis
Pengolahan grafis menjadi opsi terbaik untuk prosesor ini, Software sekelas Adobe Photoshop, GIMP, atau Blender bisa dijalankan dengan sangat apik di prosesor ini karena mempunyai optimasi GPU yang ditawarkan prosesor ini. Nah buat sobat yang bergelut di bidang grafis sangat cocok untuk menggunakan prosesor berbasis Quad Core ini.

5. Penanganan Thumbnail dan image cache lebih bagus
Dapat memperlihatkan banyak foto lebih cepat dari sistem dengan single atau dual-core. Manfaat yang sama tidak hanya di dapat dari desktop PC maupun laptop, tapi juga piranti mobile misalnya tablet dan smartphone.

4. Lebih stabil saat melakukan multitasking
Kualitasnya sangat baik karena bisa menjalankan banyak tugas dalam satu waktu secara bersama – sama dengan stabil, dan mampu menjaga setiap proses supaya tidak menjadi unstable sehingga berjalan dengan stabil dan tidak mengalami crash (menutup dengan sendirinya).


3. Rendering lebih baik
Jika semakin bagus kemampuan merender grafik, maka waktu prosesor untuk mengolah grafis RAW menjadi grafis yang berbentuk akan lebih cepat. Quad Core ini memiliki kemampuan render grafis yang lumayan bagus.

2. Kualitas Grafis lebih bagus
Game dan video grafis menjadi lebih baik dilihat dari segi quality dan texturing. Karena mempunyai kelebihan untuk memproses data dengan baik, dan mampu mengoptimalkan serta mensinkronisasikan clock speed dan kerja dari sistem GPU di motherboard system.

1.    Mendukung Multithread
Proses multithreading menjadikan Quad core bisa menjalankan banyak proses dalam satu waktu dan banyak aplikasi atau game untuk dijalankan secara bersamaan,dan memberikan tampilan grafis kualitas bagus.


#2. Kelemahan Quad Core

6. Kurang ahli dalam processing angka
Prosesor Quad Core ini lebih ahli dipakai pada pengolahan grafis dari pada pengolahan angka, karena kemampuannya yang lebih mengutamakan pada optimasi GPU dari pada ALU (Arithmatic Logic Unit).

5. Kompatibilitas Hardware
Prosesor multi-core kompatibel dengan beberapa motherboard. Membeli CPU Quad Core juga membutuhkan bukan hanya motherboard yang kompatibel, tetapi juga hardware dan peripheral lain yang mampu bekerja selaras dengan prosesor ini.

4. Ketersediaan dukungan Software
Tidak semua software bisa bekerja dengan optimal dalam mengoptimalkan fungsi dan kemampuan dari prosesor. Sehingga Vendor Software perlu melakukan algoritma pemrograman khusus untuk dapat memanfaatkan multithreading dari prosesor Quad Core supaya dapat memaksimalkan ke empat core yang di bawa oleh prosesor berjenis Quad Core ini.


3. Umur pakai baterei lebih singkat
Umur baterai tergantung dari pola pemakaian aplikasi, sistem ini dapat menguras baterei cukup besar, sehingga umur baterei lebih singkat. Dikarenakan kemampuan pengolahan data prosesor yang cukup rapat, sehingga kebutuhan daya atau power yang dipakai prosesor ini cukup besar.

2. Dukungan Software dan Hardware mungkin akan dibatasi beberapa tahun selanjutnya
Penggunaan jangka kedepan atau selanjutnya mungkin akan dibatasi dikarenakan arsitektur prosesor Quad Core, dan mungkin beberapa pertimbangan teknis lainnya membuat prosesor ini tidak diperuntukkan untuk prosesor yang akan datang, meski telah kita ketahui bahwa prosesor ini menjadi prosesor yang cukup unggul dan powerful.

1.Biaya yang cukup mahal
Biaya yang harus dikeluarkan seimbang dengan fungsi dan kualitas yang prosesor ini berikan. Belum lagi untuk dukungan dari kemampaun GPU yang baik membuat harga yang ditawarakan pantas dan cukup tinggi.

Nah, itulah yang dapat saya sampaikan mengenai 6 Kelebihan dan Kekurangan yang dimiliki Quad Core. Semoga artikel yang saya bagikan kali ini bermanfaat dan memberikan ilmu baru buat kalian semua mengenai prosesor quad core. Tetapi jika masih ada yang ingin kamu tanyakan mengenai artikel kali ini silahkan kemukaan pertanyaan kamu di kolom komentar yang telah tersedia. Terimakasih
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS