0
Home  ›  Android

Cara Cepat Mengatasi USB OTG yang Putus Nyambung/ Tidak terdeteksi

"cara mengatasi USB flashdisk yang tidak terbaca di USB OTG HP Android. HP Android yang dimaksud disini tipe apa saja, baik itu Samsung, Xiaomi Redmi."

Cara Cepat Mengatasi USB OTG yang Putus Nyambung/ Tidak terdeteksi, Teknologi Kabel USB On the Go atau OTG sudah ada sejak zaman ponsel Symbian, apalagi sekarang eranya Android yang semakin canggih, teknologi secanggih Android bisa dinikmati dengan ponsel kurang dari sejutaan saja.

Jika memang tidak support, maka kamu tidak bisa menggunakan USB OTG sebagai transfer data melalui perangkat USB semacam flashdisk atau HDD. Jika memang sudah diketahui perangkat anda support OTG atau tidak, barulah anda bisa menggunakan media penyimpanan USB untuk keperluan baca, copy, move, delete berbagai file yang ada dalam media USB.

Namun, ternyata tidak semua USB Flashdisk dapat dibaca dengan USB OTG, ini berkaitan dengan masalah power. Jika USB flashdisk dicolokan ke Laptop, biasanya tidak akan ada kendala USB tidak terbaca, kecuali jika flashdisk-nya memang sudah rusak.

Saya sendiri pernah mencoba mencolokan beberapa media penyimpanan USB ke OTG yang disambungkan ke Smartphone, Flashdisk bermerk Kingstone tidak terbaca di OTG Xiaomi Redmi 1s saya, kadang-kadang terbaca dan putus lagi, sementara flashdisk merk Toshiba dapat terbaca dengan baik dan lancar. Saat mencolokan USB HDD external ke OTG, tidak terdeteksi sama sekali.

Jika kamu mengalami masalah yang sama persis seperti yang saya alami itu, maka ada beberapa cara yang mungkin bisa mengatasi ini.

1. Gunakanlah USB OTG yang sudah ada kabel USB power supply

Biasanya daya yang masuk ke USB flashdisk atau USB HDD tidak mencukupi, dengan memberinya power supply maka masalah power akan bisa teratasi dan hubungan antara Smartphone, OTG cable dan USB dapat berjalan lancar.

Gambar Tipe USB yang ada power supply-nya kira-kira seperti ini: cek produk usb otg hdd

Cara Cepat Mengatasi USB OTG yang Putus Nyambung/ Tidak terdeteksi

2. Masalah file pada system

Kadang file system yang digunakan USB flashdisk tidak bisa dibaca karena menggunakan format NTFS, jika cara ke-satu masih belum menemukan solusi maka USB harus diformat dulu ke format fat32 melalui PC. Hati-hati, jangan lupa data-datanya backup dulu ya, karena memformat USB akan menghapus semua file yang ada di dalamnya.

Langkah yang kedua sangat jarang terjadi, karena biasanya semua file system sudah bisa dibaca di smartphone Android yang terbaru.

Begitulah kira-kira cara mengatasi USB flashdisk yang tidak terbaca di USB OTG HP Android. HP Android yang dimaksud disini tipe apa saja, baik itu Samsung, Xiaomi Redmi maupun merk brand lainnya.

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS