Cara Charge Hp Xiaomi Yang Benar Dalam Waktu 1 Jam

"Cara Charge Hp Xiaomi Yang Benar Dalam Waktu 1 Jam, Salah satu ritual yang tidak akan pernah bisa dilewatkan oleh seorang pengguna Smartphone baik itu yang berbasis Android, iOS, Windows, Blackberry, bahkan feature phone sekelas Limbad pun yaitu charging as know as pengisian daya baterai. Yah jadi mau ada embel-embel hemat daya, super hemat daya, super stamina, dan lain sebagainya. Nah bicara soal pengisian daya baterai, semenjak menggunakan Xiaomi Redmi 5A, Redmi Note 5 Plus, Redmi Note 5, Mi5 PRO Gemini, hingga Xiaomi Mi A1, kali ini saya akan membahas tentang Cara Charge Hp Xiaomi Yang Benar Dalam Waktu 1 Jam, Mengingat kebiasaan kita dalam mengisi daya juga bisa menentukan durabiliti atau ketahanan dari baterai Smartphone itu sendiri. Yang mana akan berpengaruh juga pada komponen lain."

Cara Charge Hp Xiaomi Yang Benar Dalam Waktu 1 Jam, Salah satu ritual yang tidak akan pernah bisa dilewatkan oleh seorang pengguna Smartphone baik itu yang berbasis Android, iOS, Windows, Blackberry, bahkan feature phone sekelas Limbad pun yaitu charging as know as pengisian daya baterai. Yah jadi mau ada embel-embel hemat daya, super hemat daya, super stamina, dan lain sebagainya.

Nah bicara soal pengisian daya baterai, semenjak menggunakan Xiaomi Redmi 5A, Redmi Note 5 Plus, Redmi Note 5, Mi5 PRO Gemini, hingga Xiaomi Mi A1, kali ini saya akan membahas tentang Cara Charge Hp Xiaomi Yang Benar Dalam Waktu 1 Jam, Mengingat kebiasaan kita dalam mengisi daya juga bisa menentukan durabiliti atau ketahanan dari baterai Smartphone itu sendiri. Yang mana akan berpengaruh juga pada komponen lain.
1. Gunakanlah Charger Original dari Xiaomi


Kalau yang satu ini sudah barang tentu lebih bagus ngecharge pakai charger Original, selain memang sudah memiliki standarisasi yang jelas dari Xiaomi, juga memberikan keamanan kepada kita sebagai pemilik Smartphone. Admin sendiri salah seorang pengguna yang suka menggunakan charger Original, bahkan kalau rusak pun, admin akan tetap membeli charger asli sekalipun itu mahal ketimbang beli charger abal-abal yang ada di konter dekat rumah.

2. Lakukan Charging Langsung dari Charger


Nah loh, memang mau dari mana lagi ? Sudah pasti ngecharge dari charger kan?! Iya memang benar, tapi ada sebagian pengguna Smartphone Xiaomi yang menganggap jika proses pengisian daya juga sebenarnya bisa melalui kabel USB yang tercolok ke komputer atau Laptop.

Umumnya slot USB pada Laptop maupun komputer itu memiliki arus 0,5 Ampere sehingga memang walaupun sama-sama berfungsi layaknya sebuah charger, namun fungsi utama listrik dari slot USB ke Smartphone Xiaomi itu lebih kepada perpanjangan waktu stand by. Jadi jangan heran jika kamu sering mendapati jika ngecharge Smartphone Xiaomi via slot USB Laptop atau PC itu waktu yang dibutuhkan sangat lama ketimbang menggunakan charger asli.

3. Pakai Mode Pesawat


Sebuah Smartphone pada dasarnya adalah ponsel biasa yang sudah dibekali berbagai kemampuan terkini. Jadi mau bagaimana pun tetap saja akan terus berusaha menangkap sinyal dari operator agar tetap tersambung dan bisa digunakan untuk berkomunikasi.

Nah masalahnya kan sinyal seluler dari operator yang ada di Indonesia ini stabil, kadang naik kadang turun, walhasil si Smartphone bakal bersusah payah menyetabilkan penerimaan sinyal dan yang berarti juga ikut andil dalam menguras baterai. Sedangkan prinsip charging adalah mengisi daya dari station charger ke Smartphone. hal ikan tentu bertolak belakang. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk mengaktifkan mode pesawat ketika mengisi baterai.

4. Direkomendasikan Pakai Charger yang Sudah Mendukung Quick Charge

Hampir sama dengan penjelasan nomor 1 di atas, penggunaan charger yang sudah mendukung pengisian cepat juga sangat disarankan buat kamu pengguna Smartphone Xiaomi. Selain durasi waktu pengisian yang bisa lebih singkat juga efisiensi panas yang dihasilkan baterai juga tidak lama.

Yah resiko dari menggunakan charger yang sudah memiliki fitur Quick Charge adalah baterai akan cepat panas, namun hal itu akan terjadi di awal-awal pengisian saja, terutama jika baterai Smartphone Xiaomi kamu sedang berada di level krisis. Cara kerjanya sendiri adalah dengan menyuntikkan Arus listrik semaksimal mungkin hingga menyentuh 3 Ampere di awal pengisian dana akan terus menurun Ampere nya ketika persentase pengisian sudah mencapai 100%.

5. Isi Daya baterai Ketika Dingin


Pada beberapa point di atas tadi sudah sering saya singgung jika dalam proses pengisian baterai Xiaomi maka akan timbul yang namanya panas. Ini adalah hal yang wajar mengingat listrik yang masuk ke baterai akan menciptakan reaksi kimia yang berakibat pelepasan color alias panas.


Oleh karena itu, jika ingin mengisi baterai ponsel Xiaomi, usahakan untuk mendinginkannya terlebih dahulu pada suhu ruangan (bukan tiba-tiba). Apalagi ketika selesai diajak bermain game online. Dengan begitu pengisian daya baterai Xiaomi akan optimal yang berujung pada masa pakai baterai lebih lama.

6. Charging dalam Posisi Tidak Menyala (Shutdown/Mati)


Nomor 6 ini adalah salah satu yang paling sering saya lakukan ketika mengisi baterai ponsel Xiaomi, terutama ketika ditinggal tidur malam. Pengisian baterai dalam kondisi mati total tentu lebih efektif ketimbang mengaktifkan mode pesawat karena arus listrik yang masuk benar-benar difokuskan pada proses pengisian baterai sehingga durasi waktu charge juga bisa lebih singkat.

Selain itu juga panas yang dihasilkan minim dan hanya akan terjadi di awal-awal pengisian saja. Kelebihan lainnya dari melakukan pengisian daya ketika posisi mati adalah komponen lain bisa lebih lama masa pemakaiannya termasuk baterai itu sendiri. Tahulah sekarang kan yang namanya Smartphone sudah menggunakan baterai tanam semua sehingga harus membutuhkan usaha lebih jika ingin melakukan penggantian baterai.

7. Jangan Bermain Game Ketika Proses Charging


Yah bukan berarti tidak bisa tapi karena sudah kebiasaan, jadinya malah keterusan. padahal kamu tidak disuruh mengeluarkan uang sama sekali seperti beberapa point sebelumnya. Apalagi kalau bukan main game sambil ngecharge.

Padahal sudah jelas, main game sambil ngecharge itu selain tidak nyaman karena ada kabel USB yang menjuntai. Panas yang dihasilkan dari proses charging plus proses yang secara terus menerus bekerja


8. Gunakan Kabel USB Original dan Berkualitas


Percaya atau tidak, buat kamu yang selama ini menganggap remeh dari sebuah kabel USB (yah yang penting kabel USB bisa nyambung ke komputer, dibuat ngecharge). Percaya atau tidak nyatanya kualitas dari kabel USB sangat berpengaruh dalam proses pengisian baterai Xiaomi. Terutama yang sudah memiliki fitur Quick Charge dari Qualcomm.

jadi jangan heran jika ada satu utas kabel USB bisa seharga Rp 100.00,- hingga Rp 200.000,- ke atas. Karena kabel-kabel USB tersebut dibuat dari bahan terbaik serta tambahan beberapa fitur yang tidak ada pada kabel bawaan Xiaomi. 

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang Cara Charge Hp Xiaomi Yang Benar Dalam Waktu 1 Jam, yang bisa kamu coba sekarang juga. Apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.
Komentar