0
Home  ›  Android

6 Cara Mudah & Cepat Mengatasi Ram Android Yang Sering Penuh

6 Cara Mudah & Cepat Mengatasi Ram Android Yang Sering Penuh, Pernahkah kamu mengalami situasi dimana Android kamu terasa sangat lemot ketika digunakan? Tentu sangat mengesalkan bukan. Waktu kamu terbuang percuma hanya untuk menunggu program selesai mengeksekusi perintah. Apalagi jika program yang kamu jalankan cukup berat dan kamu sedang dikejar deadline tugas atau pekerjaan.

Salah satu penyebab android menjadi lemot adalah RAM yang penuh. Mungkin kamu pernah menemukan bahwa RAM android telah penuh, bahkan sebelum kamu menjalankan aplikasi apapun.  Atau kamu sedang mengalaminya sekarang? Tak jarang android mengalami crash karena RAM terlalu penuh, hal ini benar-benar merepotkan.


Nah dikesempatan kali ini saya akan berbagai cara untuk mengatasi memori RAM yang sering penuh atau cepat habis. Untuk dapat mengatasie RAM Android yang sering penuh atau cepat habis tidaklah sulit loh. Buat kamu yang sudah penasaran bagaimana caranya,  silahkan langsung saja 7 Cara Mudah & Cepat Mengatasi Ram Yang Sering Penuh.

1. Aplikasi RAM Manager



Mengunduh satu aplikasi RAM Manager bisa menjadi solusi kamu dalam mengelola ruang untuk memori RAM. Sewaktu-waktu bisa kamu aktifkan untuk melakukan pembersihan sampah-sampah elektronik yang terdapat dalam memori. Beberapa keunggulan RAM Manager umumnya yang utama yaitu membersihkan file-file tidak berguna agar memori RAM terasa lapang dam ringan kembali ketika digunakan.

Selain itu, biasanya dalam aplikasi ini terdapat pengingat untuk kestabilan penggunaan smartphone setiap hari. Kamu juga dapat mengaktifkan mode multitasking untuk penggunaan beberapa aplikasi sekaligus sebagai pendukung untuk penggunaan yang lebih lancar.

2. Hentikan Aplikasi Secara Paksa



6 Cara Mudah & Cepat Mengatasi Ram Android Yang Sering Penuh yakni dengan menghentikan aplikasi yang jarang kamu gunakan secara paksa. Karena pada umumnya aplikasi yang sering membuat RAM cepat penuh seperti aplikasi chat, maka hentikan aplikasi chat yang berjalan di belakang layar seperti BBM, Facebook Messenger, Instagram, atau yang lainnya secara paksa.


3. Kurangi Penggunaan Widget dan Live Wallpaper



Bagi Kamu yang suka mengutak-atik wallpaper ataupun widget smartphone Kamu, agar memiliki tampilan menarik dan stylish, sebaiknya batasi penggunaannya. Download dan instal yang hanya Kamu perlukan saat ini, selebihnya tidak perlu tetap tersimpan di android Kamu.

Biasa,2 aplikasi ini mempunyai kapasitas yang besar ketika tersimlan di dalam memori RAM. Sehingga, sebaiknya bijaklah dalam menggunakannya.

4. Pindahkan Aplikasi dari Internal Card ke Eksternal Card



Sebenarnya cara ini tidak berhubungan dengan penuhnya memori RAM, tetapi metode ini juga bisa kamu coba sebagai alternatif untuk menghemat memori Internal Android. Selain RAM, setidaknya kamu juga harus menghemat memori Internal supaya memiliki Space yang lebih besar. Untuk Memindahkan aplikasi Android ke Eksternal Card (SD Card), kamu bisa secara langsung melalui Smartphone Android itu sendiri (khusus untuk Jelly Bean Ke atas), tanpa aplikasi. Selain itu, bisa juga menggunakan aplikasi tambahan seperti LINK2SD.

5. Gunakan Aplikasi Booster



Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini kamu dapat meningkatkan performa Android secara signifikan. Aplikasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan penggunaan RAM supaya lebih optimal dan tidak gampang terjadi lemot. Ada banyak aplikasi Booster yang tersedia di Google Play Store secara gratis seperti CM Booter, 1 Tap Booster, Clean Master, dan lainnya. Kamu bisa mengetikkannya sendiri di Google Play Store dengan kata kunci “Aplikasi Booster”.

6. Non Aktifkan Aplikasi yang Tak Bisa Diuninstall




Biasanya ketika Kamu membeli smartphone, sudah banyak aplikasi bawaan pabrik yang terinstal di sana. Sebagian mungkin bisa Kamu gunakan, namun sebagian lain malah tidak berguna untuk Kamu. Namun dalam kenyataannya, untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak Kamu butuhkan bukanlah perkara yang mudah, Kamu harus merelakan smartphone Kamu untuk di root terlebih dahulu baru kemudian bisa menghapusnya. Sebagian akan merasa sayang jika harus melakukan proses root pada handphonenya.

Nah, untuk mensiasati hal tersebut, aplikasi yang tidak dapat di uninstal ini sebaiknya Anda nonaktifkan saja. Ini berguna agar aplikasi tersebut tidak bekerja dan membuat RAM Anda penuh.


Demikianlah penjelasan tentang 6 Cara Mudah & Cepat Mengatasi Ram Android Yang Sering Penuh. Cara yang saya sampaikan diatas bisa kamu ikuti di semua merek perangkat Android. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pertanyaan kamu di kolom komentar. Sekian dan Terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS