0
Home  ›  Android

8 Cara Cepat Meningkatkan Kecepatan Internet di Android: Terbukti

"8 Cara Cepat Meningkatkan Kecepatan Internet di Android: Terbukti, Siapa yang internet smartphone androidnya sering lemot? Nah beruntung sekali nih karena kali ini saya mau berbagi cara mengatasi internet lemot pada Android. Mungkin hampir 80% dari kamu pernah mengalami hal tersebut. Entah itu saat bermain game atau pas lagi asik-asiknya chatting sama temen-temen kamu. Hal tersebut pasti membuat kamu jengkel dan juga sangat mengganggu banget kan. Penyebab koneksi internet lambat di android ada banyak, antara lain: banyaknya aplikasi di latar belakang, salah setting jaringan, memori hampir penuh, cache yang menumpuk, dan operator seluler yang tidak mendukung dengan lokasi kamu berada. Nah biar lebih jelas berikut inilah ulasan lengkap tentang 8 Cara Cepat Meningkatkan Kecepatan Internet di Android: Terbukti, Cekidot!"

8 Cara Cepat Meningkatkan Kecepatan Internet di Android: Terbukti, Siapa yang internet smartphone androidnya sering lemot? Nah beruntung sekali nih karena kali ini saya mau berbagi cara mengatasi internet lemot pada Android.

Mungkin hampir 80% dari kamu pernah mengalami hal tersebut. Entah itu saat bermain game atau pas lagi asik-asiknya chatting sama temen-temen kamu. Hal tersebut pasti membuat kamu jengkel dan juga sangat mengganggu banget kan.

Penyebab koneksi internet lambat di android ada banyak, antara lain: banyaknya aplikasi di latar belakang, salah setting jaringan, memori hampir penuh, cache yang menumpuk, dan operator seluler yang tidak mendukung dengan lokasi kamu berada. Nah biar lebih jelas berikut inilah ulasan lengkap tentang 8 Cara Cepat Meningkatkan Kecepatan Internet di Android: Terbukti, Cekidot!


1. Bersihkan Cache


Nah cara mengatasi internet lemot pada Android yang pertama yaitu sering-seringlah kamu menghapus cache kalau bisa seminggu sekali karena selain memenuhi memori internal, cache juga memengaruhi kecepatan internet. Cache bisa di hapus melalui Setting -> Penyimpanan -> Pembersih. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi penghapus cache misalnya Clean Master ataupun Ccleaner.

2. Non Aktifkan Auto Sync Dan Juga Data Latar Belakang


Banyak aplikasi seperti Gmail ataupun Facebook Messenger terus mengakses internet di latar belakang yang pada akhirnya membuat koneksi internet jadi lambat. Aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang tersebut dapat mengurangi kecepatan download ataupun browsing.

Mengapa saya bisa bilang begitu? Coba kamu bayangkan, jika satu buah motor di kendarai oleh 5 sampai 10 orang, apakah motor tersebut bisa berjalan dengan cepat? Itu merupakan contoh dasarnya.

Idealnya jika saat kamu melakukan browsing tetapi aplikasi lain yang tidak kamu gunakan juga memakai koneksi internet, apakah kamu bisa browsing dengan cepat?

Tentu saja tidak. Karena terlalu banyak aplikasi yang menggunakan koneksi internet android kamu. Oleh karena itu, jika kamu ingin mempercepat koneksi internet android, kamu harus mematikan data latar belakang tersebut.

3. Gunakan Ad-Blocker


Lambatnya kecepatan koneksi internet di smartphone android juga ditentukan oleh berbagai hal lainnya, salah satunya akibat kamu tidak memblok iklan.

Asal kamu tahu, keberadaan iklan ketika kamu browsing di internet lewat smartphone juga akan membuat internet jadi lemot, karena harus memakan data lebih banyak untuk mengakomodir tampilan iklan. Bahkan iklan ini bisa menyedot hingga 80% kuota internet kamu loh, jadi jangan heran kalau kamu tidak memblokirnya, maka kuota internet akan terus boros.


Untuk itu, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi Adblocker yang banyak tersedia di Google Play Store. Kamu juga bisa menggunakan browser yang sudah dibekali Adblocker seperti contohnya aplikasi Opera Browser atau UC Browser.

4. Pakai Jaringan "3G Only" atau "4G Only"


Sekarang sudah eranya jaringan 3G dan 4G, kenapa mesti menggunakan jaringan yang di bawah itu lagi? Jika memang kamu ingin koneksi internet super cepat, tentu kedua jaringan itulah yang harus dipakai, bukan 2G atau WCDMA.

Lain kisahnya jika smartphone Android yang kamu pakai hanya mendukung jaringan 2G dan WCDMA, biasanya hp yang cuma mendukung jaringan itu merupakan smartphone Android jadul. Untuk dapat mengaktifkan jaringan 3G Only atau 4G Only, kamu masuk ke settings - more - mobile network - network mode - pilih jaringan 3G Only atau 4G Only.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan


Aplikasi yang tidak kamu gunakan sebaiknya di uninstall karena aplikasi tersebut tidak ada gunanya di android kamu dan akan memenuhi memori internal. Jika memori internal akan penuh, kamu akan merasakan kecepatan internet menjadi berkurang, dan beberapa aplikasi menjadi tidak berjalan.

6. Kompres Gambar


Kebanyakan browser sudah dibekali dengan fitur Data Saving. Selain untuk menghemat kuota, fitur Data Saving ini juga sangat mempengaruhi kecepatan koneksi Internet kamu. Dengan kamu mematikan muatan gambar atau mengompres gambar di browser ke ukuran paling kecil, maka proses loading halaman akan semakin cepat dari sebelumnya.


7. Gunakan VPN


Ada masanya koneksi Internet di suatu area atau daerah sangat lemot, hingga dipake browsing saja kewalahan. Untuk mengakalinya, kamu bisa gunakan bantuan yang bernama VPN untuk terhubung ke alamat IP di negara lain.

Nah, selain bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir pemerintah, mengubah alamat IP dengan VPN juga bisa mempercepat koneksi Internet kamu, asalkan terhubung dengan IP yang tepat.

8. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal


Aplikasi penguat sinyal sangat bagus untuk kamu yang memiliki sinyal putus-putus. Aplikasi ini sangat berguna saat memainkan game, sinyal menjadi agak stabil dan tidak terjadi lag. Saya sendiri pernah menggunakan aplikasi H+ Tweaker, sangat membantu saat bermain game.

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang 8 Cara Cepat Meningkatkan Kecepatan Internet di Android: Terbukti, yang bisa kamu coba sekarang juga. Apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS