Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Bookmark

7 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

7 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi, Ingat hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu jangan membawah keyboard kamu ke tukang service karena kali ini saya akan mengasih tau bagaimana sih cara memperbaiki atau mengatasi keyboard yang tidak berfungsi?

Keyboard laptop sangat berperan penting dalam mengoperasikan laptop atau PC kamu, jika keyboard kamu rusak tentunya kamu akan kebingungan untuk memperbaikinya. Memperbaiki atau mengatasi keyboard rusak itu bisa kamu lakukan sendiri tanpa membawahnya ke tukang service

Keyboard laptop yang error atau tidak dapat berfungsi disebabkan oleh banyak hal seperti terkena air atau debu atau bisa juga keyboard yang sering berada pada ruangan dengan suhu yang lembab dan dibawah ini saya akan mengasih solusnya supaya kamu tidak kebingungan atau gelisah lagi. Nah berikut inilah 7 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi, Cekidot!

1. Bersihkan Kotoran Atau Debu Yang Tertempel Pada Keyboard



Bila sebagian tombol keyboard kamu tidak berfungsi, tetapi anehnya tombol yang lain baik-baik saja, jadi ada kemungkinan ada kotoran atau debut yang menghalangi tombol keyboard kamu.

Untuk mengatasi, hal ini terbilang cukup mudah, yang harus kamu lakukan yakni memiringkan laptop kamu dengan kemiringan kurang lebih 75 derajat serta goyangkan laptop kamu dengan lembut  karena itu dapat untuk singkirkan kotoran-kotoran atau debu itu

Dan cek seluruhnya tombol pada keyboard serta saksikan apakah tombol-tombol laptop masih bisa fungsi atau tidak. Bila belum berfungsi silahkan tiupkan angin pada tombol keyboard kamu yang tidak berfungsi yang dapat untuk membersihkan kotoran-kotoran atau debu yang ada di sela-selanya.

2. Pastikan Driver Keyboard Kamu Telah Terinstall Dan Berfungsi Dengan Baik



Kurang tau caranya? Berikut ini panduan lengkapnya

 - Pertama klik start> control panel > hardware and sound > device manager

- Buka keyboard kamu setelah itu lihat lah apakah berwarna kuning dan ada kamu seru?

- Jika iya maka penyebabnya driver keyboard kamu yang salah

- Klik kanan pada driver yang bermasalah > Update driver software > search automatically, maka windows akan otomatis mencari driver yang cocok untuk laptop kamu, kamu juga bisa search secara manual jika kamu tidak yakin atau kamu tahu mana yang cocok untuk laptop kamu.

3. Restart Laptop



Jika tiba-tiba seluruh keyboard pada laptop kamu tidak merespon, mungkin masalahnya ada di software/driver. Coba kamu restart laptop, mungkin hal ini sudah cukup untuk memperbaikinya. Jika kamu tidak bisa melakukan restart dari menu start, coba kamu tahan tombol power selama 5 detik (maksimum 15 detik) dan laptop akan restart.

4. Me-restore system



Jika keyboard laptop kamu berhenti berfungsi atau tidak berfungsi setelah kamu memasang software baru atau mengubah pengaturan laptop kamu, hal yang harus kamu lakukan adalah restore system laptop. Cara nya adalah:

- Pertama-tama kamu klik tombol Start, lalu klik Control Panel.

- Selanjutnya kamu, klik "Back up your computer" di bawah heading "System and Security"

- Nah, setelah itu kamu klik saja "Recover system settings or your computer"

- Lalu klik "Open System Restore".

Selanjutnya, ikuti saja langkah-langkah sederhana yang akan muncul untuk me-restore laptop kamu. Setelah proses restore berhasil, reboot laptop kamu. Jika penyebabnya adalah masalah pada keyboard yang terletak pada sistem, maka keyboard kamu seharusnya kembali berfungsi dengan baik.

5. Periksa Num Lock



Kadang kamu tidak tahu bahwa keyboard yang error diakibatkan oleh numlock. Iya, saya sendiri memang pernah mengalami hal ini, pada awalnya saya bingung. Nah, tapi setelah saya browsing, akhirnya saya menemukan salah satu masalah yakni pada numlock nya.

Jadi, jangan panik. Jika memang laptop kamu sudah di restart dan juga sudah diperiksa drivernya tetapi masih tetap saja error, mungkin numlocknya masih menyala. Solusinya sangat mudah, cukup matikan numlock keyboard kamu, setelah itu coba lagi untuk mengetik. Saya yakin keyboard kamu sudah kembali normal.

6. Bawa Ke Tempat Service



Masih belum berhasil? Maka sebaiknya kamu membawa laptop kamu ke tenaga yang cukup professional dalam bidang ini. Terlebih bila garansi laptop kamu masih berlaku karena itu bisa memudahkan kamu untuk tidak mengeluarkan uang.

Tapi, jika garansi laptop kamu sudah tidak berlaku, bawa lah laptop kamu ke tempat service yang cukup ternama. Ada kemungkinan permasalahan kecil terjadi pada kabel di laptop kamu, seperti terputusnya kabel karbon yang dapat dengan mudah diperbaiki. 

Untuk perbaikan seperti ini, biasanya tempat service tidak akan terlalu memasang tarif tinggi atau bisa juga dibilang cukup wajar.

7. Menempatkan Keyboard Alternative



Dalam keadaan  yang cukup menekan, untuk sesaat kamu bisa memakai keyboard dengan port USB. Memanglah kelihatannya bakal merasa tidak nyaman saat dipakai. Tetapi kesuksesan langkah tersebut dapat di pastikan nyaris 100% berhasil mengatasi masalah ini.

Apabila kamu betul-betul dalam kondisi sangatlah menekan untuk mengetik tugas kuliah ataupun pekerjaan pendek seperti umpamanya memasukan username serta password untuk terhubung alamat e-mail ketika itu juga kamu dapat memakai keyboard virtual di monitor laptop kamu.

Untuk mengaktifkannya silahkan kamu klik tombol Start lantas klik 'All Programs'. Lalu klik 'Accessories' serta klik 'Ease of Access'. Kemudian itu klik 'On-Screen Keyboard' untuk mulai memakai keyboard virtual ini.

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang 7 Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi, yang bisa kamu coba sekarang juga. Apabila ada pertanyaan yang ingin kamu sampaikan silahkan tulis dikolom komentar ya. Sekian dan Terimakasih.