8 Hal Penting untuk Meningkatkan SEO Website

Nama Search engine optimization atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SEO sudah menjadi aktivitas penting dalam dunia digital marketing, karena tujuan utaman SEO adalah untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau visitor web dengan cara memaksimalkan kemunculan URL halaman web pada mesin pencari yaitu google, bahkan tidak sedikit juga website yang mudah sekali terperosok dan menjadi korban saat melakukan praktik praktik untuk meningkatkan SEO atau search engine optimization jika tidak berhati hati. Apalagi algoritma mesin pencari sering sekali berubah, baik itu yang terlihat dan terasa efeknya ataupun yang tidak terlihat. Namun yang pasti, perubahan di algoritama itu telah banyak menghalau atau menghambat website yang tadinya berada peringkat atas samapi terperosok kebawah dan bahkan sangat sulit ditemukan di hasil pencarian.


Jika Anda ingin meningkatkan peringkat pencarian organik dari website bisnis Anda sendiri, maka Anda harus dan wajib menghindari trik-trik SEO populer serta cara pintas atau cara cepat, dan fokuskanlah pada penciptaan hasil yang lebih aman dan tahan lama. Namun hal itu memang cukup sulit untuk dilakukan, meskipun begitu anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa praktik terbaik yang membantu anda dalam meningkatkan SEO dengan cara membangun sebuah website yang menarik bagi mesin pencari dan pengunjung atau visitor.

1. Ciptakan konten yang bagus dan menarik
Kunci awal dari keberhasilan SEO atau Search engine optimization adalah kualitas konten yang anda buat, karena hal ini dapat bertahan lama, untuk itu buatlah konten yang menarik, berkualitas, dan bermanfaat, salah satunya saat anda ingin menulis teks untuk website anda sendiri, pertimbangkan dengan baik apa yang diinginkan oleh pengunjung atau visitor, pahami apa yang mereka butuhkan hingga mereka ingin berkunjung ke website anda. Bukan apa yang ingin anda katakan kepada mereka.

2. Maksimalkan media sosial
Menfaatkan dan memaksimalkan media social atau medsos  dan situs review lokal untuk meningkatkan SEO atau Search engine optimization . Lebih sering melakukan bisnis atau website Anda muncul secara online, maka  website anda akan semakin banyak traffic yang bisa website Anda peroleh atau dapatkan.
Sosial media dan website review akan sangat membantu meningkatkan ketertarikan pengunjung atau visitor dan dapat menciptakan kredibilitas. Perbanyak juga jumlah followers atau pengikut di sosial media anda karena ini akan sangat membantu anda untuk memasarkan sebuah website.

3. Jadilah nyata
Yang perlu anda lakukan adalah, menulis untuk orang bukan menulis untuk robot, benar bukan? jangan terlalu mengikuti tren yang lagi popular dengan memasukan kata kunci pada artikel anda dengan sebanyak - banyaknya yang pada akhirnya hanya akan memperburuk isi konten yang anda buat tadi, oleh karena itu menulislah dengan cara natural dan fokuskan tulisan anda tadi pada apa yang disukai pengunjung website, jangan terlalu fokus untuk menulis untuk robot karena hal ini tidak akan bertahan lama dalam strategi SEO.

4. Jangan sekali-kali menggunakan trik curang
Ini bukan tentang kerja sistem. Jika Anda mencoba untuk menipu mesin pencari seperti google, kesuksesan traffic organik yang Anda peroleh tidak akan bertahan lama atau hanya sesaat saja. Jadi sangat disarankan untuk menghindari tips dan trik atau cara pintas lainnya yang tidak alami atau dengan cara curang dalam SEO. Lakukanlah riset untuk mengetahui apakah apa yang Anda lakukan benar-benar bisa meningkatkan situs Anda atau tidak.

5. Riset kata kunci
Cobalah untuk lebih rajin dalam meneliti kata kunci, karena hal ini sangat benar-benar berharga, salah satunya dalam memilih kata kunci untuk website anda. Anda bisa menggunakan alat untuk menemukan kata kunci relevan yang sering dicari oleh pengunjung ketika mereka berselancar atau browsing di mesin pencari.

6. Perbanyak teman online
Meningkatkan dan memaksimalkan inbound link yang berasal dari situs-situs yang relevan dengan website Anda tersebut, situs-situs terkenal dan blog atau website yang bagus serta banyak visitor atau pengunjungnya. Apabila Anda memiliki hubungan dengan pemilik situs atau bisnis lain, lakukan lah relasi dengan mereka agar Anda bisa bekerja sama dengan mereka untuk meningkatkan peringkat situs masing-masing dengan cara bertukar link dengan mereka. Namun jangan sampai menghubungkan website anda ke situs-situs yang sembarangan karena bisa mengurangi kredibilitas Anda.

7. Jangan copy & paste
Jangan copy paste atau bahasa umumnya copas, mesin pencari akan menghukum website yang memiliki halaman duplikat konten atau artikel yang sama. Hindari menggunakan konten situs web lain atau memiliki konten atau artikel yang sama persis dengan website orang lain, bahkan anda harus hindari juga hal tersebut terjadi pada website Anda sendiri, Harus anda pastikan dalam website yang Anda buat tidak ada dua sekalipun atau lebih halaman yang sangat sama identik isinya. Ciptakanlah sesuatu konten yang lebih original atau yang cukup berbeda dengan orang lain.

8. Maksimalkan SEO on page
Memaksimalkan SEO on Page, Hal yang paling mungkin untuk Anda lakukan sesegera mungkin adalah dengan melakukan perbaikan untuk memaksimalkan SEO on page website Anda, mulai dari mengatur permalink, membuat judul artikel yang bagus, original dan menarik, memasukan meta data, memasukan elemen-elemen yang menarik perhatian pengunjung seperti gambar, video, tabel, memberi nama file dan deskripsi yang jelas pada setiap file tersebut, meningkatkan readability konten yang baik itu dengan membuat paragraph yang bagus dan benar, memanfaatkan tag heading secara semaksimal mungkindan membangun struktur data yang benar pada konten website Anda.

Sangat penting untuk mengetahui apa yang dicari oleh konsumen atau pengunjung website dan bisnis anda serta gunakan pengetahuan tersebut untuk memberikan apa yang mereka butuhkan. Dengan kata lain, jadilah penyedia yang baik.
Komentar