0
Home  ›  PC

Cara 100% Ampuh Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Baterai adalah merupakan komponen utama pada laptop yang berguna sebagai sumber catu daya. Daya pada baterai tersebut memiliki keterbatasan, biasanya dengan daya baterai 100% atau full, laptop bisa menyala 4 sampai 6 jam secara normal. Namun, jika melakukan aktivitas kinerja yang tinggi pada laptop sehingga memakan jumlah RAM yang besar dan kecepatan CPU yang tinggi, maka baterai hanya bisa bertahan 2 sampai 3 jam saja.

Merawat komponen laptop memang gampang – gampang susah, ya tergantung dari kita sendiri bagaimana cara memakainya dan merawatannya. Salah satu komponen dari laptop yang paling penting atau yang paling utama  adalah ada pada baterainya. Baterai memang sangat dibutuhkan bagi mereka yang punya mobilitas tinggi, semisal untuk nugas, browsing sambil cari wifi gratisan, ataupun iseng – iseng buat nulis atau baca yang sekarang saya lakukan sekarang ini. Baterai juga sama kaya kompomen – komponen lain yang istilahnya juga punya usia masa pakai, umumnya masa pakai baterai laptop kebanyakan berkisar 2 sampai dengan  4 tahun, kalaupun ada yang lebih dari itu, anggap aja bonus.

Hal yang sering kita jumpai saat menggunakan laptop adalah baterai yang cepat drop atau habis dayanya. Padahal baru menggunakannya 1-2 jam untuk aktivitas kerja atau pun kita gunakan untuk mengerjakan tugas kuliah atau pun tugas sekolah dan hal itu sering kali terjadi pada kita tanpa kita sadari akan sangat merugikan kita dan membuat kita untuk senantiasa mengcharger baterai leptop dalam waktu yang singkat karena baterai laptop yang kita miliki sudah ngedrop.


Cara Merawat Baterai Laptop Agar Dapat Bertahan Lebih Lama
Setiap baterai tentunya memiliki Kapasitas yang berbeda – beda, tergantung dari vendor laptop itu sendiri. Pada kesempatan saya kali ini, saya akan berbagi tips ke anda semua mengenai Cara Merawat Dan Menghemat Betari Laptop Agar Dapat Bertahan Lebih Lama. Ada beberapa tips dan trik 100% ampuh untuk menghemat daya tahah baterai, salah satunya adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan pada laptop. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda simak Metode Menghemat Dan Merawat Baterai Laptop berikut ini.

1. Aktifkan mode hemat daya
Semua laptop sepertinya memiliki mode penghemat daya. Dengan modus seperti ini, nantinya secara otomatis laptop yang anda gunakan akan melakukan pengaturan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan. Sebagai contoh, Misalnya saja mengurangi pencahayaan, waktu tidur hingga wallpaper. Secara tidak langsung penggunaan mode penghemat daya pada laptop Anda sudah dapat membuat baterai lebih awet, karena penggunaannya yang tidak berlebihan.

2. Suhu Ruangan
Saat memakai laptop, harus dipastikan suhu ruangan berada dalam kondisi normal atau tidak terlalu panas. Anda bisa menggunakan kipas angin laptop atau cooling pad jika perlu untuk menjaga suhu ruangan anda sedang berada.

3. Tutup atau Hapus Aplikasi Yang Tidak Pernah Digunakan
Secara tidak sadar, sebenarnya ada banyak aplikasi yang berjalan walaupun kita sendiri tidak pernah menjalankannya saat. Anda bisa melihat hal tersebut, anda bisa cek aplikasi yang berjalan melalui Windows Task Manager. Pada bagian tersebut anda bisa tengok aplikasi apa saja yang terus berjalan. Agar Baterai Laptop lebih awet tahan lama dan kinerja pada penggunaan CPU tidak terlalu berat maka alangkah baiknya anda matikan beberapa aplikasi atau hapus aplikasi yang memang tidak pernah anda gunakan atau aplikasi sampah. Cara tersebut selain menghemat baterai juga dapat meningkatkan kinerja laptop.

4. Hindari penggunaan Saat Mengcharge
Charge baterai atau sedang di ces hingga penuh dan tidak dicabut mungkin tidak akan menjadi masalah, terlebih jika laptop Anda memang keluaran terbaru, dimana sistem dapat memotong arus listrik ketika baterai sudah dalam keadaan penuh atau full. Namun begitu juga, hal tersebut tidak berefek jika Anda menggunakannya. Ketika baterai sedang diisi atau di ces, maka penggunaannya akan menyedot daya secara bersamaan. Hal tersebut membuat daya kembali berkurang, sehingga umur baterai pun secara tidak langsung akan berkurang lebih cepat.

5. Matikan Wifi
Untuk menghemat daya baterai laptop, matikan wifi jika anda tidak sedang browsing.

6. Kurangi Kecerahan Layar pada Leptop
Setting layar jangan terlalu terang, karena hal itu membuat daya baterai cepat habis.

7. Gunakan selalu laptop Anda
Penelitian menyebutkan bahwa Anda harus menggunakan baterai setelah diisi dayanya atau sudah full sebanyak dua hingga tiga minggu sekali. Ketika baterai laptop anda jarang digunakan, maka umurnya akan berkurang dan bisa saja akan muncul banyak masalah seperti contohnya pada keadaan fisik baterai, misalnya saja bisa karat.

8. Bersihkan baterai
Tips agar baterai laptop yang terakhir adalah dengan rajin membersihkan baterai. Fokuskan pembersihan pada kontak metal baterai, sehingga dapat mentransfer daya dari baterai ke laptop akan lebih efisien. Anda dapat menggunakan handuk basah dengan tambahan sedikit alkohol.

Sangat mudah bukan sebenarnya Cara Merawat Baterai Laptop agar tahan lama dan awet. Hanya saja semua berawal dari kita sendiri apakah kita mau melakukan hal tersebut untuk kepentingan kita sendiri untuk merawat laptop kesayangan kita. Jika anda semua sudah mengetahui  bagaimana caranya maka saat ini saatnya ada menjaga laptop anda agar tetap awet dan tahan lama.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS