0
Home  ›  Kesehatan

Cara 100% Ampuh dan Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Penyakit Kolesterol merupakan masalah kesehatan yang cukup serius, yang sering menyerang masyarakat di era modern seperti sekarang ini. Tercatat di Amerika sebanyak 100 juta jiwa sudah terserang penyakit kolesterol tinggi dengan tingkat diatas 200 mg/dL. Melihat penyebab kolesterol sudah jelas, Pola makan serta hidup yang tidak sehat sekaligus tidak teratur, zat lipid dalam darah ini bisa dapat meningkat sewaktu-waktu. Perlu anda ketahui, peningkatan kolesterol yang signifikan sendiri membuahkan beberapa penyakit yang cukup serius, seperti penyakit jantung dan penyakit stroke karena terjadinya penyumbatan pada bagian pembuluh darah arteri yang dapat memaksa jantung bekerja ekstra untuk memompa darah ke seluruh jaringan tubuh.

Kolesterol sendiri adalah lemak essensial yang tugasnya untuk membantu fungsi tubuh seperti meringankan kerja sel dalam mempertahankan struktur tubuh, mempermudah kelenjar getah bening dalam memproduksi hormon dan lainnya.

Pada pelaksanaannya, tubuh manusia kerap mengalami peningkatan kolesterol secara signifikan sehingga memerlukan cara menurunkan kolesterol sebagai penanganan.

Jika tidak ditangani dengan cara menurunkan kolesterol yang tepat, bukan tidak mungkin penyakit-penyakit di atas akan datang dan menggerogoti Anda.


Meskipun demikian, kolesterol jenis LDL (jahat) masih bisa diturunkan agar tak melebihi jumlah kolesterol baik atau bisa disebut dengan HDL. Dan sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi ini yang cukup berbahaya. Mulai dari menerapkan gaya hidup sehat sampai dengan konsumsi makanan penurun kolesterol. Bagi anda yang telah terdiagnosa memiliki kadar lemak tinggi, berikut ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang bisa anda coba.

1. Mengonsumsi kedelai
Mengonsumsi kedelai adalah tindakan wajib yang harus dilakukan penderita kolesterol tinggi. Sebab, di samping kaya akan protein nabati, kedelai juga memiliki zat aktif yang efektif menurunkan kolesterol. Bukan hanya itu saja, kedelai juga tergolong panganan yang rendah kolesterol, kaya akan serat dan memiliki lemak jenuh yang relatif sedikit.

Menurut peneletian, mengonsumsi kedelai secara rutin adalah cara menurunkan kolesterol terbaik. Sebab, menurut data yang telah tercatat, mereka yang mengonsumsi kedelai setiap hari akan mengalami penurunan kolesterol jenis LDL sebanyak 8 – 10 persen. Jumlah itu pun bisa lebih tinggi kalau penderita mengonsumsi kedelai dengan jumlah yang lebih banyak.

Oh ya, kedelai sendiri adalah panganan yang mudah diolah. Olahan kedelai pun terbilang banyak; mulai dari tempe, tahu, tofu sampai olahan yang lain.
Satu lagi; harga olahan kedelai sendiri terbilang murah, kecuali Tofu. Sebagai contoh, untuk satu potong tempe saja, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 3.000,- per potong.

2. Mengkonsumsi Tomat
Mengkonsumsi tomat. Cara menurunkan kolesterol secara alami yang pertama adalah dengan buah tomat. Buah tomat ini sangat banyak mengandung senyawa likopen yang mencegah serangan jantung dan stroke. Buah tomat ini bisa dibuat dalam bentuk jus atau campuran makanan sehari-hari. Dengan dapat anda mengkonsumsi secara rutin 50 gram setiap harinya, kandungan dalam buah tomat ini mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Likopen ini juga dapat ditemui di buah jambu, pepaya dan semangka.

3. Minyak ikan (Lovaza)
Nama lovaza mungkin terdengar cukup asing, namun kamu bisa menyebutnya juga dengan minyak ikan. Dalam minyak ikan atau lovaza ini banyak terkandung senyawa lemak omega-3 yang berfungsi untuk dapat membantu menurunkan kadar trigliserida atau kadar lemak jahat dalam tubuh kita secara semaksimal mungkin. Dengan anda mengkonsumsi minyak ikan sesuai aturan dan konsisten, kolesterol anda akan kembali ke angka normal sebelumnya.

Efek samping:
Konsumsi minyak ikan atau lovaza ini secara berlebihan sangatlah buruk bagi kondisi kesehatan anda. Efek samping yang biasanya muncul apabila penggunaan yang berlebihan antara lain sendawa, flu, sakit perut, pusing, dan bahkan perubahan indera pengecap. Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsinya lebih baik kosultasikan kepada dokter dulu.

4. Olahraga
Olahraga merupakan aktivitas sehari-hari yang menyenangkan dan dapat menyehatkan, hampir semua orang menyukainya karena tidak adanya efek samping dari olahraga, jika olahraga dapat dilakukan dengan benar dan dalam batas wajar. Terkait dengan kolesterol, olahraga dapat membantu anda atau penderita untuk meningkatkan HDL dan dapat merendahkan risiko kematian pada penderita serangan jantung hingga mencapai 25% dibanding melakukan pengobatan biasa.

Yang jadi permasalahannya adalah, setiap orang rata-rata sudah tidak peduli dengan kondisi tubuh untuk kesehatannya. Yang namanya kesadaran baru akan muncul setelah timbul suatu masalah, dan ini sangat ironis. Oleh karena itu, jika anda sayang dengan tubuh anda dan keluarga anda, buatlah jadwal rutin latihan atau olahraga. Bagi seorang pria, bisa saja anda langsung ke pusat kebugaran dan wanita coba lakukan senam aerobik beberapa kali dalam seminggu.

5. Buang rokok, hindari stres, dan tidur cukup
Rokok ini dapat memicu munculnya stres yang berlebihan, terutama jika itu dibarengi dengan begadang setiap malam. Kondisi semacam ini bisa dapat mengakibatkan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh anda.

Oleh sebab itu, mulai sekarang anda harus terapkan pola hidup sehat dengan menghentikan rokok, mengatasi stres, dan tidur yang cukup minimal 8 jam sehari. Dijamin setelah itu kolesterol anda akan kembali ke angka normal.

Garis besarnya atau kesimpulannya, Anda hanya perlu untuk memperbaiki pola makan, wajib untuk mengurangi asupan makanan yang berlemak jenuh, harus menghentikan kebiasaan buruk yang dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh anda, memperbanyak kegiatan positif, dan cukupi istirahat agar Anda benar-benar terlepas dari sebuah lingkaran rasa khawatir akan terkena penyakit jantung akibat tingginya kadar kolesterol dalam darah.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share