Cara Ampuh, Cepat dan Mudah Membetulkan iOS Mentok di Logo Apple

Jailbreak merupakan salah satu sebuah pilihan bagi pengguna iOS. Lagipula saat ini sebagian besar iPhone, iPad yang beredar sudah Factory Unlock (FU). Sekarang, jailbreak bukanlah sebuah prosedur standar yang harus ditempuh ketika memiliki iPhone new atau baru. Bagi Anda yang masih men-jailbreak, memang banyak aplikasi tambahan yang tidak tersedia di App Store yang bisa menambah fungsi iOS, tetapi Anda juga akan bisa dihantui oleh kekacauan yang disebabkan oleh Jailbreak tersebut, salah satunya adalah iOS terus-terusan boot ulang, mentok di logo Apple. Berikut ini banyak solusi untuk keluar dari masalah tersebut.


Penyebab Mentok di Logo Apple
Bagi  anda yang pernah jailbreak sering kali stuck di logo Apple. Bener bukan? Hal ini terutama dikarenakan oleh proses jailbreak melalui kabel (tethered). Saya tidak menyarankan jailbreak tethered, karena untuk memperbaiki mentok di logo Apple, Anda membutuhkan computer sekaligus dengan kabel. Bayangkan aja ketika Anda sedang pergi liburan entah itu bersama keluarga atau teman-teman dan kemudian terjadi stuck tersebut, padahal Anda saat itu tidak membawah leptop.

Siapkan hal-hal berikut ini
1. Kabel USB, Mac atau PC yang memiliki koneksi dengan itunes
2. Aplikasi Jailbreak, tergantung dari versi yang Anda pakai sebelumnya.
3. Siapkan file IPSW yang sesuai dengan perangkat iOS Anda tersebut.

Apabila anda mengalami stuck di logo Apple yang membuat anda frustasi karena iPhone iPad ataupun iPod Touch tidak dapat digunakan berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki iDevice yang stuck di logo Apple karena error.

1. Menggunakan REDSNOW
1. Pertama-tama Jalankan Redsnow yang Anda pakai, kemudian pilih versi IPSW yang Anda jailbreak.


2. Setelah itu akan muncul di layar berikutnya setelah itu pilih “centrang opsi “Just boot thetered right now”, kemudian klik Next.


3. Lalu anda Ikuti perintah selanjutnya memasukan perangkat Anda ke mode DFU.

Banyak yang melaporkan kalau di perangkat iPhone pada iOS 4 dan 5 yang dijailbreak akan mentok di logo Apple setiap kali dimatikan. Hal ini mungkin karena bug di Jailbreaknya, kalau data yang Anda pakai sangat penting saya sarankan untuk restore tanpa jailbreak.

2. Restore From Backup
Jika anda mengalami masalah stuck di logo Apple karena error ketika melakukan restore, hal yang kedua yang harus anda lakukan yaitu upgrade atau downgrade di iTunes cara pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan memasukkan iDevice anda ke tahap recovery mode kemudian lakukan restore from backup. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama, buka iTunes

2. Sambungkan iPhone iPad dan iPod Touch anda ke PC/Mac melalui kabel USB

3. Nah Sekarang matikan iDevice iPhone anda dengan cara tekan dan tahan tombol Home+Power sampai layar iDevice anda blank

4. Setelah itu sekarang tekan dan tahan hanya tombol Home sampai iPhone iPad dan iPod Touch anda terdeteksi di iTunes sedang berada di tahap Recovery Mode

5. Sekarang silahkan Restore iDevice anda dengan menekan tombol Restore di iTunes

6. Kemudian pilih opsi Restore from Backup
Setelah berhasil, maka iDevice iPhone anda akan kembali seperti keadaan semula lagi.

3. Hard Reset + Volume Up (+)
Tetapi jika saat anda mengalami error ketika menginstall aplikasi di Cydia sehingga iPhone anda tiba-tiba mati dan akan melakukan reboot secara otomatis setelah stuck di logo Apple maka langkah yang anda lakukan  adalah dengan melakukan Hard Reset dan menekan tombol Volume, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama tekan dan tahan tombol Power sampai layar iDevice  iPhone anda menjadi Blank

2. Kemudian ketika anda melihat logo Apple muncul lagi sekarang tekan dan tahan tombol Volume Up (+) sampai iDevice berhasil memasuki Homescreen walaupu ke safe Mode
Sekarang anda buka aplikasi Cydia dan setelah itu Uninstall Aplikasi jailbreak yang terkahir anda install

3. Tetapi jika Cydia tidak bisa dibuka silahkan uninstall aplikasi secara manual menggunakan aplikasi terminal.

Itulah cara mengatasi iPhone iPad dan iPod Touch stuck di logo Apple dengan menggunakan beberapa teknik yaitu Restore from backup, Hard Reset dan Menggunakan redsnow. Jika anda mempunyai pertanyaan atau apapun yang ingin disampaikan silahkan melalui kolom komentar dibawah. 
Komentar