0
Home  ›  PC

Cara Ampuh Untuk Merawat, Menjaga Komputer Agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Kali ini saya ingin memberikan tips atau cara mengenai cara merawat komputer anda di rumah agar lebih awet dan tahan lama. Anda mungkin termasuk orang yang cuek terhadap keadaan komputer Anda di rumah. Merawat  Komputer atau PC itu wajib dilakukan karena setiap kotoran yang masuk ke dalam casing komputer akan mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Ada banyak cara untuk merawat komputer atau PC agar lebih awet dan tahan lama, tentunya setiap orang ingin komputernya tahan lama meski hampir di pakai 24 jam non-stop. Kerusakkan komputer selain dari kualitas terhadap barang  yang anda beli tersebut tetapi juga dapat dipengaruhi oleh bagaimana cara anda untuk merawat komputer yang anda pakai.

Saya sendiri juga pernah mengalami kerusakan pada komputer, komputer tibatiba restart dengan sendirinya. Setelah saya coba cek dengan seksama, dan ternyata RAM yang saya gunakan dikomputer tersebut kuningan nya sudah kotor bercampur dengan debu-debut. Jadi, saya mencoba membersihkannya dengan penghapus karet. Dan setelah selesai membersihkan, kemudian saya pasang lagi pada soketnya, alhasil komputer saya tadinya yang tidak normal dan akhirnya sudah normal kembali setelah saya bersihkan. Nah, inilah mengapa saya menyarankan anda untuk merawat komputer yang anda miliki agar tidak rusak, dan tidak lemot tetepi tetap tahan lama. Berikut ini cara ampuh untuk merawat komputer dan leptop agar tetap awet dan tidak rusak.


1. Bersihkan CPU komputer
Rajinlah membersihkan CPU komputer anda setidaknya 6 bulan sekali. Karena menumpuknya debu pada CPU komputer anda akan mengakibatkan atau memicu komputer yang anda gunakan menjadi cepat rusak. Untuk membersihkan cpu caranya sangatlah mudah.

Sediakan beberapa tools seperti obeng dan blower atupun kuas hingga kain tipis yang lembut dan tipis. Pertama-tama buka cashing cpu komputer anda dan setelah itu hidupkan blower untuk mengeluarkan semua kotoran atau debu yang menumpuk di dalam cpu.

2. Janganlah Pakai Internet Waktu Hujan Lebat
Umumnya koneksi internet sangatlah punya pengaruh pada cuaca. Sangat di kuatirkan bila saat Anda memakai internet pada komputer Anda sewaktu hujan turun, bisa menyebabkan jaringan komputer anda akan terkena sambaran petir serta ini bakal beresiko pada komputer Anda nanti. Sudah pasti hal semacam ini sangatlah beresiko

3. Cermati Ventilasi serta Pendingin Komputer
Ventilasi yang kurang baik pada komputer anda akan mengakibatkan panas yang terlalu berlebihan sehingga bisa membikin komponen komputer anda akan cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen itu sendiri. Oleh karena itu upayakan jarak pada komputer serta dindingnya kurang lebih 40CM. dan Agar supaya lebih bagus lagi, Anda 
dapat memasang AC didalam ruang serta pakai cooling fan ekstra didalam CPU.

4. Aktifkan Sistem Restore Komputer
Aktifkan sistem restore dikomputer anda juga sangatlah punya pengaruh cukup besar untuk komputer Anda supaya tidak gampang rusak dan tahan lama. Langkah pertama untuk  mengaktifkan system restore dikomputer adalah dengan klik kanan pada icon my desktop komputer, setelah itu klik properties Tab Sistem Restore Mencari tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, lalu menghilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan tersebut.

5. Uninstall program yang tidak terpakai
Jika ruangan harddisk tersita oleh terlalu banyak file atau program, akan membuat harddisk bekerja lebih keras dan memicunya cepat rusak.

6. Gunakan alas yang datar ketika mengoperasikan komputer
Menggunakan komputer dengan posisi miring atau tidak rata akan memicu harddisk komputer anda cepat rusak.

7. Gunakan Kabel Ground
Bila casing komputer waktu disentuh ada aliran listriknya, maka ambillah kabel dengan panjang sewajarnya. Tarik ujung satu dan kaitkan dengan tubuh CPU (pada casing) sedangkan dengan ujung yang lain ditanam dalam tanah. Hal semacam ini akan menetralisir arus listrik yg “nyasar” sehingga bisa bikin komponen elektronik komputer anda agar lebih awet.

8. Gunakan antivirus atau anti malware
Beberapa virus atau malware berbahaya mampu membuat komputer anda rusak atau tidak bisa di gunakan lagi. Hal ini dikarena kan virus berbahaya yang dapat membuat komputer anda bekerja di luar batas normal, seperti contohnya membuat cpu bekerja terus menerus dengan performa tinggi yang akan menyebabkan overheat hingga penggandaan data secara terus menerus di hardisk anda.

Demikianlah artikel mengenai 10 cara merawat komputer agar tidak lemot dan rusak. Jangan lupa untuk melakukan perawatan komputer anda secara berkala, setidaknya paling sedikit minimal 1 bulan dua kali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari info mengenai cara merawat komputer.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS