0
Home  ›  IOS

Cara Menggunakan Fitur Potrait Mode di iOS 10.1

iPhone 7 Plus adalah keluarga iPhone 7  yang terbaru di 2016 ini, yang secara resmi diperkenalkan pertama kali oleh SVP Marketing Apple Phil Schiller di Bill Graham Civic Auditorium, San Francisco, AS, September lalu.

Kamera ganda di iPhone 7 Plus adalah salah satu inovasi terbesar untuk perangkat iPhone di tahun 2016 ini. Ya, tidak sekedar menggunakannya secara bergantian dalam bentuk Optical Zoom, anda bisa menggunakan kamera ini untuk Potrait Mode, Fungsi utama dari Fitur Potrait Mode adalah menghasilkan gambar dengan fokus di wajah dan gambar latar belakang yang blur – dikenal dengan depth-of-field effect atau bokeh bagi anda yang akrab dalam dunia fotografi.


Bagaimana Menggunakan Fitur Portrait Mode di iPhone 7 Plus ?

Meski masih berlabel Beta, jika digunakan dengan benar maka fitur terbaru portrait mode ini, akan membuat lensa ganda iPhone 7 Plus anda, benar-benar menghasilkan gambar atau foto yang mengesankan seperti orang yang professional dalam bidang fotografi.

Memulai Penggunaan Fitur Portrait Mode

Sekali lagi saya tekankan, Potrait Mode dengan hasil foto yang diberi label Depth Effect ini hanya ada di iPhone 7 Plus. Anda juga harus menggunakan iOS 10.1 (saat ini sudah tersedia untuk pengguna umum). Jangan lupa juga anda harus mengecek pengaturan di bagian Settings lalu Photos & Camera lalu Potrait Mode setelah itu Keep Normal Photo. Pastikan dalam pengaturan tersebut sudah menyala agar tetap dapat menyimpan setiap jepretan dalam mode normal ketika menggunakan Potrait Mode.


Penggunaan Fitur Portrait Mode

Petama-tama jalankan aplikasi kamera iPhone 7 plus anda, lalu pilih PORTRAIT dengan cara melakukan slide ke bagian kiri, pada menu yang berada persis bagian atas tombol kamera virtual. Saat anda akan menekan tombol shutter untuk memulai pemotretan objek seperti benda, rekan kerja, dan lainnya sebagainya, pastikan frame warna kuning sudah pas pada objek dan tulisan DEPTH EFFECT sudah muncul dilayar kamera.
Sebagai catatan, Potrait Mode juga mendukung mode exposure yaitu memberikan efek gambar yang lebih cerah atau gelap dengan cara anda tekan dan tahan sentuhan di bagian layar. Setelah itu slide ke atas dan bawah di ikon matahari yang tampil, persis seperti mode foto biasa. Catatan berikutnya adalah Potrait Mode mendukung fitur dengan deteksi wajah 2 orang (mungkin  bisa lebih) dalam posisi yang sedikit berjauhan dan jarak yang masih masuk toleransi.

Semua foto yang diambil menggunakan fitur portrait mode, akan secara otomatis ke dalam Apps Foto iPhone 7 plus.

Tips Menggunakan Portrait Mode

1. Gunakan objek utama berupa wajah. Ya, Potrait Mode diciptakan untuk memotret semi close up atau dengan bagian setengah badan dengan hasil yang fokus pada objek utama dan efek bokeh di gambar latar belakang. Jika anda ingin memotret benda berukuran kecil, pajangan ruangan dengan detail menarik dan sepejisnya.

2. Pastikan objek berada pada lokasi yang memiliki penerangan yang cukup. Potrait Mode menggunakan sudut yang cukup lebar dari lensa zoom (56 mm) yang ada di iPhone 7 Plus sebagai ukuran framming. Agar Foto yang dihasilkan benar-benar berkualitas alah orang fotografi dengan noise yang normal, sebaiknya lakukan pemotretan di luar ruangan pada pagi atau siang hari supaya mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Latar belakang yang menarik. Sebaiknya jangan gunakan Potrait Mode dalam kondisi latar belakang yang banyak gangguan atau orang yang lalu lalang, misalnya. Gunakan latar belakang objek yang tidak bergerak seperti gedung, tanaman, patung atau hal lainnya yang bisa memberikan kontras dan pemandangan menarik untuk foto anda.

4. Bagi anda yang ingin berfoto menggunakan kacamata. Agar bocoran cahaya atau latar belakang cahaya di pantulan kacamata dapat dihindari. Usahakan wajah anda untuk menghadap ke arah kamera secara keseluruhan dan hindari memotret dalam posisi wajah dan tubuh yang terlalu ke arah samping atau gaya lainnya atau ALAY

Apple masih memberikan label beta untuk fitur Potrait Mode. Ada beberapa kendala seperti hasil simulasi depth-of-field effect yang bisa saja kurang pas atau sejenisnya, tentu akan menjadi hal yang sangat normal. Semoga di update iOS 10 berikutnya ada perbaikan untuk membuat Fitur Potrait Mode lebih maksimal ya!

Namun, berkat penggunaan dan pengaturan fitur portrait mode yang dilakukan secara benar, dengan menerapkan ke-empat tips yang sudah saya jelaskan di atas. Bukan tidak mungkin berkat fitur canggih dan mode tambahan dapat membuat lensa ganda iPhone 7 Plus menjadi atau menghasilkan jepretan yang berkualitas dan menawan.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS