0
Home  ›  Blogging

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress Yang Lambat/Lemot

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress Yang Lambat/Lemot, Ngeblog menggunakan wordpress bukan suatu hal yang baru dan mengejutkan. Ada banyak blogger di negara Indonesia ini yang menggunakannya. anda mungkin salah satunya.

Ketika pertama kali menggunakan WordPress kebanyakan orang merasa bingung. anda harus menyetting segalanya sendiri. Pemilik Hosting mungkin bisa anda andalkan, namun tidak semuanya “merasa senang hati” terus membantu anda.

Salah satunya dalam hal kecepatan atau speed blog. Blog yang terlalu lama memakan waktu loading secara otomatis akan ditinggalkan pembaca. Anda mungkin salah satu dari mereka. Bener bukan?

Kecepatan loading merupakan syarat yang paling utama agar blog anda ramai dikunjungi atau di datangi oleh para pembaca. Pembaca blog tentu akan merasa nyaman apabila blog kesukaannya memiliki kecepatan akses yang cepat dan tidak membuat dirinya lama menunggu.


Agar mendapatkan kecepatan atau speed loading blog yang optimal, ada baiknya anda menyetting blog anda dengan beberapa cara berikut ini:

Memilih Hosting Yang Tepat
Memilih hosting yang tepat merupakan tugas yang tidak mudah. anda mungkin sudah terlalu lelah hingga merasa putus asa. Alhasil, anda memilih hosting apa adanya saja. Yang terpenting blog segera bisa online.

Stop! dan jangan lakukan itu. Memilih hosting merupakan syarat yang paling utama yang harus anda lakukan agar blog anda bisa berjalan secara optimal. Bayangkan saja bila anda asal-asalan dalam memilih hosting untuk blog anda. Bisa-bisa blog anda mati ketika ramai dikunjungi pembaca.

Pikirkan bagaimana perasaan pembaca pada saat itu? Mereka akan merasa kecewa dan kemungkinan besar tidak akan mau kembali ke blog anda. Apakah anda ingin nasib blog anda seperti itu? Coba pikirkan baik-baik.

Gunakan Template Dengan Score Speed Tinggi
Sudah banyak template blog yang bagus-bagus. Namun, apakah kesemuanya memiliki kecepatan yang powerfull? Tentu saja tidak. Sebagian besar template yang bertebaran di internet itu bahkan memiliki ukuran yang berat.

Semakin berat ukuran template yang anda gunakan, maka semakin lama waktu untuk memuatnya atau waktu loading. Mudahnya, ketika seseorang mengunjungi blog anda, maka secara otomatis segala file yang terkait blog anda harus didownload atau diunduh ke dalam browser pembaca.


Namun, tidak selamanya blog dengan template yang ringan memiliki loading yang cepat. Ini semua tergantung pada bagaimana anda menyetting dan mengolah template. Cara teraman ketika memilih template yaitu dengan menggunkan Theme Framework yang baik. Misalnya saja dengan Thesis Theme Framework.

Gunakan Plugin Cache
Cobalah anda menggunakan plugin Cache ini. Meski ada banyak sekali jenis plugin Cache seperti w3 total Cache, namun yang paling direkomendasikan oleh sebagian besar blogger adalah plugin tersebut.

Karena plugin ini memiliki fitur dan layanan yang cukup lengkap. Saking lengkapnya, kebanyakan blogger pemula malah merasa bingung untuk menggunakannya. Apabila anda masih bingung, cobalah untuk membaca tutorial bagaimana cara menggunakan plugin w3 Total Cache di google.

Manfaatkan CDN
Namanya Content Delivery Network atau biasa dikenal dengan Layanan untuk mempercepat pengiriman content dari server ke klien. Server merupakan lokasi di mana anda menyimpan seluruh file blog anda. Biasanya berdasarkan letak geografis.

Server biasanya terletak pada negara Singapura, Jepang, US, atau bahkan di Eropa. Tergantung anda memilih yang mana pada saat membeli paket hosting tersebut. CDN membantu klien (pembaca blog anda) memuat seluruh isi blog dengan lebih cepat.

Apabila anda memilih server Jepang, misalnya, dengan menggunakan CDN, maka seluruh data blog anda akan disimpan ke server-server paling terdekat dengan pembaca. Selanjutnya, ketika pembaca membuka blog anda, maka dia akan mendapatkan content yang sama persis seperti punya anda, namun dengan kecepatan yang lebih optimal.

Optimalkan Image dengan Image Optimizer
Kadang kala gambar menjadi beban bagi sebuah blog. Ukuran gambar yang terlalu besar membuat loading blog menjadi sangat lambat/lemot. Ada cara singkat bagaimana mempercepat loading sebuah blog. Yaitu, dengan menggunakan plugin Image Optimizer.

Plugin ini akan membantu anda mengelola gambar di blog dengan lebih baik. Size gambar akan dikurangi, namun tanpa sedikitpun mengurangi kualitasnya. Artinya, ukuran file gambar di blog akan semakin kecil dengan kualitas yang sama persis seperti ukuran file gambar anda saat masih besar.

Setting Homepage Agar Berjalan Lebih Cepat Pengatur homepage blog sangat mudah sekali.
Karena anda tidak perlu mengutak-atik kode yang kemungkinan besar itu tidak anda ketahui maksudnya.

Silahkan anda atur agar homepage blog menampilkan sebagian isi blog, setting pula jumlah posting blog tidak lebih dari 5. Karena semakin lebih baik lagi bila anda menonaktifkan atau bahkan tidak menggunakan widget atau plugin di bagian homepage blog.

Terakhir, fokuskan pembaca blog menemukan apa yang diinginkan. Misalnya, anda membuat blog dengan kualitas yang maksimal, maka permudah pembaca menemukan tulisan tersebut.

Gunakan WordPress Database Optimizer
Meski masih sedikit yang mengetahui hal ini, namun ada baiknya anda mempraktekkannya mulai saat ini juga. Maka silahkan anda instal plugin Ini untuk mempercepat loading blog.
Selain menggunakan plugin tadi, anda bisa pula menggunakan plugin WP B Manager. Plugin ini akan membantu anda mengotimalkan database blog. Seperti, spam, post revisions, drafts, tables, etc.

Gunakan Plugin LazyLoad
Plugin ini dapat membantu anda mendapatkan loading yang lebih cepat dengan cara tidak memuat gambar atau foto yang tidak sedang dibuka oleh pembaca tersebut. Ketika pembaca membuka postingan blog anda, maka image yang dimuat hanyalah image yang dibuka pada saat itu.

Dan sedangkan image yang tidak dibuka, image yang berada di bawah, atau samping, tidak akan dimuat.

Itulah Beberapa Cara Mempercepat Loading Blog WordPress Yang Lambat/Lemot, semoga bisa dapat membantu anda dalam mengatasi masalah pada blog WordPress anda yaa. Terimakasih
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS