Cara Supaya Sensor Fingerprint Smartphone Awet Tahan Lama

Cara Supaya Sensor Fingerprint Smartphone Awet Tahan Lama, Tren fitur yang paling terbaru dari smartphone akhir-akhir ini adalah pemberian fitur sensor fingerprint untuk keamanan. Kini hampir semua vendor telah menanamkan fingerprint sensor. Penggunaannya yang mudah serta memungkinkan hanya satu tangan yang menjadi pembuka kunci membuat fingerprint sensor ini diminati banyak orang.


Sensor fingerprint ini bisa dirasa lebih nyaman dibandingkan dengan keamanan sebelumnya pada smartphone dengan menggunakan sebuah pin atau pola. Tapi tahukah anda bahwa Sensor Fingerprint memiliki pantangan-pantangan yang harus dihindari agar tidak cepat rusak? Berikut ini sudah saya buat daftar beberapa hal yang bisa anda lakukan agar fingerprint pada smartphone anda menjadi awet.


Cara Supaya Sensor Fingerprint Smartphone Awet Tahan Lama

Sensor Fingerprint sepertinya menjadi fitur primadona baru, pasalnya saat ini tidak sedikit smartphone Android dengan harga murah dibekali dengan sensor fingerprint. Memang murah sih, tapi anda kan tidak perlu beli smartphone baru gara-gara sensor fingerprint-nya rusak, kan? Ikuti tips berikut ya!

Hindari Jari Yang Basah
Sebelum anda menyentuh atau menggunakan sensor fingerprint pastikan terlebih dahulu bahwa jari anda daftarkan untuk dapat mengakses kunci smartphone yang tidak basah. Karena jika basah maka akan cepat menjadikan sensor fingerprint rusak.


Hindari Memindai Selain Jari
Ini penting untuk anda perhatikan, meskipun sensor fingerprint scanner di smartphone memang bisa untuk memindai bagian-bagian tubuh yang lain selain jari seperti kaki, hidung, telinga dan bibir. Namun sesuai dengan namanya gunakan dengan jari saja karena dengan pengalihan fungsi dari sensor fingerprint akan menyebabkan fingerprint scanner kamu mengalami malfungsi atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Hindari Menggunakan Fingerprint Saat Hujan
Nahh ini juga sangat fatal jika terjadi karena jika jari anda basah saja sudah bahaya dampaknya, apalagi jika anda gunakan hujan-hujan maka akan semakin tinggi resiko untuk mendapatkan kerusakaan pada Sensor Fingerprint ini. Meskipun smarphone anda tahan air, namun pasti ada celah yang berada di bagian sekeliling Fingerprint scanner yang dapat memicu air untuk masuk dan merusak sensor yang ada di dalamnya.

Hindari Menggores Fingerprint Scanner
Bila anda memiliki fitur fingerprint scanner pada smartphone anda maka jangan sekali-kali anda menggoreskannya benda lain pada fingerprint  scanner di smartphone anda. Kenapa kok tidak boleh? Karena sensor pada permukaan scannernya memang dirancang khusus untuk mengenali pola-pola khusus yang ada pada jari anda dan bila fingerprint scannernya sudah tergores maka kemungkinan besar akan menjadikannya tidak dapat digunakan lagi.



Demikianlah ulasan mengenai  cara mudah untuk menjadikan Sensor Fingerprint yang ada pada smartphone anda menjadi lebih awet tahan lama, semoga ulasan di atas dapat menjadi sumber informasi yang bermanfaat bagi kita semua yang menginginkan Sensor Fingerprint bisa bertahan lama dan awet, sekian dan terima kasih. Jangan lupa share ya.
Komentar