0
Home  ›  Android

Daftar 16 Fitur Baru dari Android Oreo 8.0: WAJIB TAU

Daftar 16 Fitur Baru dari Android Oreo 8.0: WAJIB TAU, Google telah meresmikan peluncuran versi Android terbaru yakni Android Oreo v8.0. Android Oreo tersebut meluncur pada versi Beta dan memang masih dikhususnya pada developer saja.


Dan seperti yang kita tahu bahwa Google selalu membawa nama makanan manis untuk nama baru dari Sistem Android. Hal ini tentu saja sebagai strategi marketing Google agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat dunia, mengingat nama makanan manis seperti Biskuit Oreo ada di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Dan bagi kamu yang sedang penasaran mengenai fitur baru dari Android Oreo 8.0, simak ulasannya berikut ini.

1. Autofill API

Fitur yang paling menarik untuk dicoba pada Android Oreo 8.0 adalah Autofill API. Fitur ini memudahkan pengguna dalam menyimpan data login pada akun – akun yang membutuhkan email dan password login. Selain itu, fitur ini juga memudahkan anda dalam menyimpan password akun dengan aman dan nyaman.

Menariknya lagi, kalau kamu sudah menggunakan fitur Autofill API, kamu tidak perlu lagi memasukkan username dan password pada akun media sosial atau aplikasi lainnya. Fitur ini akan secara otomatis mengisi dan kamu tinggal login saja.

2. Menu Setting Lebih Simple


Agar performa Android terasa lebih cepat dan maksimal, menu Setting pada Android Oreo 8.0 dibuat lebih simple. Slide Out yang sebelumnya ada telah dihilangkan.


Perubahan ini tentunya akan membuat pengguna sedikit kebingungan dalam melakukan perubahan, tapi lama kelamaan pasti akan terbiasa.

3. Picture-In-Picture Mode

Fitur berikutnya yaitu Picture-in-picture (PIP). Fitur ini memang sebelumnya sudah hadir, tetapi hanya pada Android TV. Dengan adanya fitur Picture-in-picture (PIP), pengguna akan lebih mudah dalam menjalankan aktifitas multitasking pada dua aplikasi secara bersamaan.
Seperti misalnya kamu ingin streaming video bisa kamu lakukan bersamaan dengan menggunakan aplikasi lain seperti membuka facebook, email, whatsapp, atau yang lainnya.

4. Background Limits


Untuk menghemat penggunaan daya, Google telah berusaha keras untuk meminimalisir penggunaan aplikasi yang berjalan dilator belakang, khususnya untuk system Android Oreo 8.0. fitur Background Limits akan melakukan pemindaian pada aplikasi yang berjalan dilatar yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan pengguna pada ponsel.

Pembatasan latar belakang ini mencangkup tiga area yaitu implicit broadcast, background service, dan location update.


5. Notification Dots

Notification Dots menjadi fitur pelengkap dari sebuah Pemberitahuan baru yang masuk. Nantinya, setiap aplikasi yang memunculkan notifikasi akan terlihat titik kecil diatas aplikasi. Ini menandakan bahwa ada Notifikasi yang belum dilihat atau dibaca.

Hadirnya Notification Dots pada Android Oreo 8.0 tidak akan membuat pengguna kelewatan dalam membaca Notifikasi.

6. Google Play Protect


Google Play Protect merupakan sebuah fitur yang dihadirkan oleh Google pada aplikasi Play Store. Dengan hadirnya fitur ini, pengguna bisa lebih aman dalam mengunduh semua aplikasi yang ada di Google Play Store.

Menurut Informasi yang saya dapatkan, Google akan melakukan pemindaian pada lebih dari 50 Milyar aplikasi perhari. Dengan begitu, pengguna akan lebih aman saat mengunduh aplikasi. Dan tentunya pengguna juga akan terhindar dari malware, virus, spammers, dan lainnya.

7. Channel Notifikasi


Berikutnya yakni Channel Notifikasi. Fitur ini berguna untuk memudahkan pengguna Android dalam mengatur setiap notifikasi pada setiap aplikasi. Artinya, pengguna bisa mengatur Notifikasi apa saja yang masuk pada aplikasi yang di inginkan.


Bahkan pengguna juga bisa menghentikan atau block notifikasi sesuai dengan aplikasi yang dipilih.  
8. Snooze Notifikasi


Selanjutnya yakni Snooze Notifikasi yang dihadirkan pada Android Oreo 8.0. Fitur ini berguna untuk melakukan Snooze atau penundaan pada Notifikasi atau Pemberitahuan yang masuk. Penundaan bisa dilakukan pada beberapa waktu seperti 15 menit, 30 menit, atau satu jam.

9. Emoji Baru


Menurut kabar, Emoji baru akan dihadirkan pada Android Oreo 8.0. Untuk kebutuhan Chatting, Google menambahkan sekitar 60 Emoji baru yang pastinya lebih unik dan keren.

10. Android Instant Apps

Hadirnya fitur Android Instant Apps pada Android Oreo 8.0 pastinya bakal membuat pengguna lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi. Adanya fitur Android Instant Apps bakal dapat menjalankan aplikasi baru langsung dari Google Play Store, tanpa harus mengunduh terlebih dahulu.


11. Tombol Accessibility

Dengan hadirnya fitur ini, pengguna akan lebih cepat dalam mengakses fitur Accessibility pada panel navigasi, seperti pembesaran, dan fungsi dalam layanan aksesibilitas, seperti Select to Speak.

12. Icon Aplikasi Bisa Gonta Ganti

Kini, Android Oreo v8.0 hadir dengan User Interface yang lebih mengagumkan. Pengguna bisa menyesuaikan Icon Aplikasi Sesuai keinginan dan kemauan tanpa harus memasang aplikasi Launcher terlebih dahulu.

Ada beberapa opsi pilihan yang patut untuk di coba, seperti Square, Rounded square, Squircle, dan Teardrop.

13. Neighborhood Aware Networking

Inilah fitur WiFi yang pastinya mampu memikat para pengguna Android. Teknologi WiFi dari Neighborhood Aware Networking (NAN) memungkinkan pengguna untuk terhubung ke perangkat satu sama lain tanpa perlu access point.

Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa berbagi data, baik berupa gambar, video, audio, file, dan lainnya dengan mudah dan cepat. Untuk bisa saling terhubung, pastikan lawan kita atau smartphone lain juga sudah mendukung fitur NAN. Neighborhood Aware Networking (NAN) didasarkan pada standar WiFi Alliance WiFi Aware.

14. Smart Text Selection

Smart Text Selection dihadirkan untuk memudahkan para pengguna Android dalam melakukan Copy Paste pada Text yang diinginkan. Umumnya, pengguna harus melakukan block per kata pada sebuah alamat atau telepon.


15. Dukungan Profil Wide Color Gamut di Aplikasi

Menariknya, Google telah menyematkan fitur Profil Wide Color Gamut untuk memaksimalkan setiap gambar atau video yang ingin masuk pada kategori Editing. Hal ini dilakukan karena semua gambar yang tampil di Layar Android bisa jadi gambarnya akan terlihat berbeda setelah dicetak di kertas.

16. Dukungan Codec Audio Bluetooth High-quality



Selama beberapa waktu kedepan, kemungkinan lubang jack audio akan ditinggalkan, dan penggantinya adalah headset versi Bluetooth. Dan inilah dimaksudkan bahwa Android Oreo 8.0 telah disematkan dengan fitur Codec Audio Bluetooth High Quality yang memungkinkan pengguna mendengarkan musik melalui Headset Bluetooth.
Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS